PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING

Kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas seseorang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang seseorang terutama pada seusia remaja SMA. Lingkungan menjadi faktor utama untuk mengembangkannya yakni adanya faktor lingkungan yang berbeda antara siswa boarding dan siswa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ROKMANA, ATTIN SETYANINGSIH
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9320/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994778758119424
author ROKMANA, ATTIN SETYANINGSIH
author_facet ROKMANA, ATTIN SETYANINGSIH
author_sort ROKMANA, ATTIN SETYANINGSIH
collection ePrints
description Kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas seseorang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang seseorang terutama pada seusia remaja SMA. Lingkungan menjadi faktor utama untuk mengembangkannya yakni adanya faktor lingkungan yang berbeda antara siswa boarding dan siswa non boarding bisa menimbulkan dampak yang berbeda pula dalam hal kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas siswa. Siswa boarding maupun siswa non boarding yang memiliki kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas yang baik dan seimbang bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah ada perbedaan rerata kompetensi hubungan interpersonal antara siswa boarding dengan siswa non boarding, 2) apakah ada perbedaan rerata religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah ada perbedaan rerata kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa boarding dan siswa non boarding. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa boarding yang berjumlah 30 siswa dan siswa non boarding yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive cluster non random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kompetensi hubungan interpersonal dan skala religiusitas. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 15.00 dengan analisis anava 1-jalur. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan siswa boarding pada variabel kompetensi hubungan interpersonal diperoleh mean 95,20 dan siswa non boarding diperoleh mean 106,97 dengan F sebesar 21,449 pada taraf signifikansi 0,000 (p ≤ 0,01) sedangkan pada variabel religiusitas siswa boarding diperoleh mean 155,63 dan siswa non boarding diperoleh mean 144,47 dengan F sebesar 14,425 pada taraf signifikansi 0,000 (p ≤ 0,01). Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa ada perbedaan rerata yang sangat signifikan kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Hasil rerata empirik (RE) variabel kompetensi hubungan interpersonal pada siswa boarding sebesar 95,20 dan siswa non boarding sebesar 106,97 dengan rerata hipotetik (RH) sebesar 90. Artinya kompetensi hubungan interpersonal pada siswa boarding tergolong sedang sedangkan siswa non boarding tergolong tinggi. Dan hasil rerata empirik (RE) variabel religiusitas pada siswa boarding sebesar 155,63 dan siswa non boarding sebesar 144,47 dengan rerata hipotetik (RH) = 112,5. Artinya religiusitas pada siswa boarding tergolong sangat tinggi sedangkan siswa non boarding tergolong tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada perbedaan rerata yang sangat signifikan kompetensi hubungan interpersonal antara siswa boarding dengan siswa non boarding dan ada perbedaan rerata yang sangat signifikan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9320
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9320 https://eprints.ums.ac.id/9320/ PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING ROKMANA, ATTIN SETYANINGSIH BF Religion and Philosophy Kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas seseorang merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku menyimpang seseorang terutama pada seusia remaja SMA. Lingkungan menjadi faktor utama untuk mengembangkannya yakni adanya faktor lingkungan yang berbeda antara siswa boarding dan siswa non boarding bisa menimbulkan dampak yang berbeda pula dalam hal kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas siswa. Siswa boarding maupun siswa non boarding yang memiliki kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas yang baik dan seimbang bisa dijadikan pedoman dalam kehidupan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) apakah ada perbedaan rerata kompetensi hubungan interpersonal antara siswa boarding dengan siswa non boarding, 2) apakah ada perbedaan rerata religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Hipotesis yang diajukan oleh penulis adalah ada perbedaan rerata kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa boarding dan siswa non boarding. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa boarding yang berjumlah 30 siswa dan siswa non boarding yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive cluster non random sampling. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kompetensi hubungan interpersonal dan skala religiusitas. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 15.00 dengan analisis anava 1-jalur. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan siswa boarding pada variabel kompetensi hubungan interpersonal diperoleh mean 95,20 dan siswa non boarding diperoleh mean 106,97 dengan F sebesar 21,449 pada taraf signifikansi 0,000 (p ≤ 0,01) sedangkan pada variabel religiusitas siswa boarding diperoleh mean 155,63 dan siswa non boarding diperoleh mean 144,47 dengan F sebesar 14,425 pada taraf signifikansi 0,000 (p ≤ 0,01). Dari hasil analisis tersebut diketahui bahwa ada perbedaan rerata yang sangat signifikan kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding. Hasil rerata empirik (RE) variabel kompetensi hubungan interpersonal pada siswa boarding sebesar 95,20 dan siswa non boarding sebesar 106,97 dengan rerata hipotetik (RH) sebesar 90. Artinya kompetensi hubungan interpersonal pada siswa boarding tergolong sedang sedangkan siswa non boarding tergolong tinggi. Dan hasil rerata empirik (RE) variabel religiusitas pada siswa boarding sebesar 155,63 dan siswa non boarding sebesar 144,47 dengan rerata hipotetik (RH) = 112,5. Artinya religiusitas pada siswa boarding tergolong sangat tinggi sedangkan siswa non boarding tergolong tinggi. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah ada perbedaan rerata yang sangat signifikan kompetensi hubungan interpersonal antara siswa boarding dengan siswa non boarding dan ada perbedaan rerata yang sangat signifikan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9320/1/F100060104.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9320/2/F100060104.pdf ROKMANA, ATTIN SETYANINGSIH (2010) PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060104
spellingShingle BF Religion and Philosophy
ROKMANA, ATTIN SETYANINGSIH
PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING
title PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING
title_full PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING
title_fullStr PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING
title_full_unstemmed PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING
title_short PERBEDAAN KOMPETENSI HUBUNGAN INTERPERSONAL DAN RELIGIUSITAS ANTARA SISWA BOARDING DENGAN SISWA NON BOARDING
title_sort perbedaan kompetensi hubungan interpersonal dan religiusitas antara siswa boarding dengan siswa non boarding
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9320/
work_keys_str_mv AT rokmanaattinsetyaningsih perbedaankompetensihubunganinterpersonaldanreligiusitasantarasiswaboardingdengansiswanonboarding