PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR

Komposit merupakan terobosan baru, yang dihasilkan dari penggabungan dua atau lebih bahan dasar yang disusun secara acak. GFRP (Glass Fika Reinforced Plastic) atau plastik yang diperkuat serat gelas adalah salah satu jenis komposit yang murah dan bagus untuk konstruksi ringan. Pengembangan material...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SASONGKO, ARIMBI JATI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9502/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994829067747328
author SASONGKO, ARIMBI JATI
author_facet SASONGKO, ARIMBI JATI
author_sort SASONGKO, ARIMBI JATI
collection ePrints
description Komposit merupakan terobosan baru, yang dihasilkan dari penggabungan dua atau lebih bahan dasar yang disusun secara acak. GFRP (Glass Fika Reinforced Plastic) atau plastik yang diperkuat serat gelas adalah salah satu jenis komposit yang murah dan bagus untuk konstruksi ringan. Pengembangan material komposit Fiberglas ini untuk mengetahui proses pembuatan cover body dengan komposisi serat acak (E-glass) dengan matriks polyster dengan tambahan katalis mekpo dan juga memperoleh cara proses menentukan / proses pembuatan yang lebih efisien dan efektif dengan kualitas yang baik untuk menghasilkan suatu material alternatif dalam pembuatan cover body pada sepeda motor. Disini katalis dibatasi pembuatan komposit matriks polyester dilakukan dengan mencampur matriks polyester dengan katalis 1: 1/40 oleh karena itu apabila resinnya 2 liter maka katalisnya 50 cc sedang waktu yang diperlukan untuk kering sekitar 2 – 10 jam dari berat jenis resin (Matriks) Polyester. Karena katalis berfungsi memulai dan mempersingkat reaksi kering (mengerasnya cairan retin matriks polyester). Semakin banyak katalis, reaksi kering akan semakin cepat, tetapi juga akan menimbulkan panas yang berlebihan dan bisa merusak produk yang di buat (getas/rapuh). Proses pembuatan cover body meliputi : pembuatan spesimen (desain bentuk asli) sebagai pembuat cetakan, pencetakan molding, pencetakan hasil dari cover body sepeda motor. Pada proses pembuatan cover body dengan hand lay up dan proses pencetakan terbuka. Spesimen (desain bentuk asli) sangat menentukan dari hasil suatu cover body yang sudah jadi. Meminimalkan keberadaan rongga udara (void) pada komposit yang akan dibuat, sehingga akan menaikkan kemampuan suatu cover body.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9502
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9502 https://eprints.ums.ac.id/9502/ PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR SASONGKO, ARIMBI JATI TJ Mechanical engineering and machinery Komposit merupakan terobosan baru, yang dihasilkan dari penggabungan dua atau lebih bahan dasar yang disusun secara acak. GFRP (Glass Fika Reinforced Plastic) atau plastik yang diperkuat serat gelas adalah salah satu jenis komposit yang murah dan bagus untuk konstruksi ringan. Pengembangan material komposit Fiberglas ini untuk mengetahui proses pembuatan cover body dengan komposisi serat acak (E-glass) dengan matriks polyster dengan tambahan katalis mekpo dan juga memperoleh cara proses menentukan / proses pembuatan yang lebih efisien dan efektif dengan kualitas yang baik untuk menghasilkan suatu material alternatif dalam pembuatan cover body pada sepeda motor. Disini katalis dibatasi pembuatan komposit matriks polyester dilakukan dengan mencampur matriks polyester dengan katalis 1: 1/40 oleh karena itu apabila resinnya 2 liter maka katalisnya 50 cc sedang waktu yang diperlukan untuk kering sekitar 2 – 10 jam dari berat jenis resin (Matriks) Polyester. Karena katalis berfungsi memulai dan mempersingkat reaksi kering (mengerasnya cairan retin matriks polyester). Semakin banyak katalis, reaksi kering akan semakin cepat, tetapi juga akan menimbulkan panas yang berlebihan dan bisa merusak produk yang di buat (getas/rapuh). Proses pembuatan cover body meliputi : pembuatan spesimen (desain bentuk asli) sebagai pembuat cetakan, pencetakan molding, pencetakan hasil dari cover body sepeda motor. Pada proses pembuatan cover body dengan hand lay up dan proses pencetakan terbuka. Spesimen (desain bentuk asli) sangat menentukan dari hasil suatu cover body yang sudah jadi. Meminimalkan keberadaan rongga udara (void) pada komposit yang akan dibuat, sehingga akan menaikkan kemampuan suatu cover body. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9502/2/D200980001.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9502/1/D200980001.pdf SASONGKO, ARIMBI JATI (2010) PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200980001
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
SASONGKO, ARIMBI JATI
PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
title PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
title_full PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
title_fullStr PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
title_full_unstemmed PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
title_short PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
title_sort pengembangan material komposit dari bahan fiberglas dengan polyester untuk cover body sepeda motor
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/9502/
work_keys_str_mv AT sasongkoarimbijati pengembanganmaterialkompositdaribahanfiberglasdenganpolyesteruntukcoverbodysepedamotor