PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE MATRIKS INGATAN PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode Matriks ingatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ke...

Mô tả đầy đủ

Đã lưu trong:
Chi tiết về thư mục
Tác giả chính: SUSANTI, ELI
Định dạng: Luận văn
Ngôn ngữ:English
English
Được phát hành: 2010
Những chủ đề:
Truy cập trực tuyến:https://eprints.ums.ac.id/9592/
Các nhãn: Thêm thẻ
Không có thẻ, Là người đầu tiên thẻ bản ghi này!
Miêu tả
Tóm tắt:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode Matriks ingatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 189 siswa. Sampel diambil 1 kelas sebanyak 38 siswa dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik test dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t, Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara metode jigsaw dengan metode matriks ingatan pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2009/2010. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (3,884 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil belajar ekonomi pada pembelajaran menggunakan metode jigsaw (70,895) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan metode matriks ingatan (63,868) atau terdapat selisih sebesar 7,027. Artinya pembelajaran dengan metode jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.