EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK

Kosakata yang dikuasai anak mempunyai kaitan erat dengan prestasi sekolah secara keseluruhan Robbins dan Ehri (dalam wulan, 2004). Penguasaan kosakata memilki fungsi yang amat penting dalam perkembangan anak, karena anak yang menguasai banyak kosakata, cenderung memiliki rasa percaya diri dan dapat...

Ausführliche Beschreibung

Gespeichert in:
Bibliographische Detailangaben
1. Verfasser: ASTIPURI, RATIH
Format: Abschlussarbeit
Sprache:English
English
Veröffentlicht: 2010
Schlagworte:
Online Zugang:https://eprints.ums.ac.id/9306/
Tags: Tag hinzufügen
Keine Tags, Fügen Sie den ersten Tag hinzu!
_version_ 1804994774631972864
author ASTIPURI, RATIH
author_facet ASTIPURI, RATIH
author_sort ASTIPURI, RATIH
collection ePrints
description Kosakata yang dikuasai anak mempunyai kaitan erat dengan prestasi sekolah secara keseluruhan Robbins dan Ehri (dalam wulan, 2004). Penguasaan kosakata memilki fungsi yang amat penting dalam perkembangan anak, karena anak yang menguasai banyak kosakata, cenderung memiliki rasa percaya diri dan dapat mempengaruhi teman sebaya untuk bertingkah laku seperti yang diharapkannya dari pada anak yang kosakatanya terbatas (Hamboro dalam wulan, 2004). Bernard (dalam wulan, 2004) mengatakan suatu hasil penelitian menunjukkan bahwa para eksekutif di bidang bisnis mempunyai rata-rata kosakata yang tinggi. Penguasaan kosakata anak-anak di indonesia umumnya masih rendah, hal ini diungkapkan oleh (Hamboro dalam wulan, 2004) berdasarkan pengamatan yang dilakukan dalam pengetasan inteligensi anak khususnya subtes kosakata. Pada subtes ini anak-anak umumnya mengalami kesulitan dengan memberikan respon walaupun hasil tes inteligensi menunjukkan tingkat inteligensi anak-anak tersebut berada pada tingkat rata-rata atau bahkan di atas rata-rata. Pelatihan Brain Gym ini merupakan upaya untuk membuat perasaan subjek menjadi lebih tenang, badan menjadi lebih segar yang nantinya akan membawa perubahan didalam diri subjek. Dalam pelatihan ini subjek diminta untuk melakukan gerakan Brain Gym dan merasakannya dengan dipandu oleh trainer. Dengan sentuhan lembut dan gerakan dari Brain Gym akan menimbulkan berbagai reaksi pada perasaan kita, sehingga mempengaruhi kondisi fisik agar mampu menambah vocabulary dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas brain gym dalam meningkatkan vocabulary pada anak. Hipotesis yang diajukan adalah brain gym efektif dalam meningkatkan vocabulary pada anak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri Mancasan 01. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa-siswi kelas 4 SD Negeri Mancasan 01 yang berusia 10-11 tahun. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tes vocabulary untuk mengukur banyaknya kosakata yang dimiliki pada anak. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann-Whitney U Test. Diperoleh nilai sebesar U= -9.500 p= 0.015 (p< 0,05). Nilai rata-rata gainscore tes vocabulary pada kelompok eksperimen sebesar 11.31 sedangkan nilai rata-rata gainscore pada kelompok kontrol sebesar 5.69. Nilai rata-rata gainscore ini dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata gainscore pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya pemberian brain gym sangat efektif dalam meningkatkan vocabulary pada anak.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9306
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9306 https://eprints.ums.ac.id/9306/ EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK ASTIPURI, RATIH BF Religion and Philosophy Kosakata yang dikuasai anak mempunyai kaitan erat dengan prestasi sekolah secara keseluruhan Robbins dan Ehri (dalam wulan, 2004). Penguasaan kosakata memilki fungsi yang amat penting dalam perkembangan anak, karena anak yang menguasai banyak kosakata, cenderung memiliki rasa percaya diri dan dapat mempengaruhi teman sebaya untuk bertingkah laku seperti yang diharapkannya dari pada anak yang kosakatanya terbatas (Hamboro dalam wulan, 2004). Bernard (dalam wulan, 2004) mengatakan suatu hasil penelitian menunjukkan bahwa para eksekutif di bidang bisnis mempunyai rata-rata kosakata yang tinggi. Penguasaan kosakata anak-anak di indonesia umumnya masih rendah, hal ini diungkapkan oleh (Hamboro dalam wulan, 2004) berdasarkan pengamatan yang dilakukan dalam pengetasan inteligensi anak khususnya subtes kosakata. Pada subtes ini anak-anak umumnya mengalami kesulitan dengan memberikan respon walaupun hasil tes inteligensi menunjukkan tingkat inteligensi anak-anak tersebut berada pada tingkat rata-rata atau bahkan di atas rata-rata. Pelatihan Brain Gym ini merupakan upaya untuk membuat perasaan subjek menjadi lebih tenang, badan menjadi lebih segar yang nantinya akan membawa perubahan didalam diri subjek. Dalam pelatihan ini subjek diminta untuk melakukan gerakan Brain Gym dan merasakannya dengan dipandu oleh trainer. Dengan sentuhan lembut dan gerakan dari Brain Gym akan menimbulkan berbagai reaksi pada perasaan kita, sehingga mempengaruhi kondisi fisik agar mampu menambah vocabulary dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas brain gym dalam meningkatkan vocabulary pada anak. Hipotesis yang diajukan adalah brain gym efektif dalam meningkatkan vocabulary pada anak. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Negeri Mancasan 01. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 16 siswa-siswi kelas 4 SD Negeri Mancasan 01 yang berusia 10-11 tahun. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tes vocabulary untuk mengukur banyaknya kosakata yang dimiliki pada anak. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann-Whitney U Test. Diperoleh nilai sebesar U= -9.500 p= 0.015 (p< 0,05). Nilai rata-rata gainscore tes vocabulary pada kelompok eksperimen sebesar 11.31 sedangkan nilai rata-rata gainscore pada kelompok kontrol sebesar 5.69. Nilai rata-rata gainscore ini dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih rata-rata gainscore pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya pemberian brain gym sangat efektif dalam meningkatkan vocabulary pada anak. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9306/1/F100060070.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9306/2/F100060070.pdf ASTIPURI, RATIH (2010) EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060070
spellingShingle BF Religion and Philosophy
ASTIPURI, RATIH
EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK
title EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK
title_full EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK
title_fullStr EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK
title_full_unstemmed EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK
title_short EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN VOCABULARY PADA ANAK
title_sort efektivitas brain gym dalam meningkatkan vocabulary pada anak
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9306/
work_keys_str_mv AT astipuriratih efektivitasbraingymdalammeningkatkanvocabularypadaanak