GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008

Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi Pharmaceutical Care (pelayanan kefarmasian). Sebagai konsekuensi, apoteker dituntut untuk meningkatkan peng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: FITRIANTO , WAHID BEKTI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9421/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994806248636416
author FITRIANTO , WAHID BEKTI
author_facet FITRIANTO , WAHID BEKTI
author_sort FITRIANTO , WAHID BEKTI
collection ePrints
description Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi Pharmaceutical Care (pelayanan kefarmasian). Sebagai konsekuensi, apoteker dituntut untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku untuk dapat melaksanakan interaksi langsung dengan pasien. Agar apoteker dapat melaksanakan pelayanan kefarmasian dengan baik, maka diperlukan standar pelayanan kefarmasian di apotek. Standar pelayanan farmasi berdasarkan Kepmenkes No. 1027/SK/MENKES/SK/IX/2004 meliputi pengelolaan sumber daya dan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan standar pelayanan farmasi di apotek Kabupaten Sragen tahun 2008. Jenis penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket di apotek Kabupaten Sragen. Subyek penelitian adalah seluruh apotek di Kabupaten Sragen yang berjumlah 29 apotek dan yang bersedia mengisi angket sebanyak 25 apoteker. Pengumpulan data meliputi deskripsi apotek, apoteker, pengelolaan sumber daya dan pelayanan. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui skor dari angket yang dibuat berdasarkan Kepmenkes No. 1027/SK/MENKES/SK/IX/2004. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan skor pada pengelolaan sumber daya dalam kategori sedang (78,3) dan pengelolaan bidang pelayanan dalam kategori sedang (49).
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9421
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9421 https://eprints.ums.ac.id/9421/ GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008 FITRIANTO , WAHID BEKTI RS Pharmacy and materia medica Tuntutan pasien dan masyarakat akan mutu pelayanan farmasi, mengharuskan adanya perubahan pelayanan dari paradigma lama (drug oriented) ke paradigma baru (patient oriented) dengan filosofi Pharmaceutical Care (pelayanan kefarmasian). Sebagai konsekuensi, apoteker dituntut untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan perilaku untuk dapat melaksanakan interaksi langsung dengan pasien. Agar apoteker dapat melaksanakan pelayanan kefarmasian dengan baik, maka diperlukan standar pelayanan kefarmasian di apotek. Standar pelayanan farmasi berdasarkan Kepmenkes No. 1027/SK/MENKES/SK/IX/2004 meliputi pengelolaan sumber daya dan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran pelaksanaan standar pelayanan farmasi di apotek Kabupaten Sragen tahun 2008. Jenis penelitian observasional dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan dengan menyebarkan angket di apotek Kabupaten Sragen. Subyek penelitian adalah seluruh apotek di Kabupaten Sragen yang berjumlah 29 apotek dan yang bersedia mengisi angket sebanyak 25 apoteker. Pengumpulan data meliputi deskripsi apotek, apoteker, pengelolaan sumber daya dan pelayanan. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengetahui skor dari angket yang dibuat berdasarkan Kepmenkes No. 1027/SK/MENKES/SK/IX/2004. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan skor pada pengelolaan sumber daya dalam kategori sedang (78,3) dan pengelolaan bidang pelayanan dalam kategori sedang (49). 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9421/1/K100040146.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9421/2/K100040146.pdf FITRIANTO , WAHID BEKTI (2010) GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. K100040146
spellingShingle RS Pharmacy and materia medica
FITRIANTO , WAHID BEKTI
GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008
title GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008
title_full GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008
title_fullStr GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008
title_full_unstemmed GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008
title_short GAMBARAN PELAKSANAAN STANDAR PELAYANAN KEFARMASIAN DI APOTEK KABUPATEN SRAGEN TAHUN 2008
title_sort gambaran pelaksanaan standar pelayanan kefarmasian di apotek kabupaten sragen tahun 2008
topic RS Pharmacy and materia medica
url https://eprints.ums.ac.id/9421/
work_keys_str_mv AT fitriantowahidbekti gambaranpelaksanaanstandarpelayanankefarmasiandiapotekkabupatensragentahun2008