PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO

Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi: 1) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 2) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja g...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SURAWA, SURAWA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9600/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994855142686720
author SURAWA, SURAWA
author_facet SURAWA, SURAWA
author_sort SURAWA, SURAWA
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi: 1) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 2) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 3) Motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 4) Ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri se Kecamatan grogol. Sebanyak 120 responden yang dijadikan sampel terdiri dari guru SD Negeri se Kecamatan Grogol. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif statistik. Adapun alat analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Terdapat kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan unjuk kerja guru SD Negeri se kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dibuktikan oleh nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif, hal ini dapat dikatakan bahwa variabel persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan ketrampilan mengajar secara bersama-sama mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap variabel Y (kepuasan kerja guru) di SDN Se kecamatan Grogol; (2) Terdapat pengaruh positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dimana nilai probabilitas (ρ) = 0,01 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dimana nilai probabilitas (ρ) = 0,023 < 0,05; (4) Terdapat pengaruh positif keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dengan nilai probabilitas (ρ) = 0,000 < 0,05.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9600
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9600 https://eprints.ums.ac.id/9600/ PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO SURAWA, SURAWA LB Theory and practice of education Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi: 1) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 2) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 3) Motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 4) Ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri se Kecamatan grogol. Sebanyak 120 responden yang dijadikan sampel terdiri dari guru SD Negeri se Kecamatan Grogol. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif statistik. Adapun alat analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Terdapat kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan unjuk kerja guru SD Negeri se kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dibuktikan oleh nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif, hal ini dapat dikatakan bahwa variabel persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan ketrampilan mengajar secara bersama-sama mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap variabel Y (kepuasan kerja guru) di SDN Se kecamatan Grogol; (2) Terdapat pengaruh positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dimana nilai probabilitas (ρ) = 0,01 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dimana nilai probabilitas (ρ) = 0,023 < 0,05; (4) Terdapat pengaruh positif keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dengan nilai probabilitas (ρ) = 0,000 < 0,05. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9600/1/Q100070530.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9600/2/Q100070530.pdf SURAWA, SURAWA (2010) PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100070530
spellingShingle LB Theory and practice of education
SURAWA, SURAWA
PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
title PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
title_full PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
title_fullStr PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
title_full_unstemmed PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
title_short PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO
title_sort persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah motivasi kerja dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru sd negeri se kecamatan grogol kabupaten sukoharjo
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9600/
work_keys_str_mv AT surawasurawa persepsigurutentangkepemimpinankepalasekolahmotivasikerjadanketrampilanmengajarterhadapkepuasankerjagurusdnegerisekecamatangrogolkabupatensukoharjo