KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan)

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima dalam meningkatkan mutu input, 2) mengetahui kiat kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Kariama dalam meningkatkan mutu proses, 3) untuk mengetahui kiat kepemimpinan kepa...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: SRIYADI, SRIYADI
פורמט: Thesis
שפה:English
English
יצא לאור: 2010
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/9601/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
_version_ 1804994855419510784
author SRIYADI, SRIYADI
author_facet SRIYADI, SRIYADI
author_sort SRIYADI, SRIYADI
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima dalam meningkatkan mutu input, 2) mengetahui kiat kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Kariama dalam meningkatkan mutu proses, 3) untuk mengetahui kiat kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy karima dalam meningkatkan mutu output. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang didapat dari penelitian etnografi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, staf tata usaha, dan murid diambil dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data menggunakan analisis situs. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Ditinjau dari kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan dalam meningkatkan mutu proses layak untuk mencapai mutu keluaran yang baik. Sesuai dengan hasil penelitian di atas bahwa koponen yang mencakup kepemimpinan rekrutmen (siswa, guru, staf), kondisi siswa, kurikulum, pengelolaan sekolah, iklim yang kondusif, sarana prasarana, serta hubungan kerjasama dengan masyarakat telah dilakukan dengan baik, sehingga cukup untuk mendukung pencapaian mutu output. (2) Kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima dalam meningkatkan mutu proses ditujukan dalam upaya peningkatan pelaksanaan proses belajar mengajar, pengelolaan sekolah dan administrasi ketatausahaan. Dalam hal ini kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an sebagai innovator telah menerapkan strategi pemberdayaan tenaga kependidikan serta menumbuhkan semangat kebersamaan untuk kepentingan sekolah. Dengan demikian upaya peningkatan mutu proses di atas dapat mempercepat pencapaian mutu output. (3) Kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an dalam meningkatkan mutu output dilakukan dengan cara meningkatkan pembinaan prestasi akademis, non akademis, dan peningkatan mutu lulusan. Berdasarkan hasil penelitian di muka bahwa kepala sekolah telah bertindak sebagai fasilitator dan motivator , sehingga anak dapat layak untuk mencapai mutu output dengan baik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9601
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9601 https://eprints.ums.ac.id/9601/ KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan) SRIYADI, SRIYADI LC Special aspects of education Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui Kepemimpinan Kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima dalam meningkatkan mutu input, 2) mengetahui kiat kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Kariama dalam meningkatkan mutu proses, 3) untuk mengetahui kiat kepemimpinan kepala Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy karima dalam meningkatkan mutu output. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang didapat dari penelitian etnografi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, staf tata usaha, dan murid diambil dengan cara purposive sampling. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan pencatatan dokumen. Wawancara dan observasi untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap. Analisis data menggunakan analisis situs. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Ditinjau dari kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan dalam meningkatkan mutu proses layak untuk mencapai mutu keluaran yang baik. Sesuai dengan hasil penelitian di atas bahwa koponen yang mencakup kepemimpinan rekrutmen (siswa, guru, staf), kondisi siswa, kurikulum, pengelolaan sekolah, iklim yang kondusif, sarana prasarana, serta hubungan kerjasama dengan masyarakat telah dilakukan dengan baik, sehingga cukup untuk mendukung pencapaian mutu output. (2) Kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima dalam meningkatkan mutu proses ditujukan dalam upaya peningkatan pelaksanaan proses belajar mengajar, pengelolaan sekolah dan administrasi ketatausahaan. Dalam hal ini kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an sebagai innovator telah menerapkan strategi pemberdayaan tenaga kependidikan serta menumbuhkan semangat kebersamaan untuk kepentingan sekolah. Dengan demikian upaya peningkatan mutu proses di atas dapat mempercepat pencapaian mutu output. (3) Kepemimpinan kepala sekolah Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an dalam meningkatkan mutu output dilakukan dengan cara meningkatkan pembinaan prestasi akademis, non akademis, dan peningkatan mutu lulusan. Berdasarkan hasil penelitian di muka bahwa kepala sekolah telah bertindak sebagai fasilitator dan motivator , sehingga anak dapat layak untuk mencapai mutu output dengan baik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9601/2/Q100070555.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9601/1/Q100070555.pdf SRIYADI, SRIYADI (2010) KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100070555
spellingShingle LC Special aspects of education
SRIYADI, SRIYADI
KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan)
title KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan)
title_full KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan)
title_fullStr KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan)
title_full_unstemmed KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan)
title_short KEPEMIMPINAN MADRASAH ALIYAH BERMUTU (Studi Situs Madrasah Aliyah Tahfizhul Qur’an Isy Karima Karangpandan)
title_sort kepemimpinan madrasah aliyah bermutu studi situs madrasah aliyah tahfizhul qur an isy karima karangpandan
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/9601/
work_keys_str_mv AT sriyadisriyadi kepemimpinanmadrasahaliyahbermutustudisitusmadrasahaliyahtahfizhulquranisykarimakarangpandan