PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 2) Pengaruh implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IP...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: GIRI YANTI, UTRIA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9587/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994851862740992
author GIRI YANTI, UTRIA
author_facet GIRI YANTI, UTRIA
author_sort GIRI YANTI, UTRIA
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 2) Pengaruh implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 3) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi penelitian, seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 31 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan sumbangan relatif sebesar 46,3% dan sumbangan efektif 20,8%. 2) Ada pengaruh positif implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011, dengan sumbangan relatif sebesar 53,7% dan sumbangan efektif 24,1%. 3) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa dan implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan koefisien determinasi sebesar 0.449, artinya pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah 44,9%, sedangkan sisanya 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9587
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9587 https://eprints.ums.ac.id/9587/ PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 GIRI YANTI, UTRIA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 2) Pengaruh implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 3) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi penelitian, seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 31 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan sumbangan relatif sebesar 46,3% dan sumbangan efektif 20,8%. 2) Ada pengaruh positif implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011, dengan sumbangan relatif sebesar 53,7% dan sumbangan efektif 24,1%. 3) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa dan implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan koefisien determinasi sebesar 0.449, artinya pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah 44,9%, sedangkan sisanya 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9587/1/A210060053.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9587/2/A210060053.pdf GIRI YANTI, UTRIA (2010) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060053
spellingShingle L Education (General)
GIRI YANTI, UTRIA
PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi kurikulum tingkat satuan pendididkan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas xi ips sma negeri 2 sukoharjo tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9587/
work_keys_str_mv AT giriyantiutria pengaruhpemanfaataninternetdalamprosespembelajarandanimplementasikurikulumtingkatsatuanpendididkanterhadapprestasibelajarekonomipadasiswakelasxiipssmanegeri2sukoharjotahunpelajaran20092010