DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya dukungan yang signifikan variabel latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing di MTs Negeri Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitati...

ver descrição completa

Na minha lista:
Detalhes bibliográficos
Autor principal: ANWAR, CHOIRIL
Formato: Tese
Idioma:English
English
Publicado em: 2010
Assuntos:
Acesso em linha:https://eprints.ums.ac.id/9595/
Tags: Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
_version_ 1804994853780586496
author ANWAR, CHOIRIL
author_facet ANWAR, CHOIRIL
author_sort ANWAR, CHOIRIL
collection ePrints
description Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya dukungan yang signifikan variabel latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing di MTs Negeri Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru bimbingan dan konseling di MTs Kabupaben Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dan kinerja guru pembimbing. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data latar belakang pendidikan guru bimbingan dan konseling di MTs Negeri Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada dukungan yang signifikan latar belakang pendidikan dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,417 > rt = 0,227) sumbangan efektif 13,41%. 2) Ada dukungan yang signifikan partisipasi dalam organisasi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,272 > rt = 0,227) sumbangan efektif 2,50%. 3) Ada dukungan yang signifikan pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,441 > rt = 0,227) sumbangan efektif 16,48%., maka ada hubungan yang signifikan sumbangan efektif 44,89%. Ada sumbangan relative: (X1 = 29,87%) + (X2 = 5,57%) + (X3 = 36,71%) = 100%. Implikasi dari hasil peneitian menunjukkan adanya dukungan positif latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dengan kinerja guru pembimbing, maka dapat memberikan gambaran pada pihak yang terkait untuk mau dan mampu serta memperhatikan ketiga faktor tersebut, agar kinerja guru pembimbing di MTs Kabupaten Boyolali meningkat dan lebih baik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9595
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9595 https://eprints.ums.ac.id/9595/ DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI ANWAR, CHOIRIL LC Special aspects of education Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya dukungan yang signifikan variabel latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing di MTs Negeri Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru bimbingan dan konseling di MTs Kabupaben Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dan kinerja guru pembimbing. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data latar belakang pendidikan guru bimbingan dan konseling di MTs Negeri Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada dukungan yang signifikan latar belakang pendidikan dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,417 > rt = 0,227) sumbangan efektif 13,41%. 2) Ada dukungan yang signifikan partisipasi dalam organisasi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,272 > rt = 0,227) sumbangan efektif 2,50%. 3) Ada dukungan yang signifikan pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,441 > rt = 0,227) sumbangan efektif 16,48%., maka ada hubungan yang signifikan sumbangan efektif 44,89%. Ada sumbangan relative: (X1 = 29,87%) + (X2 = 5,57%) + (X3 = 36,71%) = 100%. Implikasi dari hasil peneitian menunjukkan adanya dukungan positif latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dengan kinerja guru pembimbing, maka dapat memberikan gambaran pada pihak yang terkait untuk mau dan mampu serta memperhatikan ketiga faktor tersebut, agar kinerja guru pembimbing di MTs Kabupaten Boyolali meningkat dan lebih baik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9595/1/Q100050088.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9595/2/Q100050088.pdf ANWAR, CHOIRIL (2010) DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100050088
spellingShingle LC Special aspects of education
ANWAR, CHOIRIL
DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI
title DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI
title_full DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI
title_fullStr DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI
title_full_unstemmed DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI
title_short DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI
title_sort dukungan latar belakang pendidikan partisipasi dalam organisasi dan pelaksanaan kode etik profesi terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling di mts negeri kabupaten boyolali
topic LC Special aspects of education
url https://eprints.ums.ac.id/9595/
work_keys_str_mv AT anwarchoiril dukunganlatarbelakangpendidikanpartisipasidalamorganisasidanpelaksanaankodeetikprofesiterhadapkinerjagurubimbingandankonselingdimtsnegerikabupatenboyolali