PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII IPS 2 SMA NEGERI 1 KARTASURA TAHUN PELAJARAN 2010/2011
Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun aja...
Saved in:
主要作者: | |
---|---|
格式: | Thesis |
语言: | English English |
出版: |
2010
|
主题: | |
在线阅读: | https://eprints.ums.ac.id/9589/ |
标签: |
添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
|
总结: | Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar. Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Upaya pemecahan masalah dalam penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Perencanaan (planning), (2) pelaksanaan tindakan (acting), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data: (1) Observasi, (2) tes, dan (3) dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskripsi kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum tindakan di dapat rata-rata hasil belajar siswa 6,78 dan rata-rata siklus I meningkat 7,24 , rata-rata siklus II meningkat 7,63 ,dan rata-rata siklus III meningkat 8,27. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode pembelajaran tutor sebaya dapat meningkatkan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS 2 SMA Negeri 1 Kartasura tahun ajaran 2010/2011 sebesar 0,91 atau 91 %.
|
---|