PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA

Motor bakar merupakan penggerak mula yang merubah energi termal (energi panas) yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar dan udara menjadi energi mekanik, dimana proses pembakaran tersebut berlangsung dalam motor bakar itu sendiri. Prinsip utama dari motor bakar diesel adalah proses pengkompresian...

Cijeli opis

Spremljeno u:
Bibliografski detalji
Glavni autor: WALUYO, JOKO BROTO
Format: Disertacija
Jezik:English
English
Izdano: 2010
Teme:
Online pristup:https://eprints.ums.ac.id/9501/
Oznake: Dodaj oznaku
Bez oznaka, Budi prvi tko označuje ovaj zapis!
_version_ 1804994828797214720
author WALUYO, JOKO BROTO
author_facet WALUYO, JOKO BROTO
author_sort WALUYO, JOKO BROTO
collection ePrints
description Motor bakar merupakan penggerak mula yang merubah energi termal (energi panas) yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar dan udara menjadi energi mekanik, dimana proses pembakaran tersebut berlangsung dalam motor bakar itu sendiri. Prinsip utama dari motor bakar diesel adalah proses pengkompresian udara di dalam silinder hingga mencapai temperatur yang sangat tinggi, kemudian bahan bakar disemprotkan dengan pengabut (nozzle) ke dalam ruang bakar, sehingga akan menghasilkan suatu pembakaran. Hasil pembakaran tersebut diteruskan ke poros engkol (crank shaft) dengan perantara batang penghubung (connecting rod). Pada poros engkol dipasang roda penerus (fly wheel) yang akan menghimpun dan menyimpan tenaga yang dihasilkan dan sekaligus membuat putaran mesin stabil. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini untuk mengetahui parameter-parameter dalam perecanaan motor bakar diesel, dalam hal ini sebagai penggerak sebuah pompa. Dalam perencanaaan ini terlebih dahulu dihitung putaran (n) dan daya (P) motor bakar diesel yang dibutuhkan untuk menggerakkan pompa. Kemudian dengan analisa termodinamika didapat tekanan (pe) dan parameter-parameter yang lain. Paramter tersebut digunakan untuk menghitung dan merencanakan komponen-komponen utama motor bakar diesel, yang meliputi : piston, connecting rod, silinder, poros engkol, fly nheel, katup, sistem bahan bakar, pendinginan, dan pelumasan. Dari hasil perhitungan dan perencanaan didapatkan daya efektif motor diesel sebesar 90 HP/1900 rpm, tekanan kompresi 4076 kg/cm2, volume langkah 1786, 032 cc, daya motor stater 250 W, pendingin radiator dan tipe pelumasan dengan pompa roda gigi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9501
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9501 https://eprints.ums.ac.id/9501/ PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA WALUYO, JOKO BROTO TJ Mechanical engineering and machinery Motor bakar merupakan penggerak mula yang merubah energi termal (energi panas) yang dihasilkan oleh pembakaran bahan bakar dan udara menjadi energi mekanik, dimana proses pembakaran tersebut berlangsung dalam motor bakar itu sendiri. Prinsip utama dari motor bakar diesel adalah proses pengkompresian udara di dalam silinder hingga mencapai temperatur yang sangat tinggi, kemudian bahan bakar disemprotkan dengan pengabut (nozzle) ke dalam ruang bakar, sehingga akan menghasilkan suatu pembakaran. Hasil pembakaran tersebut diteruskan ke poros engkol (crank shaft) dengan perantara batang penghubung (connecting rod). Pada poros engkol dipasang roda penerus (fly wheel) yang akan menghimpun dan menyimpan tenaga yang dihasilkan dan sekaligus membuat putaran mesin stabil. Tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini untuk mengetahui parameter-parameter dalam perecanaan motor bakar diesel, dalam hal ini sebagai penggerak sebuah pompa. Dalam perencanaaan ini terlebih dahulu dihitung putaran (n) dan daya (P) motor bakar diesel yang dibutuhkan untuk menggerakkan pompa. Kemudian dengan analisa termodinamika didapat tekanan (pe) dan parameter-parameter yang lain. Paramter tersebut digunakan untuk menghitung dan merencanakan komponen-komponen utama motor bakar diesel, yang meliputi : piston, connecting rod, silinder, poros engkol, fly nheel, katup, sistem bahan bakar, pendinginan, dan pelumasan. Dari hasil perhitungan dan perencanaan didapatkan daya efektif motor diesel sebesar 90 HP/1900 rpm, tekanan kompresi 4076 kg/cm2, volume langkah 1786, 032 cc, daya motor stater 250 W, pendingin radiator dan tipe pelumasan dengan pompa roda gigi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9501/1/D200920069.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9501/2/D200920069.pdf WALUYO, JOKO BROTO (2010) PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D200920069
spellingShingle TJ Mechanical engineering and machinery
WALUYO, JOKO BROTO
PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA
title PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA
title_full PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA
title_fullStr PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA
title_full_unstemmed PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA
title_short PERENCANAAN MOTOR BAKAR DIESEL PENGGERAK POMPA
title_sort perencanaan motor bakar diesel penggerak pompa
topic TJ Mechanical engineering and machinery
url https://eprints.ums.ac.id/9501/
work_keys_str_mv AT waluyojokobroto perencanaanmotorbakardieselpenggerakpompa