DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya dukungan yang signifikan variabel latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing di MTs Negeri Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitati...
Na minha lista:
Autor principal: | |
---|---|
Formato: | Tese |
Idioma: | English English |
Publicado em: |
2010
|
Assuntos: | |
Acesso em linha: | https://eprints.ums.ac.id/9595/ |
Tags: |
Adicionar Tag
Sem tags, seja o primeiro a adicionar uma tag!
|
_version_ | 1804994853780586496 |
---|---|
author | ANWAR, CHOIRIL |
author_facet | ANWAR, CHOIRIL |
author_sort | ANWAR, CHOIRIL |
collection | ePrints |
description | Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya dukungan yang signifikan variabel latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing di MTs Negeri
Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru bimbingan dan konseling di MTs Kabupaben Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dan kinerja guru pembimbing. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data latar belakang pendidikan guru bimbingan dan konseling di MTs Negeri Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada dukungan yang signifikan latar belakang pendidikan dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,417 > rt = 0,227) sumbangan efektif 13,41%. 2) Ada dukungan yang signifikan partisipasi dalam organisasi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,272 > rt = 0,227) sumbangan efektif 2,50%. 3) Ada dukungan yang signifikan pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,441 > rt = 0,227) sumbangan efektif
16,48%., maka ada hubungan yang signifikan sumbangan efektif 44,89%. Ada sumbangan relative: (X1 = 29,87%) + (X2 = 5,57%) + (X3 = 36,71%) = 100%. Implikasi dari hasil peneitian menunjukkan adanya dukungan positif latar
belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dengan kinerja guru pembimbing, maka dapat memberikan gambaran pada pihak
yang terkait untuk mau dan mampu serta memperhatikan ketiga faktor tersebut, agar kinerja guru pembimbing di MTs Kabupaten Boyolali meningkat dan lebih baik. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9595 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9595 https://eprints.ums.ac.id/9595/ DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI ANWAR, CHOIRIL LC Special aspects of education Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya dukungan yang signifikan variabel latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing di MTs Negeri Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif. Populasi adalah seluruh guru bimbingan dan konseling di MTs Kabupaben Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Teknik pengumpulan data dengan teknik kuesioner dipakai untuk mengumpulkan data partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dan kinerja guru pembimbing. Sedangkan teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data latar belakang pendidikan guru bimbingan dan konseling di MTs Negeri Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada dukungan yang signifikan latar belakang pendidikan dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,417 > rt = 0,227) sumbangan efektif 13,41%. 2) Ada dukungan yang signifikan partisipasi dalam organisasi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,272 > rt = 0,227) sumbangan efektif 2,50%. 3) Ada dukungan yang signifikan pelaksanaan kode etik profesi dengan kinerja guru pembimbing (r0 = 0,441 > rt = 0,227) sumbangan efektif 16,48%., maka ada hubungan yang signifikan sumbangan efektif 44,89%. Ada sumbangan relative: (X1 = 29,87%) + (X2 = 5,57%) + (X3 = 36,71%) = 100%. Implikasi dari hasil peneitian menunjukkan adanya dukungan positif latar belakang pendidikan, partisipasi dalam organisasi, pelaksanaan kode etik profesi, dengan kinerja guru pembimbing, maka dapat memberikan gambaran pada pihak yang terkait untuk mau dan mampu serta memperhatikan ketiga faktor tersebut, agar kinerja guru pembimbing di MTs Kabupaten Boyolali meningkat dan lebih baik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9595/1/Q100050088.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9595/2/Q100050088.pdf ANWAR, CHOIRIL (2010) DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Q100050088 |
spellingShingle | LC Special aspects of education ANWAR, CHOIRIL DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI KABUPATEN BOYOLALI |
title | DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM
ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP
KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI
KABUPATEN BOYOLALI |
title_full | DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM
ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP
KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI
KABUPATEN BOYOLALI |
title_fullStr | DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM
ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP
KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI
KABUPATEN BOYOLALI |
title_full_unstemmed | DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM
ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP
KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI
KABUPATEN BOYOLALI |
title_short | DUKUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN PARTISIPASI DALAM
ORGANISASI DAN PELAKSANAAN KODE ETIK PROFESI TERHADAP
KINERJA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DI MTS NEGERI
KABUPATEN BOYOLALI |
title_sort | dukungan latar belakang pendidikan partisipasi dalam organisasi dan pelaksanaan kode etik profesi terhadap kinerja guru bimbingan dan konseling di mts negeri kabupaten boyolali |
topic | LC Special aspects of education |
url | https://eprints.ums.ac.id/9595/ |
work_keys_str_mv | AT anwarchoiril dukunganlatarbelakangpendidikanpartisipasidalamorganisasidanpelaksanaankodeetikprofesiterhadapkinerjagurubimbingandankonselingdimtsnegerikabupatenboyolali |