PENGARUH KEPEMILIKAN BUKU PELAJARAN DAN RUANG BELAJAR DI RUMAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS X SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kepemilikan buku pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 2) pengaruh ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 3) pengaruh antara kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah terha...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRI , WAHYU INDRIANI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9581/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh kepemilikan buku pelajaran terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 2) pengaruh ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. 3) pengaruh antara kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA Al- Islam 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan IPS di Al- Islam 3 Surakarta yang berjumlah 48 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 48 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dua variabel, analisis korelasi parsial, analisis korelasi berganda, analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 31,35+0,622X1+0,526X2, artinya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah. Kesimpulan penelitian ini 1) Kepemilikan buku pelajaran berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,939 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,001. 2) Ruang belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,511 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Kepemilikan buku pelajaran dan Ruang belajar di rumah berpengaruh terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa kelas XI IPS di SMA Al-Islam 3 Surakarta. Kesimpulan ini berdasarkan hasil uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 17,195 > 3,204 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,433, berarti 43,3% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh variabel kepemilikan buku pelajaran dan ruang belajar di rumah, sedangkan sisanya 52,8% dipengaruhi oleh variabel lain. 5) Variabel Kepemilikan buku pelajaran memberikan sumbangan relatif sebesar 54,8% dan sumbangan efektif 23,7%. Variabel ruang belajar di rumah memberikan sumbangan relatif sebesar 45,2% dan sumbangan efektif 19,6%.