PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
Komposit merupakan terobosan baru, yang dihasilkan dari penggabungan dua atau lebih bahan dasar yang disusun secara acak. GFRP (Glass Fika Reinforced Plastic) atau plastik yang diperkuat serat gelas adalah salah satu jenis komposit yang murah dan bagus untuk konstruksi ringan. Pengembangan material...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9502/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994829067747328 |
---|---|
author | SASONGKO, ARIMBI JATI |
author_facet | SASONGKO, ARIMBI JATI |
author_sort | SASONGKO, ARIMBI JATI |
collection | ePrints |
description | Komposit merupakan terobosan baru, yang dihasilkan dari penggabungan dua atau lebih bahan dasar yang disusun secara acak. GFRP (Glass Fika Reinforced Plastic) atau plastik yang diperkuat serat gelas adalah salah satu jenis komposit yang murah dan bagus untuk konstruksi ringan. Pengembangan material komposit Fiberglas ini untuk mengetahui proses pembuatan cover body dengan komposisi serat acak (E-glass) dengan matriks polyster dengan tambahan katalis mekpo dan juga memperoleh cara proses menentukan / proses pembuatan yang lebih efisien dan efektif dengan kualitas yang baik untuk menghasilkan suatu material alternatif dalam pembuatan cover body pada sepeda motor.
Disini katalis dibatasi pembuatan komposit matriks polyester dilakukan dengan mencampur matriks polyester dengan katalis 1: 1/40 oleh karena itu apabila resinnya 2 liter maka katalisnya 50 cc sedang waktu yang diperlukan untuk kering sekitar 2 – 10 jam dari berat jenis resin (Matriks) Polyester. Karena katalis berfungsi memulai dan mempersingkat reaksi kering (mengerasnya cairan retin matriks polyester). Semakin banyak katalis, reaksi kering akan semakin cepat, tetapi juga akan menimbulkan panas yang berlebihan dan bisa merusak produk yang di buat (getas/rapuh). Proses pembuatan cover body meliputi : pembuatan spesimen (desain bentuk asli) sebagai pembuat cetakan, pencetakan molding, pencetakan hasil dari cover body sepeda motor.
Pada proses pembuatan cover body dengan hand lay up dan proses pencetakan terbuka. Spesimen (desain bentuk asli) sangat menentukan dari hasil suatu cover body yang sudah jadi. Meminimalkan keberadaan rongga udara (void) pada komposit yang akan dibuat, sehingga akan menaikkan kemampuan suatu cover body.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9502 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9502 https://eprints.ums.ac.id/9502/ PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR SASONGKO, ARIMBI JATI TJ Mechanical engineering and machinery Komposit merupakan terobosan baru, yang dihasilkan dari penggabungan dua atau lebih bahan dasar yang disusun secara acak. GFRP (Glass Fika Reinforced Plastic) atau plastik yang diperkuat serat gelas adalah salah satu jenis komposit yang murah dan bagus untuk konstruksi ringan. Pengembangan material komposit Fiberglas ini untuk mengetahui proses pembuatan cover body dengan komposisi serat acak (E-glass) dengan matriks polyster dengan tambahan katalis mekpo dan juga memperoleh cara proses menentukan / proses pembuatan yang lebih efisien dan efektif dengan kualitas yang baik untuk menghasilkan suatu material alternatif dalam pembuatan cover body pada sepeda motor. Disini katalis dibatasi pembuatan komposit matriks polyester dilakukan dengan mencampur matriks polyester dengan katalis 1: 1/40 oleh karena itu apabila resinnya 2 liter maka katalisnya 50 cc sedang waktu yang diperlukan untuk kering sekitar 2 – 10 jam dari berat jenis resin (Matriks) Polyester. Karena katalis berfungsi memulai dan mempersingkat reaksi kering (mengerasnya cairan retin matriks polyester). Semakin banyak katalis, reaksi kering akan semakin cepat, tetapi juga akan menimbulkan panas yang berlebihan dan bisa merusak produk yang di buat (getas/rapuh). Proses pembuatan cover body meliputi : pembuatan spesimen (desain bentuk asli) sebagai pembuat cetakan, pencetakan molding, pencetakan hasil dari cover body sepeda motor. Pada proses pembuatan cover body dengan hand lay up dan proses pencetakan terbuka. Spesimen (desain bentuk asli) sangat menentukan dari hasil suatu cover body yang sudah jadi. Meminimalkan keberadaan rongga udara (void) pada komposit yang akan dibuat, sehingga akan menaikkan kemampuan suatu cover body. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9502/2/D200980001.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9502/1/D200980001.pdf SASONGKO, ARIMBI JATI (2010) PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200980001 |
spellingShingle | TJ Mechanical engineering and machinery SASONGKO, ARIMBI JATI PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR |
title | PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
|
title_full | PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
|
title_fullStr | PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
|
title_full_unstemmed | PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
|
title_short | PENGEMBANGAN MATERIAL KOMPOSIT DARI BAHAN FIBERGLAS DENGAN POLYESTER UNTUK COVER BODY SEPEDA MOTOR
|
title_sort | pengembangan material komposit dari bahan fiberglas dengan polyester untuk cover body sepeda motor |
topic | TJ Mechanical engineering and machinery |
url | https://eprints.ums.ac.id/9502/ |
work_keys_str_mv | AT sasongkoarimbijati pengembanganmaterialkompositdaribahanfiberglasdenganpolyesteruntukcoverbodysepedamotor |