ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010

Pelayanan puskesmas yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi yang akan berdampak kredibilitas masyarakat terhadap puskesmas semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi kean...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURSINI, RETNO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9526/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994835368640512
author NURSINI, RETNO
author_facet NURSINI, RETNO
author_sort NURSINI, RETNO
collection ePrints
description Pelayanan puskesmas yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi yang akan berdampak kredibilitas masyarakat terhadap puskesmas semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan berwujud terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Teras Boyolali. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan sequential random sampling dan dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan secara individual dan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan, dengan persamaan regresi linear berganda y = 8,078 + 0,192X1 + 0,240X2 + 0,318X3 + 0,271X4 + 0,222X5 + Є. Pasien merasa tidak puas terhadap pemberian informasi yang kurang jelas, kurangnya kedisiplinan petugas pelayanan dan kecepatan pelayanan petugas puskesmas kurang efektif. Perlu adanya peningkatan kinerja pelayanan puskesmas terutama pemberian informasi yang jelas kepada pasien
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9526
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9526 https://eprints.ums.ac.id/9526/ ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010 NURSINI, RETNO HD28 Management Pelayanan puskesmas yang berkualitas akan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi yang akan berdampak kredibilitas masyarakat terhadap puskesmas semakin besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menguji dan membuktikan secara empiris pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari dimensi keandalan, ketanggapan, keyakinan, empati dan berwujud terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas Teras Boyolali. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 96 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan sequential random sampling dan dianalisis menggunakan model regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas pelayanan secara individual dan bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien rawat jalan, dengan persamaan regresi linear berganda y = 8,078 + 0,192X1 + 0,240X2 + 0,318X3 + 0,271X4 + 0,222X5 + Є. Pasien merasa tidak puas terhadap pemberian informasi yang kurang jelas, kurangnya kedisiplinan petugas pelayanan dan kecepatan pelayanan petugas puskesmas kurang efektif. Perlu adanya peningkatan kinerja pelayanan puskesmas terutama pemberian informasi yang jelas kepada pasien 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9526/2/J410080214.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9526/1/J410080214.pdf NURSINI, RETNO (2010) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. J410080214
spellingShingle HD28 Management
NURSINI, RETNO
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010
title ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010
title_full ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010
title_fullStr ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010
title_short ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS TERAS BOYOLALI TAHUN 2010
title_sort analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas teras boyolali tahun 2010
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9526/
work_keys_str_mv AT nursiniretno analisispengaruhkualitaspelayananterhadapkepuasanpasienrawatjalandipuskesmasterasboyolalitahun2010