EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN

Gangguan belajar merupakan salah satu permasalahan yang banyak ditemui dalam dunia pendidikan. Siswa yang mengalami gangguan belajar adalah siswa yang secara nyata mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik khusus maupun umum, baik disebabkan oleh adanya disfungsi neurologis, proses psikologis m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Adriani, Evelin
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9303/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994774076227584
author Adriani, Evelin
author_facet Adriani, Evelin
author_sort Adriani, Evelin
collection ePrints
description Gangguan belajar merupakan salah satu permasalahan yang banyak ditemui dalam dunia pendidikan. Siswa yang mengalami gangguan belajar adalah siswa yang secara nyata mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik khusus maupun umum, baik disebabkan oleh adanya disfungsi neurologis, proses psikologis maupun sebab-sebab lain sehingga prestasi belajar anak rendah dan beresiko tinggi tinggal kelas. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecakapan matematika, salah satunya yaitu faktor fisik. Dimana faktor fisik dapat mempengaruhi kemampuan dalam belajar, faktor fisik ini berhubungan dengan organ-organ dalam tubuh seperti otak dan sel saraf. Pelajaran lebih mudah diterima bila kita belajar dengan seluruh otak, salah satu pelatihan yang dapat digunakan adalah Brain Gym, karena Brain Gym membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat sehingga kegiatan belajar/bekerja berlangsung menggunakan seluruh otak atau whole brain (Ayinosa, 2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Brain Gym dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan. Hipotesis yang diajukan adalah Brain Gym efektif dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dawung Tengah No.191 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa-siswi kelas 4 SD Negeri Dawung Tengah No.191 Surakarta yang berusia 10-11 tahun. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tes operasi hitung bilangan untuk mengukur kecakapan matematika. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann Whitney U Test. Diperoleh nilai sebesar U = 105.000 p= 0.017 (p < 0.05). Nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika pada kelompok eksperimen = 24.64 Nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika pada kelompok kontrol = 16.02. Nilai rata-rata ini dapat dinterpretasi bahwa ada penurunan atau selisih nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika kedua kelompok. Artinya pemberian Brain Gym sangat efektif dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9303
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9303 https://eprints.ums.ac.id/9303/ EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN Adriani, Evelin BF Religion and Philosophy Gangguan belajar merupakan salah satu permasalahan yang banyak ditemui dalam dunia pendidikan. Siswa yang mengalami gangguan belajar adalah siswa yang secara nyata mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik khusus maupun umum, baik disebabkan oleh adanya disfungsi neurologis, proses psikologis maupun sebab-sebab lain sehingga prestasi belajar anak rendah dan beresiko tinggi tinggal kelas. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecakapan matematika, salah satunya yaitu faktor fisik. Dimana faktor fisik dapat mempengaruhi kemampuan dalam belajar, faktor fisik ini berhubungan dengan organ-organ dalam tubuh seperti otak dan sel saraf. Pelajaran lebih mudah diterima bila kita belajar dengan seluruh otak, salah satu pelatihan yang dapat digunakan adalah Brain Gym, karena Brain Gym membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat sehingga kegiatan belajar/bekerja berlangsung menggunakan seluruh otak atau whole brain (Ayinosa, 2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Brain Gym dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan. Hipotesis yang diajukan adalah Brain Gym efektif dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dawung Tengah No.191 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa-siswi kelas 4 SD Negeri Dawung Tengah No.191 Surakarta yang berusia 10-11 tahun. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tes operasi hitung bilangan untuk mengukur kecakapan matematika. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann Whitney U Test. Diperoleh nilai sebesar U = 105.000 p= 0.017 (p < 0.05). Nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika pada kelompok eksperimen = 24.64 Nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika pada kelompok kontrol = 16.02. Nilai rata-rata ini dapat dinterpretasi bahwa ada penurunan atau selisih nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika kedua kelompok. Artinya pemberian Brain Gym sangat efektif dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9303/1/F100060060.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9303/2/F100060060.pdf Adriani, Evelin (2010) EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100060060
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Adriani, Evelin
EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN
title EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN
title_full EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN
title_fullStr EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN
title_full_unstemmed EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN
title_short EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN
title_sort efektivitas brain gym dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9303/
work_keys_str_mv AT adrianievelin efektivitasbraingymdalammeningkatkankecakapanmatematikapadapokokbahasanoperasihitungbilangan