PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: 1) memperoleh gambaran nyata tentang ciri-ciri media pembelajaran di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen. 2) untuk memperoleh diskripsi yang jelas tentang ciri-ciri lay out ruang kelas dengan media pembelajaran di laksanakan di SMP N...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUGIMAN, SUGIMAN
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9599/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994854867959808
author SUGIMAN, SUGIMAN
author_facet SUGIMAN, SUGIMAN
author_sort SUGIMAN, SUGIMAN
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: 1) memperoleh gambaran nyata tentang ciri-ciri media pembelajaran di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen. 2) untuk memperoleh diskripsi yang jelas tentang ciri-ciri lay out ruang kelas dengan media pembelajaran di laksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen. 3) untuk mendapatkan diskripsi secara rinci tentang ciri-ciri aktivitas belajar siswa dengan media pembelajaran dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen, Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: 1. Ciri-ciri Media Pembelajaran yang Dimiliki oleh SMP Negeri 1 Karangamalang a. Jenis media pembelajaran yang ada di SMP dapat digolongan menjadi 3 kelompok yakni media elektronika, media bukan elektronika serta media hasil karya guru SMP Media Pembelajaran berasal dari 3 asal yakni 1. dari Bantuan pemerintah baik pusat dan daerah melalui alokasi dana DAK, 2. dari pembelian dengan menggunakan uang BOS, 3. pembelian media pembelajaran dari Dana SSN serta 4. Pembelian dari bantuan orang tua siswa melalui Komite Sekolah. b. Laboratorium yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Karangmalang adalah Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium IPA, serta ruang multi media yang didalamnya ada fasilitas yang lengkap dari LCD, VCD, TV dan CD-CD pembelajaran interaktif yang lengkap. 2.Ciri-ciri lay out ruang kelas dengan media pembelajaran di laksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen adalah Lay out ruang kelas untuk proses pembelajaran dengan media pembelajaran dirancang sesuai dengan pedoman baku pembuatan ruang untuk pembelajaran dengan media pembelajaran yang telah diatur dari Dinas Pendidikan. Untuk menjaga keamanan dari laboratorium tempat media pembelajaran disimpan dipasang pengamanan . 3. Ciri-ciri aktivitas belajar siswa dengan media pembelajaran dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen adalah Aktivitas belajar anak jadi lebih baik dalam tingkat perhatian terhadap materi yang disampaikan oleh guru, serta motivasi belajar lebih baik, antusias anak untuk belajar, membuat anak tidak mengantuk, pelajaran mudah dipahami oleh anak. Penggunaan media pembelajaran anak akan mendapatkan pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran sehingga bukan hanya teori saja. Proses pembelajaran bisa menarik anak menjadi senang sangat memperhatikan dan saat pelajaran yang dilaksanakan di jam pelajaran terakhir
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9599
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9599 https://eprints.ums.ac.id/9599/ PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN SUGIMAN, SUGIMAN LB Theory and practice of education Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang: 1) memperoleh gambaran nyata tentang ciri-ciri media pembelajaran di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen. 2) untuk memperoleh diskripsi yang jelas tentang ciri-ciri lay out ruang kelas dengan media pembelajaran di laksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen. 3) untuk mendapatkan diskripsi secara rinci tentang ciri-ciri aktivitas belajar siswa dengan media pembelajaran dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen, Sejalan dengan tujuannya, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan rancangan etnografi. Data dikumpulkan melalui instrumen berbentuk observasi, dokumentasi; wawancara mendalam. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis kualitatif model interaktif. Hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan: 1. Ciri-ciri Media Pembelajaran yang Dimiliki oleh SMP Negeri 1 Karangamalang a. Jenis media pembelajaran yang ada di SMP dapat digolongan menjadi 3 kelompok yakni media elektronika, media bukan elektronika serta media hasil karya guru SMP Media Pembelajaran berasal dari 3 asal yakni 1. dari Bantuan pemerintah baik pusat dan daerah melalui alokasi dana DAK, 2. dari pembelian dengan menggunakan uang BOS, 3. pembelian media pembelajaran dari Dana SSN serta 4. Pembelian dari bantuan orang tua siswa melalui Komite Sekolah. b. Laboratorium yang dimiliki oleh SMP Negeri 1 Karangmalang adalah Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium IPA, serta ruang multi media yang didalamnya ada fasilitas yang lengkap dari LCD, VCD, TV dan CD-CD pembelajaran interaktif yang lengkap. 2.Ciri-ciri lay out ruang kelas dengan media pembelajaran di laksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen adalah Lay out ruang kelas untuk proses pembelajaran dengan media pembelajaran dirancang sesuai dengan pedoman baku pembuatan ruang untuk pembelajaran dengan media pembelajaran yang telah diatur dari Dinas Pendidikan. Untuk menjaga keamanan dari laboratorium tempat media pembelajaran disimpan dipasang pengamanan . 3. Ciri-ciri aktivitas belajar siswa dengan media pembelajaran dilaksanakan di SMP Negeri 1 Karangmalang Kabupaten Sragen adalah Aktivitas belajar anak jadi lebih baik dalam tingkat perhatian terhadap materi yang disampaikan oleh guru, serta motivasi belajar lebih baik, antusias anak untuk belajar, membuat anak tidak mengantuk, pelajaran mudah dipahami oleh anak. Penggunaan media pembelajaran anak akan mendapatkan pengalaman yang nyata dalam proses pembelajaran sehingga bukan hanya teori saja. Proses pembelajaran bisa menarik anak menjadi senang sangat memperhatikan dan saat pelajaran yang dilaksanakan di jam pelajaran terakhir 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9599/2/Q100070477.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9599/1/Q100070477.pdf SUGIMAN, SUGIMAN (2010) PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100070477
spellingShingle LB Theory and practice of education
SUGIMAN, SUGIMAN
PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN
title PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN
title_full PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN
title_fullStr PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN
title_full_unstemmed PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN
title_short PENGELOLAAN MEDIA PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 1 KARANGMALANG KABUPATEN SRAGEN
title_sort pengelolaan media pembelajaran di smp negeri 1 karangmalang kabupaten sragen
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9599/
work_keys_str_mv AT sugimansugiman pengelolaanmediapembelajarandismpnegeri1karangmalangkabupatensragen