PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 2) Pengaruh implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IP...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9587/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994851862740992 |
---|---|
author | GIRI YANTI, UTRIA |
author_facet | GIRI YANTI, UTRIA |
author_sort | GIRI YANTI, UTRIA |
collection | ePrints |
description | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 2) Pengaruh implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 3) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011.
Penelitian deskriptif kuantitatif ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi penelitian, seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 31 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan sumbangan relatif sebesar 46,3% dan sumbangan efektif 20,8%. 2) Ada pengaruh positif implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011, dengan sumbangan relatif sebesar 53,7% dan sumbangan efektif 24,1%. 3) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa dan implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan koefisien determinasi sebesar 0.449, artinya pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah 44,9%, sedangkan sisanya 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9587 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9587 https://eprints.ums.ac.id/9587/ PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 GIRI YANTI, UTRIA L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 2) Pengaruh implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. 3) Pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian deskriptif kuantitatif ini mengambil lokasi di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Populasi penelitian, seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 156 siswa. Sampel diambil sebanyak 31 orang siswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan sumbangan relatif sebesar 46,3% dan sumbangan efektif 20,8%. 2) Ada pengaruh positif implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011, dengan sumbangan relatif sebesar 53,7% dan sumbangan efektif 24,1%. 3) Ada pengaruh positif pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran siswa dan implementasi KTSP siswa belajar terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2010/2011 dengan koefisien determinasi sebesar 0.449, artinya pengaruh yang diberikan oleh kombinasi variabel pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi KTSP terhadap prestasi belajar ekonomi siswa adalah 44,9%, sedangkan sisanya 55,1% dipengaruhi oleh variabel lain. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9587/1/A210060053.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9587/2/A210060053.pdf GIRI YANTI, UTRIA (2010) PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060053 |
spellingShingle | L Education (General) GIRI YANTI, UTRIA PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title | PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full | PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_fullStr | PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_full_unstemmed | PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_short | PENGARUH PEMANFAATAN INTERNET DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIDKAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2009/2010 |
title_sort | pengaruh pemanfaatan internet dalam proses pembelajaran dan implementasi kurikulum tingkat satuan pendididkan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas xi ips sma negeri 2 sukoharjo tahun pelajaran 2009 2010 |
topic | L Education (General) |
url | https://eprints.ums.ac.id/9587/ |
work_keys_str_mv | AT giriyantiutria pengaruhpemanfaataninternetdalamprosespembelajarandanimplementasikurikulumtingkatsatuanpendididkanterhadapprestasibelajarekonomipadasiswakelasxiipssmanegeri2sukoharjotahunpelajaran20092010 |