ANALISIS IKLAN DISPLAY PRODUK JAMU PADA LIMA MEDIA CETAK PERIODE BULAN FEBRUARI–APRIL 2009

Berdasarkan penelitian Badan POM tahun 2003 ada 60% dari 717 iklan produk obat tradisional tidak memenuhi syarat karena materi berisi klaim yang berlebihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesesuaian iklan obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak periode bulan Februari–April 2009 t...

全面介紹

Saved in:
書目詳細資料
主要作者: NUGROHO , ANNO RESPATI
格式: Thesis
語言:English
English
出版: 2010
主題:
在線閱讀:https://eprints.ums.ac.id/9426/
標簽: 添加標簽
沒有標簽, 成為第一個標記此記錄!
實物特徵
總結:Berdasarkan penelitian Badan POM tahun 2003 ada 60% dari 717 iklan produk obat tradisional tidak memenuhi syarat karena materi berisi klaim yang berlebihan. Tujuan penelitian untuk mengetahui kesesuaian iklan obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak periode bulan Februari–April 2009 terhadap Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No 386/Menkes/SK/IV/1994. Kategori penelitiannya adalah non eksperimental dengan pendekatan deskriptif. Populasinya adalah semua iklan display obat tradisional terutama jamu pada lima media cetak yaitu koran JP, koran K, koran R, koran SI dan tabloid E periode bulan Februari–April 2009. Sampel adalah iklan display produk jamu yang terpilih. Teknik pengumpulan data dilakukan metode purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis, ketidaksesuaiannya meliputi informasi disampaikan tidak objektif (22,73%), informasi disampaikan tidak lengkap (72,72%), menggunakan kata super (13,64%), memuat pernyataan kesembuhan dari seseorang (18,18%), memberikan garansi khasiat (27,27%), tidak diberi kotak hitam (22,73%), tidak mencantumkan nomor pendaftaran (36,36%), mengklaim dapat menyembuhkan penyakit diabetes (4,55%).