PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SANGGAR SENI RUPA DAN MUSIK TRADISIONAL ANAK DI SOLO

Pengenalan pendidikan seni merupakan salah satu pengembangan kreativitas anak. Pelaksanaan pendidikan seni dapat dilakukan melalui kegiatan permainan. Tujuan Pendidikan seni bukan untuk membina anak-anak menjadi seniman, melainkan untuk mendidik anak menjadi kreatif. Melalui seni, dapat mendidik ana...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fauzan, Muhammad Fatah
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9338/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pengenalan pendidikan seni merupakan salah satu pengembangan kreativitas anak. Pelaksanaan pendidikan seni dapat dilakukan melalui kegiatan permainan. Tujuan Pendidikan seni bukan untuk membina anak-anak menjadi seniman, melainkan untuk mendidik anak menjadi kreatif. Melalui seni, dapat mendidik anak dan membina kreativitasnya sedini mungkin. Dengan kesadaran estetik seni adalah muara pendidikan seni yang dapat ditumbuhkan sejak usia dini sesuai dengan perkembangan anak, melalui apresiasi seni. Apresiasi berarti pula penghargaan terhadap sesuatu, dalam hal ini penghargaan terhadap pelaku seni dan karya seni. Apresiasi seni harus ditumbuhkan dan dikembangkan pada anak. Cara menumbuhkan apresiasi dengan seni rupa dan seni musik yang sangat berperan penting bagi perkembangan kecerdasan anak. Kota Surakarta merupakan wilayah yang mempunyai potensi pendidikan baik formal maupun nonformal dalam bidang seni bagi terbinanya pelatihan seni dan pengolahan bakat minat seni untuk melestarikan kebudayaan kesenian di Surakarta. Sanggar Seni Rupa dan Musik Tradisional Anak di Solo adalah sebuah tempat/wadah pelatihan seni rupa dan musik tradisional anak yang berada di surakarta sebagai sarana pendidikan nonformal dalam bidang seni rupa dan musik tradisional. yang mempunyai misi utama untuk membina dan mengembangkan apresiasi seni di kalangan anak-anak usia 2-12 tahun. dimana dengan penampilan bangunan tradisional dan pengolahan penampilan interior yang sesuai dengan perkembangan anak dan penyediaan sarana fasilitas, dimana bertujuan menarik kreativitas anak-anak untuk belajar seni rupa dan seni musik tradisional.