ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009

Berdasarkan penelitian Badan POM tahun 2003 ada 60% dari 717 iklan produk obat tradisional tidak memenuhi syarat karena materi berisi klaim yang berlebihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesesuaian iklan obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak periode bulan Februari–April 2009 t...

Бүрэн тодорхойлолт

-д хадгалсан:
Номзүйн дэлгэрэнгүй
Үндсэн зохиолч: NUGROHO , ANNO RESPATI
Формат: Дипломын ажил
Хэл сонгох:English
English
Хэвлэсэн: 2010
Нөхцлүүд:
Онлайн хандалт:https://eprints.ums.ac.id/9426/
Шошгууд: Шошго нэмэх
Шошго байхгүй, Энэхүү баримтыг шошголох эхний хүн болох!
_version_ 1804994807617028096
author NUGROHO , ANNO RESPATI
author_facet NUGROHO , ANNO RESPATI
author_sort NUGROHO , ANNO RESPATI
collection ePrints
description Berdasarkan penelitian Badan POM tahun 2003 ada 60% dari 717 iklan produk obat tradisional tidak memenuhi syarat karena materi berisi klaim yang berlebihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesesuaian iklan obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak periode bulan Februari–April 2009 terhadap Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 386/Menkes/SK/IV/1994. Kategori penelitiannya adalah non eksperimental dengan pendekatan deskriptif. Populasinya adalah semua iklan display obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak yaitu koran JP, koran K, koran R, koran SI dan tabloid E periode bulan Februari–April 2009. Sampel adalah iklan display produk jamu yang terpilih. Teknik pengumpulan data dilakukan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, ketidaksesuaiannya meliputi informasi disampaikan tidak objektif (22,73%), informasi disampaikan tidak lengkap (72,72%), menggunakan kata super (13,64%), memuat pernyataan kesembuhan dari seseorang (18,18%), memberikan garansi khasiat (27,27%), tidak diberi kotak hitam (22,73%), tidak mencantumkan nomor pendaftaran (36,36%), mengklaim dapat menyembuhkan penyakit diabetes (4,55%).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9426
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9426 https://eprints.ums.ac.id/9426/ ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009 NUGROHO , ANNO RESPATI RS Pharmacy and materia medica Berdasarkan penelitian Badan POM tahun 2003 ada 60% dari 717 iklan produk obat tradisional tidak memenuhi syarat karena materi berisi klaim yang berlebihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesesuaian iklan obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak periode bulan Februari–April 2009 terhadap Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 386/Menkes/SK/IV/1994. Kategori penelitiannya adalah non eksperimental dengan pendekatan deskriptif. Populasinya adalah semua iklan display obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak yaitu koran JP, koran K, koran R, koran SI dan tabloid E periode bulan Februari–April 2009. Sampel adalah iklan display produk jamu yang terpilih. Teknik pengumpulan data dilakukan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, ketidaksesuaiannya meliputi informasi disampaikan tidak objektif (22,73%), informasi disampaikan tidak lengkap (72,72%), menggunakan kata super (13,64%), memuat pernyataan kesembuhan dari seseorang (18,18%), memberikan garansi khasiat (27,27%), tidak diberi kotak hitam (22,73%), tidak mencantumkan nomor pendaftaran (36,36%), mengklaim dapat menyembuhkan penyakit diabetes (4,55%). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9426/1/K100040147.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9426/2/K100040147.pdf NUGROHO , ANNO RESPATI (2010) ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. K100040147
spellingShingle RS Pharmacy and materia medica
NUGROHO , ANNO RESPATI
ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009
title ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009
title_full ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009
title_fullStr ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009
title_full_unstemmed ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009
title_short ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009
title_sort analisis iklan display produk jamu pada lima media cetak periode bulan februari april 2009
topic RS Pharmacy and materia medica
url https://eprints.ums.ac.id/9426/
work_keys_str_mv AT nugrohoannorespati analisisiklandisplayprodukjamupadalimamediacetakperiodebulanfebruariapril2009