PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 S...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Sari , Fistika
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9580/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994849938604032
author Sari , Fistika
author_facet Sari , Fistika
author_sort Sari , Fistika
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. 3) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA AL-ISLAM 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 48 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 48 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Lingkungan pergaulan remaja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,029 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,475 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 23,202 > 3,204 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan pergaulan remaja memberikan sumbangan efektif 23,2%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 27,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel lingkungan pergaulan remaja.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9580
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9580 https://eprints.ums.ac.id/9580/ PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011 Sari , Fistika L Education (General) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. 2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. 3) Pengaruh lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di SMA AL-ISLAM 3 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011 yang berjumlah 48 siswa. Agar hasil penelitian ini akan semakin baik, maka semua populasi yang berjumlah 48 siswa dijadikan subjek penelitian sehingga merupakan penelitian populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear ganda, uji keberartian regresi linear ganda (uji F) dan uji keberartian koefisien regresi linier ganda (uji t), selain itu dilakukan pula perhitungan sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Lingkungan pergaulan remaja berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,029 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 2) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 4,475 > 2,014 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 3) Lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa SMA AL-ISLAM 3 Surakarta Tahun Ajaran 2010/2011. Kesimpulan ini berdasarkan uji F diperoleh Fhitung > Ftabel, yaitu 23,202 > 3,204 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Variabel lingkungan pergaulan remaja memberikan sumbangan efektif 23,2%. Variabel motivasi belajar memberikan sumbangan efektif 27,6%. Dengan membandingkan nilai sumbangan efektif nampak bahwa variabel motivasi belajar memiliki pengaruh yang lebih dominan terhadap prestasi belajar dibandingkan variabel lingkungan pergaulan remaja. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9580/1/A210060032.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9580/3/A210060032.pdf Sari , Fistika (2010) PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta . A210060032
spellingShingle L Education (General)
Sari , Fistika
PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_fullStr PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_full_unstemmed PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_short PENGARUH LINGKUNGAN PERGAULAN REMAJA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SISWA SMA KELAS XI IPS SMA AL-ISLAM 3 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011
title_sort pengaruh lingkungan pergaulan remaja dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran ekonomi pada siswa sma kelas xi ips sma al islam 3 surakarta tahun ajaran 2010 2011
topic L Education (General)
url https://eprints.ums.ac.id/9580/
work_keys_str_mv AT sarifistika pengaruhlingkunganpergaulanremajadanmotivasibelajarsiswaterhadapprestasibelajarmatapelajaranekonomipadasiswasmakelasxiipssmaalislam3surakartatahunajaran20102011