ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pasien yang terdiri dari variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible terhadap kepuasan pasien. Tujuan khusus penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis Pengaruh variabel r...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: IRAWATI, CHATARINA ANIK
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9572/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994847771197440
author IRAWATI, CHATARINA ANIK
author_facet IRAWATI, CHATARINA ANIK
author_sort IRAWATI, CHATARINA ANIK
collection ePrints
description Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pasien yang terdiri dari variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible terhadap kepuasan pasien. Tujuan khusus penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis Pengaruh variabel reliability, responsivenenss, assurance, emphaty dan tangible terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. 2) Untuk menganalisis ada tidaknya gap antara kualitas pelayanan RS Jiwa Daerah Surakarta terhadap kepuasan pasien, 3) mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Convinience Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Paried T Test dan metode regresi linier berganda sedangkan uji statistik dengan menggunakan uji t dan uji F serta R2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan masih terdapat gap negatif antarakualitas pelayanan berdasarkan persepsi dengan berdasarkan harapan pasien. Kualitas pelayanan variabel reliability, responsivenenss, assurance, emphaty dan tangible bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien. Secara partial hanya variabel reliability dan assurance yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel responsiveness, emphaty dan tangible yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel assurance yang paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9572
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9572 https://eprints.ums.ac.id/9572/ ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA IRAWATI, CHATARINA ANIK HD28 Management Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel yang mempengaruhi kepuasan pasien yang terdiri dari variabel reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangible terhadap kepuasan pasien. Tujuan khusus penelitian ini adalah: 1) Untuk menganalisis Pengaruh variabel reliability, responsivenenss, assurance, emphaty dan tangible terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta. 2) Untuk menganalisis ada tidaknya gap antara kualitas pelayanan RS Jiwa Daerah Surakarta terhadap kepuasan pasien, 3) mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor kualitas layanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pasien, sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Convinience Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Paried T Test dan metode regresi linier berganda sedangkan uji statistik dengan menggunakan uji t dan uji F serta R2. Hasil dari penelitian ini menunjukkan masih terdapat gap negatif antarakualitas pelayanan berdasarkan persepsi dengan berdasarkan harapan pasien. Kualitas pelayanan variabel reliability, responsivenenss, assurance, emphaty dan tangible bersama-sama memberikan pengaruh terhadap kepuasan pasien. Secara partial hanya variabel reliability dan assurance yang berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel responsiveness, emphaty dan tangible yang tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien, sedangkan variabel assurance yang paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9572/1/P100070080.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9572/2/P100070080.pdf IRAWATI, CHATARINA ANIK (2010) ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. P100070080
spellingShingle HD28 Management
IRAWATI, CHATARINA ANIK
ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA
title ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA
title_full ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA
title_fullStr ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA
title_full_unstemmed ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA
title_short ANALISIS VARIABEL-VARIABEL YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA DAERAH SURAKARTA
title_sort analisis variabel variabel yang mempengaruhi kepuasan pasien di instalasi rawat jalan rumah sakit jiwa daerah surakarta
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9572/
work_keys_str_mv AT irawatichatarinaanik analisisvariabelvariabelyangmempengaruhikepuasanpasiendiinstalasirawatjalanrumahsakitjiwadaerahsurakarta