PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KOMUNIKASI GURU SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) NEGERI I TERAS BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh komunikasi guru siswa terhadp prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh motivasi belajar dan komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Jenis penelitian ini adalah pe...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9584/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi; 2) pengaruh komunikasi guru siswa terhadp prestasi belajar ekonomi; 3) pengaruh motivasi belajar dan komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar ekonomi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA N 1 teras Tahun pelajaran 2009/2010 sejumlah 160 siswa. Sampel diambil sebanyak 110 siswa dengan teknik proposional random sampling. Data yang diperlukan melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diujicobakan melalui uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, uji R2 dan sumbangan relatif dan sumbangan efektif.
Hasil analisis regresi menunjukkan persamaan garis regresi : Y=29,732+1,174.X1+0,905X2. Persamaan menunjukkan bahwa tinggi rendahnya prestasi belajar ekonomi ditentukan oleh tinggi rendahnya motivasi belajar dan komunikasi guru siswa. Kesimpulan yang diambil adalah : 1) Motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 8,011> ttabel (1,980)dengan p-value= 0,000 diterima dalam taraf signifikan 5%. Kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar adalah 36,1%. 2)Komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai thitung sebesar 6,096>ttabel(1,980) dengan taraf signifikan 5%.Kontribusi komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar adalah 24,3%. 3) motivasi belajar dan komunikasi guru siswa terhadap prestasi belajar. Hasil analisis regresi memperoleh nilai Fhitung sebesar 81,731>Ftabel(3,07). Secara keseluruhan variabel pengaruh motivasi belajar dan komunikasi guru siswa memberikan kontribusi sebesar 60,4% terhadap prestasi belajar ekonomi.
|
---|