PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor intern yang mencakup budaya konsumen, kelas sosial, karakteristik individu, dan faktor psikologis terhadap pengambilan keputusan dalam pembelian barang-barang kerajinan kuningan dan tembaga. Penelitian ini mengambil tempat di PT. Pamungkas Gall...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HIDAYAH, WAHYU
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9559/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994844233302016
author HIDAYAH, WAHYU
author_facet HIDAYAH, WAHYU
author_sort HIDAYAH, WAHYU
collection ePrints
description Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor intern yang mencakup budaya konsumen, kelas sosial, karakteristik individu, dan faktor psikologis terhadap pengambilan keputusan dalam pembelian barang-barang kerajinan kuningan dan tembaga. Penelitian ini mengambil tempat di PT. Pamungkas Gallery Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian kerajinan kuningan dan tembaga Pamungkas Gallery Boyolali baik yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung atau melalui pesanan. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 sampel, dimana tehnik pengambilan sampel ini didasarkan pada Roscoe (1975) yang menyatakan bahwa ukuran sampel untuk setiap penelitian harus berada antara 30-500 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Quota Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi berganda (SPSS 12.0). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa atribut pertanyaan yang berjumlah 21 untuk kuesioner variable independen ataupun dependen semuanya valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil pengukuran dengan menggunakan uji statistik diketahui bahwa secara umum variabel Budaya konsumen (X1), Kelas sosial (X2), Karakteristik individu (X3), Faktor psikologis (X4) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kondisi ini dapat ditunjukan dengan nilai uji t maupun uji R2 yang semuanya bernilai signifikan dan positif. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yaitu dihadapkan menjadi bahan pertimbangan bagi PT. PAMUNGKAS GALLERY dalam melakukan kebijakan-kebijakan perusahaan dengan tepat sehingga dapat memaksimalkan hasil produksi dan hasil pemasaran secara signifikan, diharapkan untuk menambah jumlah perusahaan sehingga dapat membandingkan tingkat pengaruh Budaya Konsumen(X1), Kelas Sosial(X2), Karakteristik Individu(X3), Faktor Psikologis(X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y) secara lebih baik.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9559
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9559 https://eprints.ums.ac.id/9559/ PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI HIDAYAH, WAHYU HD28 Management Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor intern yang mencakup budaya konsumen, kelas sosial, karakteristik individu, dan faktor psikologis terhadap pengambilan keputusan dalam pembelian barang-barang kerajinan kuningan dan tembaga. Penelitian ini mengambil tempat di PT. Pamungkas Gallery Boyolali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah melakukan pembelian kerajinan kuningan dan tembaga Pamungkas Gallery Boyolali baik yang berhubungan secara langsung maupun tidak langsung atau melalui pesanan. Dalam penelitian ini sampel yang diambil sebanyak 100 sampel, dimana tehnik pengambilan sampel ini didasarkan pada Roscoe (1975) yang menyatakan bahwa ukuran sampel untuk setiap penelitian harus berada antara 30-500 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Quota Sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang dapat dilakukan sewaktu-waktu sampai jumlah sampel (quota) yang diinginkan terpenuhi. Metode analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif yang diolah dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas, dan analisis regresi berganda (SPSS 12.0). Hasil uji validitas menunjukkan bahwa atribut pertanyaan yang berjumlah 21 untuk kuesioner variable independen ataupun dependen semuanya valid, begitu juga dengan hasil uji reliabilitas semuanya reliabel. Hasil pengukuran dengan menggunakan uji statistik diketahui bahwa secara umum variabel Budaya konsumen (X1), Kelas sosial (X2), Karakteristik individu (X3), Faktor psikologis (X4) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Kondisi ini dapat ditunjukan dengan nilai uji t maupun uji R2 yang semuanya bernilai signifikan dan positif. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan beberapa saran yaitu dihadapkan menjadi bahan pertimbangan bagi PT. PAMUNGKAS GALLERY dalam melakukan kebijakan-kebijakan perusahaan dengan tepat sehingga dapat memaksimalkan hasil produksi dan hasil pemasaran secara signifikan, diharapkan untuk menambah jumlah perusahaan sehingga dapat membandingkan tingkat pengaruh Budaya Konsumen(X1), Kelas Sosial(X2), Karakteristik Individu(X3), Faktor Psikologis(X4) terhadap Keputusan Pembelian (Y) secara lebih baik. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9559/1/B100050094.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9559/2/B100050094.pdf HIDAYAH, WAHYU (2010) PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. B100050094
spellingShingle HD28 Management
HIDAYAH, WAHYU
PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI
title PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI
title_full PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI
title_fullStr PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI
title_full_unstemmed PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI
title_short PENGARUH FAKTOR INTERNAL KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PUSAT KERAJINAN KUNINGAN DAN TEMBAGA PAMUNGKAS GALLERY BOYOLALI
title_sort pengaruh faktor internal konsumen terhadap keputusan pembelian pada pusat kerajinan kuningan dan tembaga pamungkas gallery boyolali
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9559/
work_keys_str_mv AT hidayahwahyu pengaruhfaktorinternalkonsumenterhadapkeputusanpembelianpadapusatkerajinankuningandantembagapamungkasgalleryboyolali