PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DAN METODE MATRIKS INGATAN PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode Matriks ingatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa ke...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SUSANTI, ELI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9592/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi menggunakan metode Jigsaw dan metode Matriks ingatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian komparatif kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 5 kelas yang berjumlah 189 siswa. Sampel diambil 1 kelas sebanyak 38 siswa dengan teknik Cluster Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik test dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t, Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi antara metode jigsaw dengan metode matriks ingatan pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah Purwodadi tahun ajaran 2009/2010. Diperoleh dari hasil uji t yang memperoleh nilai thitung > ttabel (3,884 > 2,021) diterima pada taraf signifikansi 5%. Hasil belajar ekonomi pada pembelajaran menggunakan metode jigsaw (70,895) lebih tinggi daripada hasil belajar menggunakan metode matriks ingatan (63,868) atau terdapat selisih sebesar 7,027. Artinya pembelajaran dengan metode jigsaw lebih baik (lebih efektif) dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa.