PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kepemilikan buku pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 2) pengaruh ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 3) pengaruh antara kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah terha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRI , WAHYU INDRIANI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9581/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994850225913856
author PUTRI , WAHYU INDRIANI
author_facet PUTRI , WAHYU INDRIANI
author_sort PUTRI , WAHYU INDRIANI
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kepemilikan buku pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 2) pengaruh ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 3) pengaruh antara kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Al- Islam 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS di Al- Islam 3 Surakarta yang berjumlah 48 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 48 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dua variabel, analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 31,35+0,622X1+0,526X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah. Kesimpulan penelitian ini 1) Kepemilikan buku pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,939 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ruang belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,511 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kepemilikan buku pelajaran dan Ruang belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,195 > 3,204 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,433, berarti 43,3% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah, sedangkan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel Kepemilikan buku pelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 54,8% dan sumbangan efektif 23,7%. Variabel ruang belajar di rumah memberikan sumbangan relatif sebesar 45,2% dan sumbangan efektif 19,6%.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9581
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9581 https://eprints.ums.ac.id/9581/ PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010 PUTRI , WAHYU INDRIANI L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kepemilikan buku pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 2) pengaruh ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 3) pengaruh antara kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Al- Islam 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS di Al- Islam 3 Surakarta yang berjumlah 48 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 48 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dua variabel, analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 31,35+0,622X1+0,526X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah. Kesimpulan penelitian ini 1) Kepemilikan buku pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,939 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ruang belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,511 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kepemilikan buku pelajaran dan Ruang belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,195 > 3,204 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,433, berarti 43,3% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah, sedangkan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel Kepemilikan buku pelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 54,8% dan sumbangan efektif 23,7%. Variabel ruang belajar di rumah memberikan sumbangan relatif sebesar 45,2% dan sumbangan efektif 19,6%. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9581/1/A210060034.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9581/2/A210060034.pdf PUTRI , WAHYU INDRIANI (2010) PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060034
spellingShingle L Education (General)
PUTRI , WAHYU INDRIANI
PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_fullStr PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_full_unstemmed PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_short PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010
title_sort pengaruh kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas x sma al islam 3 surakarta tahun pelajaran 2009 2010
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9581/
work_keys_str_mv AT putriwahyuindriani pengaruhkepemilikanbukupelajarandanruangbelajardirumahterhadapprestasibelajarmatapelajaranekonomisiswakelasxsmaalislam3surakartatahunpelajaran20092010