EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH

Ujian bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkah laku, baik potensial maupun aktual dan kecakapan baru yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Tetapi sering kali siswa menganggap tes sebagai momok sehingga timbul kecemasan ketika harus menghadapi tes. Hal tersebut diseba...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: NURYANTI, NURYANTI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9318/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994778167771136
author NURYANTI, NURYANTI
author_facet NURYANTI, NURYANTI
author_sort NURYANTI, NURYANTI
collection ePrints
description Ujian bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkah laku, baik potensial maupun aktual dan kecakapan baru yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Tetapi sering kali siswa menganggap tes sebagai momok sehingga timbul kecemasan ketika harus menghadapi tes. Hal tersebut disebabkan karena adanya persepsi yang kuat dalam diri siswa pada umumnya dimana nilai tes yang baik merupakan tanda kesuksesan belajar sedangkan nilai tes yang rendah merupakan kegagalan dalam belajar. Adanya persepsi tersebut membuat siswa menganggap bahwa nilai adalah satu-satunya indikator terpenting, dilain pihak masyarakat juga sering kali menilai keberhasilan seorang siswa semata-mata berdasarkan pada nilai tes, indeks prestasi (IP), dan rangking yang berhasil diperoleh sehingga nilai tes sering kali menjadi tujuan utama yang harus diraih oleh siswa (Azwar, dalam Fajri, 2008). Mengingat kecemasan tidak saja bersifat somatis tetapi psikosomatis maka harus ada pelatihan untuk menurunkan kecemasan tersebut, salah satu pelatihan yang dapat digunakan adalah Brain Gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Brain Gym dalam menurunkan kecemasan siswa mengadapi ujian sekolah. Hipotesis yang diajukan adalah Brain Gym efektif dalam menurunkan kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa Sekolah Dasar Negeri Serengan 1 No.70. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive non random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa-siswa dengan ciri-ciri: a) siswa-siswi kelas 5; b) berusia 10-12 tahun; c) memiliki tingkat kecemasan siswa yang masuk dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann Whitney U Test. Diperoleh nilai sebesar U= 21.000; p= 0.002 (p< 0,05). Nilai rata-rata skala kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah pada kelompok eksperimen sebesar 8.25, sedangkan nilai rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 16.75. Nilai rata-rata tersebut dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya pemberian pelatihan Brain gym sangat efektif dalam menurunkan kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9318
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9318 https://eprints.ums.ac.id/9318/ EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH NURYANTI, NURYANTI BF Religion and Philosophy Ujian bertujuan untuk mengetahui perubahan tingkah laku, baik potensial maupun aktual dan kecakapan baru yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar. Tetapi sering kali siswa menganggap tes sebagai momok sehingga timbul kecemasan ketika harus menghadapi tes. Hal tersebut disebabkan karena adanya persepsi yang kuat dalam diri siswa pada umumnya dimana nilai tes yang baik merupakan tanda kesuksesan belajar sedangkan nilai tes yang rendah merupakan kegagalan dalam belajar. Adanya persepsi tersebut membuat siswa menganggap bahwa nilai adalah satu-satunya indikator terpenting, dilain pihak masyarakat juga sering kali menilai keberhasilan seorang siswa semata-mata berdasarkan pada nilai tes, indeks prestasi (IP), dan rangking yang berhasil diperoleh sehingga nilai tes sering kali menjadi tujuan utama yang harus diraih oleh siswa (Azwar, dalam Fajri, 2008). Mengingat kecemasan tidak saja bersifat somatis tetapi psikosomatis maka harus ada pelatihan untuk menurunkan kecemasan tersebut, salah satu pelatihan yang dapat digunakan adalah Brain Gym. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Brain Gym dalam menurunkan kecemasan siswa mengadapi ujian sekolah. Hipotesis yang diajukan adalah Brain Gym efektif dalam menurunkan kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswa Sekolah Dasar Negeri Serengan 1 No.70. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive non random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa-siswa dengan ciri-ciri: a) siswa-siswi kelas 5; b) berusia 10-12 tahun; c) memiliki tingkat kecemasan siswa yang masuk dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann Whitney U Test. Diperoleh nilai sebesar U= 21.000; p= 0.002 (p< 0,05). Nilai rata-rata skala kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah pada kelompok eksperimen sebesar 8.25, sedangkan nilai rata-rata pada kelompok kontrol sebesar 16.75. Nilai rata-rata tersebut dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya pemberian pelatihan Brain gym sangat efektif dalam menurunkan kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9318/1/F100060082.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9318/2/F100060082.pdf NURYANTI, NURYANTI (2010) EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060082
spellingShingle BF Religion and Philosophy
NURYANTI, NURYANTI
EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH
title EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH
title_full EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH
title_fullStr EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH
title_full_unstemmed EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH
title_short EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENURUNKAN KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH
title_sort efektivitas brain gym dalam menurunkan kecemasan siswa menghadapi ujian sekolah
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9318/
work_keys_str_mv AT nuryantinuryanti efektivitasbraingymdalammenurunkankecemasansiswamenghadapiujiansekolah