PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun aja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MAYASARI , DUWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9589/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994852408000512
author MAYASARI , DUWI
author_facet MAYASARI , DUWI
author_sort MAYASARI , DUWI
collection ePrints
description Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data: (1) Observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskripsi kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa 6,78 dan rata-rata siklus I meningkat 7,24 , rata-rata siklus II meningkat 7,63 ,dan rata-rata siklus III meningkat 8,27. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 0,91 atau 91 %.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9589
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9589 https://eprints.ums.ac.id/9589/ PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011 MAYASARI , DUWI L Education (General) Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data: (1) Observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskripsi kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa 6,78 dan rata-rata siklus I meningkat 7,24 , rata-rata siklus II meningkat 7,63 ,dan rata-rata siklus III meningkat 8,27. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 0,91 atau 91 %. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9589/1/A210060062.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9589/2/A210060062.pdf MAYASARI , DUWI (2010) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060062
spellingShingle L Education (General)
MAYASARI , DUWI
PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_fullStr PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_short PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
title_sort penerapan metode pembelajaran tutor sebaya untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas xii ips 2 sma negeri 1 kartasura tahun pelajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9589/
work_keys_str_mv AT mayasariduwi penerapanmetodepembelajarantutorsebayauntukmeningkatkanprestasibelajarakuntansipadasiswakelasxiiips2smanegeri1kartasuratahunpelajaran20102011