PENGARUH BIAYA DISTRIBUSI DAN PROMOSI TERHADAP PENINGKATAN VOLUME PENJUALAN PADA PT TIGA SERANGKAI PUSTAKA MANDIRI SURAKARTA

Pengaruh Biaya Distribusi dan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta. Saluran distribusi merupakan sarana penggerak yang mana dimaksudkan untuk mempermudah konsumen dalam mendapatkan barang. Sehingga di dalam saluran distribusi, perusahaan bia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mulyadi, Achmad
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9540/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pengaruh Biaya Distribusi dan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta. Saluran distribusi merupakan sarana penggerak yang mana dimaksudkan untuk mempermudah konsumen dalam mendapatkan barang. Sehingga di dalam saluran distribusi, perusahaan biasanya menggunakan perantara sebagai penyalur. Faktor lain yang tidak kalah penting peranannya dalam suatu industri adalah promosi. Apabila perusahaan menginginkan adanya peningkatan hasil penjualan, maka hendaknya perlu didukung oleh suatu usaha penerapan saluran distribusi dan promosi yang sesuai dan obyektif. Karena keduanya mempunyai pengaruh yang cukup besar dalam produk yang akan terjual nantinya. Dengan demikian dalam penelitian yang diadakan di PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta peneliti ingin mengetahui pengaruh saluran distribusi terhadap peningkatan volume penjualan, mengetahui promosi penjualan terhadap peningkatan volume penjualan, mengetahui pengaruh saluran distribusi dan promosi penjualan terhadap peningkatan volume penjualan dan mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Hasil penelitian yang dilakukan di PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri Surakarta dengan alat analisis regresi berganda diperoleh hasil nilai thitung untuk masing-masing variabel adalah 2,635 (biaya distribusi) dan 3,190 (biaya promosi) sedangkan nilai ttabel sebesar 2,306, hal ini menunjukkan bahwa kedua variabel tersebut mempunyai pengaruh yang berarti terhadap volume penjualan. Untuk nilai beta variabel biaya distribusi (X1) sebesar 0,469, dan variabel biaya promosi (X2) sebesar 0,568 dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi adalah variabel biaya promosi, karena nilai betanya lebih besar dari nilai beta biaya distribusi.