KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH

Masa anak merupakan masa pembentukan karakter moral, salah satunya adalah pembentukan empati. Kemampuan berempati adalah kemampuan anak untuk mengembangkan rasa kepedulian, perhatian, dan tenggang rasa kepada orang lain melalui sikap peduli, dermawan, dan ramah terhadap sesama. Kemampuan berempati d...

Descrición completa

Gardado en:
Detalles Bibliográficos
Autor Principal: ARDHANI, YUNITA AYU
Formato: Thesis
Idioma:English
English
Publicado: 2010
Subjects:
Acceso en liña:https://eprints.ums.ac.id/9317/
Tags: Engadir etiqueta
Sen Etiquetas, Sexa o primeiro en etiquetar este rexistro!
_version_ 1804994777869975552
author ARDHANI, YUNITA AYU
author_facet ARDHANI, YUNITA AYU
author_sort ARDHANI, YUNITA AYU
collection ePrints
description Masa anak merupakan masa pembentukan karakter moral, salah satunya adalah pembentukan empati. Kemampuan berempati adalah kemampuan anak untuk mengembangkan rasa kepedulian, perhatian, dan tenggang rasa kepada orang lain melalui sikap peduli, dermawan, dan ramah terhadap sesama. Kemampuan berempati dapat berkembang seiring dengan interaksi anak dengan orang lain, salah satunya adalah teman sebaya. Interaksi teman sebaya adalah hubungan pertemanan yang terjadi atas dasar interes dan aktivitas bersama antara anak dengan anak-anak lain yang usianya kurang lebih sama dengannya. Teman sebaya merupakan sumber informasi untuk mengetahui nilai dan bagaimana bersikap baik melalui modelling dan reinforcement. Dengan berinteraksi dengan teman sebaya diharapkan berpengaruh pada peningkatan kemampuan berempati pada anak. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati pada anak usia sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati, (2) mengetahui peranan interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati, dan (3) mengetahui tingkat interaksi teman sebaya dan kemampuan berempati pada anak usia sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV dan V SDIT Assalamah Ungaran yang berjumlah 183 siswa dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa-siswi kelas IV.Al Faruqi, IV.Az Zahrawi, V.Al Idrisi, dan V.Al Buzjani yang berjumlah 123 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket berupa skala, yaitu skala interaksi teman sebaya dan skala kemampuan berempati. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Product Moment diperoleh r = 0,396 dan p<0,01. Adapun koefisien determinan (r2) = 0,157, ini berarti ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati sebesar 15,7%. Interaksi teman sebaya pada subjek penelitian tergolong tinggi. Kemampuan berempati pada subjek penelitian tergolong tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati pada anak usia sekolah.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9317
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9317 https://eprints.ums.ac.id/9317/ KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH ARDHANI, YUNITA AYU BF Religion and Philosophy Masa anak merupakan masa pembentukan karakter moral, salah satunya adalah pembentukan empati. Kemampuan berempati adalah kemampuan anak untuk mengembangkan rasa kepedulian, perhatian, dan tenggang rasa kepada orang lain melalui sikap peduli, dermawan, dan ramah terhadap sesama. Kemampuan berempati dapat berkembang seiring dengan interaksi anak dengan orang lain, salah satunya adalah teman sebaya. Interaksi teman sebaya adalah hubungan pertemanan yang terjadi atas dasar interes dan aktivitas bersama antara anak dengan anak-anak lain yang usianya kurang lebih sama dengannya. Teman sebaya merupakan sumber informasi untuk mengetahui nilai dan bagaimana bersikap baik melalui modelling dan reinforcement. Dengan berinteraksi dengan teman sebaya diharapkan berpengaruh pada peningkatan kemampuan berempati pada anak. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati pada anak usia sekolah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati, (2) mengetahui peranan interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati, dan (3) mengetahui tingkat interaksi teman sebaya dan kemampuan berempati pada anak usia sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas IV dan V SDIT Assalamah Ungaran yang berjumlah 183 siswa dan yang menjadi sampel penelitian adalah siswa-siswi kelas IV.Al Faruqi, IV.Az Zahrawi, V.Al Idrisi, dan V.Al Buzjani yang berjumlah 123 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik angket berupa skala, yaitu skala interaksi teman sebaya dan skala kemampuan berempati. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan Product Moment diperoleh r = 0,396 dan p<0,01. Adapun koefisien determinan (r2) = 0,157, ini berarti ada hubungan positif antara interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati sebesar 15,7%. Interaksi teman sebaya pada subjek penelitian tergolong tinggi. Kemampuan berempati pada subjek penelitian tergolong tinggi. Kesimpulan dari penelitian ini ada hubungan positif yang sangat signifikan antara interaksi teman sebaya dengan kemampuan berempati pada anak usia sekolah. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9317/1/F100060079.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9317/2/F100060079.pdf ARDHANI, YUNITA AYU (2010) KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060079
spellingShingle BF Religion and Philosophy
ARDHANI, YUNITA AYU
KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH
title KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH
title_full KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH
title_fullStr KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH
title_full_unstemmed KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH
title_short KEMAMPUAN BEREMPATI DITINJAU DARI INTERAKSI TEMAN SEBAYA PADA ANAK USIA SEKOLAH
title_sort kemampuan berempati ditinjau dari interaksi teman sebaya pada anak usia sekolah
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9317/
work_keys_str_mv AT ardhaniyunitaayu kemampuanberempatiditinjaudariinteraksitemansebayapadaanakusiasekolah