PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL

Kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional merupakan perasaan takut mengalami kegagalan apabila tidak dapat mengerjakan Ujian Nasional dengan baik. Perasaan tersebut dapat terjadi karena kurang adanya persiapan yang optimal. Alternatif keikutsertaan bimbingan belajar merupakan salah satu persia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Millatina, Amila
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9307/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994774919282688
author Millatina, Amila
author_facet Millatina, Amila
author_sort Millatina, Amila
collection ePrints
description Kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional merupakan perasaan takut mengalami kegagalan apabila tidak dapat mengerjakan Ujian Nasional dengan baik. Perasaan tersebut dapat terjadi karena kurang adanya persiapan yang optimal. Alternatif keikutsertaan bimbingan belajar merupakan salah satu persiapan yang bisa dilakukan oleh siswa dalam mengurangi rasa cemas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional dan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi MTsN Tinawas Nogosari Boyolali kelas IX. Pengelompokan partisipan dilakukan dengan screening. Hasil screening menunjukkan terdapat 16 orang untuk kelompok eksperimen 1, 16 orang untuk kelompok eksperimen 2, dan 16 orang untuk kelompok kontrol. Kelompok eksperimen 1 adalah kelompok bimbingan belajar privat, kelompok eksperimen 2 adalah kelompok bimbingan belajar regular (kelompok), sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Tekhnik pengambilan partisipan dengan menggunakan tekhnik purposive non random sampling yakni tekhnik pengambilan sampel tanpa memberikan peluang yang sama pada subjek yang menjadi anggota populasi. Pengumpulan data menggunakan skala kecemasan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan hasil analisis Anava K-W antar kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2 dan kelompok kontrol sebesar H = 12,817; p = 0,002 (p < 0,01). Hal tersebut juga ditunjukkan dengan rerata kelompok eksperimen 1 sebesar 15,563, kemudian rerata kelompok eksperimen 2 sebesar 24,656 dan rerata kelompok kontrol sebesar 33,281. Hasil tersebut membuktikan adanya perbedaan antara kelompok eksperimen 1, eksperimen 2, dan kelompok kontrol, yang artinya terdapat perbedaan tingkat kecemasan antara siswa yang mengikuti kelas bimbingan belajar privat, kelas kelompok, dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Artinya siswa yang mengikuti bimbingan belajar kelas privat akan lebih mampu mengurangi rasa cemasnya dalam menghadapi ujian nasional dibandingkan dengan siswa yang mengikuti bimbingan belajar kelas kelompok maupun yang tidak mengikuti kelas dalam bimbingan belajar.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9307
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9307 https://eprints.ums.ac.id/9307/ PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL Millatina, Amila BF Religion and Philosophy Kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional merupakan perasaan takut mengalami kegagalan apabila tidak dapat mengerjakan Ujian Nasional dengan baik. Perasaan tersebut dapat terjadi karena kurang adanya persiapan yang optimal. Alternatif keikutsertaan bimbingan belajar merupakan salah satu persiapan yang bisa dilakukan oleh siswa dalam mengurangi rasa cemas.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional dan untuk mengetahui tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Hipotesis yang diajukan adalah ada pengaruh bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi MTsN Tinawas Nogosari Boyolali kelas IX. Pengelompokan partisipan dilakukan dengan screening. Hasil screening menunjukkan terdapat 16 orang untuk kelompok eksperimen 1, 16 orang untuk kelompok eksperimen 2, dan 16 orang untuk kelompok kontrol. Kelompok eksperimen 1 adalah kelompok bimbingan belajar privat, kelompok eksperimen 2 adalah kelompok bimbingan belajar regular (kelompok), sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Tekhnik pengambilan partisipan dengan menggunakan tekhnik purposive non random sampling yakni tekhnik pengambilan sampel tanpa memberikan peluang yang sama pada subjek yang menjadi anggota populasi. Pengumpulan data menggunakan skala kecemasan menghadapi Ujian Nasional. Berdasarkan hasil analisis Anava K-W antar kelompok eksperimen 1, kelompok eksperimen 2 dan kelompok kontrol sebesar H = 12,817; p = 0,002 (p < 0,01). Hal tersebut juga ditunjukkan dengan rerata kelompok eksperimen 1 sebesar 15,563, kemudian rerata kelompok eksperimen 2 sebesar 24,656 dan rerata kelompok kontrol sebesar 33,281. Hasil tersebut membuktikan adanya perbedaan antara kelompok eksperimen 1, eksperimen 2, dan kelompok kontrol, yang artinya terdapat perbedaan tingkat kecemasan antara siswa yang mengikuti kelas bimbingan belajar privat, kelas kelompok, dan yang tidak mengikuti bimbingan belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi Ujian Nasional. Artinya siswa yang mengikuti bimbingan belajar kelas privat akan lebih mampu mengurangi rasa cemasnya dalam menghadapi ujian nasional dibandingkan dengan siswa yang mengikuti bimbingan belajar kelas kelompok maupun yang tidak mengikuti kelas dalam bimbingan belajar. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9307/2/F100060071.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9307/1/F100060071.pdf Millatina, Amila (2010) PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060071
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Millatina, Amila
PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
title PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
title_full PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
title_fullStr PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
title_full_unstemmed PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
title_short PENGARUH BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP KECEMASAN SISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL
title_sort pengaruh bimbingan belajar terhadap kecemasan siswa dalam menghadapi ujian nasional
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9307/
work_keys_str_mv AT millatinaamila pengaruhbimbinganbelajarterhadapkecemasansiswadalammenghadapiujiannasional