PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO

Pengenalan pendidikan seni merupakan salah satu pengembangan kreativitas anak. Pelaksanaan pendidikan seni dapat dilakukan melalui kegiatan permainan. Tujuan Pendidikan seni bukan untuk membina anak-anak menjadi seniman, melainkan untuk mendidik anak menjadi kreatif. Melalui seni, dapat mendidik ana...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fauzan, Muhammad Fatah
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9338/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994783463079936
author Fauzan, Muhammad Fatah
author_facet Fauzan, Muhammad Fatah
author_sort Fauzan, Muhammad Fatah
collection ePrints
description Pengenalan pendidikan seni merupakan salah satu pengembangan kreativitas anak. Pelaksanaan pendidikan seni dapat dilakukan melalui kegiatan permainan. Tujuan Pendidikan seni bukan untuk membina anak-anak menjadi seniman, melainkan untuk mendidik anak menjadi kreatif. Melalui seni, dapat mendidik anak dan membina kreativitasnya sedini mungkin. Dengan kesadaran estetik seni adalah muara pendidikan seni yang dapat ditumbuhkan sejak usia dini sesuai dengan perkembangan anak, melalui apresiasi seni. Apresiasi berarti pula penghargaan terhadap sesuatu, dalam hal ini penghargaan terhadap pelaku seni dan karya seni. Apresiasi seni harus ditumbuhkan dan dikembangkan pada anak. Cara menumbuhkan apresiasi dengan seni rupa dan seni musik yang sangat berperan penting bagi perkembangan kecerdasan anak. Kota Surakarta merupakan wilayah yang mempunyai potensi pendidikan baik formal maupun nonformal dalam bidang seni bagi terbinanya pelatihan seni dan pengolahan bakat minat seni untuk melestarikan kebudayaan kesenian di Surakarta. Sanggar Seni Rupa dan Musik Tradisional Anak di Solo adalah sebuah tempat/wadah pelatihan seni rupa dan musik tradisional anak yang berada di surakarta sebagai sarana pendidikan nonformal dalam bidang seni rupa dan musik tradisional. yang mempunyai misi utama untuk membina dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan anak-anak usia 2-12 tahun. dimana dengan penampilan bangunan tradisional dan pengolahan penampilan interior yang sesuai dengan perkembangan anak dan penyediaan sarana fasilitas, dimana bertujuan menarik kreativitas anak-anak untuk belajar seni rupa dan seni musik tradisional.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9338
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9338 https://eprints.ums.ac.id/9338/ PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO Fauzan, Muhammad Fatah NA Architecture NX Arts in general Pengenalan pendidikan seni merupakan salah satu pengembangan kreativitas anak. Pelaksanaan pendidikan seni dapat dilakukan melalui kegiatan permainan. Tujuan Pendidikan seni bukan untuk membina anak-anak menjadi seniman, melainkan untuk mendidik anak menjadi kreatif. Melalui seni, dapat mendidik anak dan membina kreativitasnya sedini mungkin. Dengan kesadaran estetik seni adalah muara pendidikan seni yang dapat ditumbuhkan sejak usia dini sesuai dengan perkembangan anak, melalui apresiasi seni. Apresiasi berarti pula penghargaan terhadap sesuatu, dalam hal ini penghargaan terhadap pelaku seni dan karya seni. Apresiasi seni harus ditumbuhkan dan dikembangkan pada anak. Cara menumbuhkan apresiasi dengan seni rupa dan seni musik yang sangat berperan penting bagi perkembangan kecerdasan anak. Kota Surakarta merupakan wilayah yang mempunyai potensi pendidikan baik formal maupun nonformal dalam bidang seni bagi terbinanya pelatihan seni dan pengolahan bakat minat seni untuk melestarikan kebudayaan kesenian di Surakarta. Sanggar Seni Rupa dan Musik Tradisional Anak di Solo adalah sebuah tempat/wadah pelatihan seni rupa dan musik tradisional anak yang berada di surakarta sebagai sarana pendidikan nonformal dalam bidang seni rupa dan musik tradisional. yang mempunyai misi utama untuk membina dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan anak-anak usia 2-12 tahun. dimana dengan penampilan bangunan tradisional dan pengolahan penampilan interior yang sesuai dengan perkembangan anak dan penyediaan sarana fasilitas, dimana bertujuan menarik kreativitas anak-anak untuk belajar seni rupa dan seni musik tradisional. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9338/1/D300050013.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9338/2/D300050013.pdf Fauzan, Muhammad Fatah (2010) PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D300050013
spellingShingle NA Architecture
NX Arts in general
Fauzan, Muhammad Fatah
PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO
title PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO
title_full PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO
title_fullStr PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO
title_full_unstemmed PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO
title_short PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO
title_sort perencanaan dan perancangan arsitektur sanggar seni rupa dan musik tradisional anak di solo
topic NA Architecture
NX Arts in general
url https://eprints.ums.ac.id/9338/
work_keys_str_mv AT fauzanmuhammadfatah perencanaandanperancanganarsitektursanggarsenirupadanmusiktradisionalanakdisolo