PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI KERJA, DAN KETRAMPILAN MENGAJAR TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU SD NEGERI SE-KECAMATAN GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO

Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi: 1) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 2) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja g...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: SURAWA, SURAWA
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
Veröffentlicht: 2010
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/9600/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
Beschreibung
Zusammenfassung:Penelitian ini bertujuan mengetahui kontribusi: 1) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 2) Persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 3) Motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo; 4) Ketrampilan mengajar terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri Se-Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri se Kecamatan grogol. Sebanyak 120 responden yang dijadikan sampel terdiri dari guru SD Negeri se Kecamatan Grogol. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif statistik. Adapun alat analisis data yang digunakan dengan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F dan Koefisien Determinasi. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Terdapat kontribusi persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan ketrampilan mengajar terhadap kepuasan unjuk kerja guru SD Negeri se kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo. Hal ini dibuktikan oleh nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, berarti hipotesis yang diterima adalah hipotesis alternatif, hal ini dapat dikatakan bahwa variabel persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, dan ketrampilan mengajar secara bersama-sama mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap variabel Y (kepuasan kerja guru) di SDN Se kecamatan Grogol; (2) Terdapat pengaruh positif persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dimana nilai probabilitas (ρ) = 0,01 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh positif motivasi kerja terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dimana nilai probabilitas (ρ) = 0,023 < 0,05; (4) Terdapat pengaruh positif keterampilan mengajar guru terhadap kepuasan kerja guru SD Negeri se Kecamatan Grogol Kabupaten Sukoharjo, dengan nilai probabilitas (ρ) = 0,000 < 0,05.