PENGELOLAAN PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN MEDIA COOPERATIVE LEARNING (STUDI KASUS DI SMP NEGERI 1 GUBUG KABUPATEN GROBOGAN)

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang : 1) karakteristik pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media cooperative learning di SMP Negeri 1 Gubug, 2) karakteristik fisik ruang pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media cooperative learning di SMP Negeri 1 Gubug, 3...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: RIFAI, AHMAT
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9598/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang : 1) karakteristik pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media cooperative learning di SMP Negeri 1 Gubug, 2) karakteristik fisik ruang pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media cooperative learning di SMP Negeri 1 Gubug, 3) karakteristik hubungan guru dengan siswa dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media cooperative learning di SMP Negeri 1 Gubug. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan etnografi. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara yang mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif, dengan melalui prosedur reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini dengan pengamatan terus menerus, triangulasi data, dan pengecekan dengan anggota. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media cooperative learning di SMP Negeri 1 Gubug mampu membangun kemandirian belajar siswa, mampu memberikan proses komunikasi interaktif antara guru, siswa, dan bahan belajar sebagaimana yang dipersyaratkan dalam suatu kegiatan pembelajaran, peserta didik dituntut untuk lebih aktif dalam mendalami materi-materi pelajaran yang mungkin tidak bisa didapatkan hanya dari pembelajaran konvensional. 2) Fisik ruang dalam pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media cooperative learning di SMP Negeri 1 Gubug ditata dengan tingkat kenyamanan dan suasana hati yang gembira tanpa tekanan dalam belajar, fleksibel, dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang diperlukan saat pembelajaran, pengaturan kelas dilakukan sedemikian rupa sehingga semua siswa bisa melihat guru atau papan tulis dengan jelas. 3) Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media cooperative learning di SMP Negeri 1 Gubug telah membangun hubungan yang posistif antar siswa, terdapat saling ketergantungan yang positif, terdapat tanggung jawab individu terhadap hasil kerja kelompok, juga terdapat interaksi tatap muka antara guru dengan siswa, dan antara siswa yang satu dengan siswa yang lain, antara anggota kelompok dapat saling menghargai perbedaan, saling memanfaatkan kelebihan dan mengisi kekurangan masing-masing anggota, adanya komunikasi yang baik antar anggota. Dalam pembelajaran siswa merasa senang dan nyaman tanpa tekanan dan paksaan, sehingga siswa dapat mengembangkan kemandirian siswa untuk senantiasa bereksplorasi, memiliki ide-ide baru, kreatif dan inovatif, belajar tidak lagi sepenuhnya tergantung pada guru.