PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun aja...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9589/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994852408000512 |
---|---|
author | MAYASARI , DUWI |
author_facet | MAYASARI , DUWI |
author_sort | MAYASARI , DUWI |
collection | ePrints |
description | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data: (1) Observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskripsi kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa 6,78 dan rata-rata siklus I meningkat 7,24 , rata-rata siklus II meningkat 7,63 ,dan rata-rata siklus III meningkat 8,27. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 0,91 atau 91 %.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9589 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9589 https://eprints.ums.ac.id/9589/ PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MAYASARI , DUWI L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data: (1) Observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskripsi kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa 6,78 dan rata-rata siklus I meningkat 7,24 , rata-rata siklus II meningkat 7,63 ,dan rata-rata siklus III meningkat 8,27. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 0,91 atau 91 %. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9589/1/A210060062.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9589/2/A210060062.pdf MAYASARI , DUWI (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060062 |
spellingShingle | L Education (General) MAYASARI , DUWI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS
XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS
XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_fullStr | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS
XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_full_unstemmed | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS
XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_short | PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK
MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS
XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 |
title_sort | penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xii ips 2 sma negeri 1 kartasura tahun pelajaran 2010 2011 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/9589/ |
work_keys_str_mv | AT mayasariduwi penerapanmetodepembelajarantutorsebayauntukmeningkatkanprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiiips2smanegeri1kartasuratahunpelajaran20102011 |