PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER

Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat. Terutama pada saat kendaraan berkecepatan tinggi fungsi kampas rem memiliki peranan penting, bahkan keselamatan jiwa manusia tergantung pada keamp...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: WIJAYA, ANDESKA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9513/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994831831793664
author WIJAYA, ANDESKA
author_facet WIJAYA, ANDESKA
author_sort WIJAYA, ANDESKA
collection ePrints
description Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat. Terutama pada saat kendaraan berkecepatan tinggi fungsi kampas rem memiliki peranan penting, bahkan keselamatan jiwa manusia tergantung pada keampuhan dari bahan kampas rem. Maka diperlukan rancangan khusus pada bahan kampas tersebut. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk aluminium, serbuk karbon, serat kelapa dan resin polyester dengan katalis sebagai pengikatnya. Pembuatan kampas rem dipress dengan beban 2 ton selama 10 menit, di oven selama 30 menit dengan temperature 180 °C. Pengujian yang dilakukan meliputi uji kekerasan Brinell dan uji keausan Ogoshi. Dari data hasil penelitian uji kekerasan dan keausan diketahui bahwa serbuk aluminium dan serbuk karbon mempengaruhi harga kekerasan dan keausan spesimen kampas, dimana dari serbuk aluminium yang divariasikan sebesar 30%, 20%, dan 10% yang paling baik yaitu serbuk aluminium 30%. Sedangkan sebuk karbon yang divariasikan sebesar 30%, 40%, dan 50% yang paling optimum yaitu serbuk karbon 50%. Jadi komposisi yang akan diaplikasikan sebagai kampas rem yaitu 30% serbuk aluminium, 50% serbuk karbon, 20% serat kelapa dan 20% resin polyester dengan harga kekerasan sebesar 20,447 Kg/mm2 dan harga keausan sebesar 0,000000524 mm2/Kg
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9513
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9513 https://eprints.ums.ac.id/9513/ PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER WIJAYA, ANDESKA TJ Mechanical engineering and machinery Kampas rem merupakan salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan khususnya kendaraan darat. Terutama pada saat kendaraan berkecepatan tinggi fungsi kampas rem memiliki peranan penting, bahkan keselamatan jiwa manusia tergantung pada keampuhan dari bahan kampas rem. Maka diperlukan rancangan khusus pada bahan kampas tersebut. Bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah serbuk aluminium, serbuk karbon, serat kelapa dan resin polyester dengan katalis sebagai pengikatnya. Pembuatan kampas rem dipress dengan beban 2 ton selama 10 menit, di oven selama 30 menit dengan temperature 180 °C. Pengujian yang dilakukan meliputi uji kekerasan Brinell dan uji keausan Ogoshi. Dari data hasil penelitian uji kekerasan dan keausan diketahui bahwa serbuk aluminium dan serbuk karbon mempengaruhi harga kekerasan dan keausan spesimen kampas, dimana dari serbuk aluminium yang divariasikan sebesar 30%, 20%, dan 10% yang paling baik yaitu serbuk aluminium 30%. Sedangkan sebuk karbon yang divariasikan sebesar 30%, 40%, dan 50% yang paling optimum yaitu serbuk karbon 50%. Jadi komposisi yang akan diaplikasikan sebagai kampas rem yaitu 30% serbuk aluminium, 50% serbuk karbon, 20% serat kelapa dan 20% resin polyester dengan harga kekerasan sebesar 20,447 Kg/mm2 dan harga keausan sebesar 0,000000524 mm2/Kg 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9513/1/D200050180.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9513/2/D200050180.pdf WIJAYA, ANDESKA (2010) PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200050180
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
WIJAYA, ANDESKA
PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER
title PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER
title_full PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER
title_fullStr PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER
title_full_unstemmed PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER
title_short PENGARUH VARIASI KOMPOSISI SERBUK ALUMINIUM DAN SERBUK KARBON TERHADAP KEKUATAN AUS DAN KEKERASAN KAMPAS REM DENGAN PENGIKAT RESIN POLYESTER
title_sort pengaruh variasi komposisi serbuk aluminium dan serbuk karbon terhadap kekuatan aus dan kekerasan kampas rem dengan pengikat resin polyester
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/9513/
work_keys_str_mv AT wijayaandeska pengaruhvariasikomposisiserbukaluminiumdanserbukkarbonterhadapkekuatanausdankekerasankampasremdenganpengikatresinpolyester