EFEKTIVITAS BRAIN GYM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG BILANGAN

Gangguan belajar merupakan salah satu permasalahan yang banyak ditemui dalam dunia pendidikan. Siswa yang mengalami gangguan belajar adalah siswa yang secara nyata mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik khusus maupun umum, baik disebabkan oleh adanya disfungsi neurologis, proses psikologis m...

全面介绍

Saved in:
书目详细资料
主要作者: Adriani, Evelin
格式: Thesis
语言:English
English
出版: 2010
主题:
在线阅读:https://eprints.ums.ac.id/9303/
标签: 添加标签
没有标签, 成为第一个标记此记录!
实物特征
总结:Gangguan belajar merupakan salah satu permasalahan yang banyak ditemui dalam dunia pendidikan. Siswa yang mengalami gangguan belajar adalah siswa yang secara nyata mengalami kesulitan dalam tugas-tugas akademik khusus maupun umum, baik disebabkan oleh adanya disfungsi neurologis, proses psikologis maupun sebab-sebab lain sehingga prestasi belajar anak rendah dan beresiko tinggi tinggal kelas. Beberapa faktor yang mempengaruhi kecakapan matematika, salah satunya yaitu faktor fisik. Dimana faktor fisik dapat mempengaruhi kemampuan dalam belajar, faktor fisik ini berhubungan dengan organ-organ dalam tubuh seperti otak dan sel saraf. Pelajaran lebih mudah diterima bila kita belajar dengan seluruh otak, salah satu pelatihan yang dapat digunakan adalah Brain Gym, karena Brain Gym membuka bagian-bagian otak yang sebelumnya tertutup atau terhambat sehingga kegiatan belajar/bekerja berlangsung menggunakan seluruh otak atau whole brain (Ayinosa, 2009). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Brain Gym dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan. Hipotesis yang diajukan adalah Brain Gym efektif dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dawung Tengah No.191 Surakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 39 siswa-siswi kelas 4 SD Negeri Dawung Tengah No.191 Surakarta yang berusia 10-11 tahun. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan tes operasi hitung bilangan untuk mengukur kecakapan matematika. Analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini menggunakan statistik non parametrik uji Mann Whitney U Test. Diperoleh nilai sebesar U = 105.000 p= 0.017 (p < 0.05). Nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika pada kelompok eksperimen = 24.64 Nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika pada kelompok kontrol = 16.02. Nilai rata-rata ini dapat dinterpretasi bahwa ada penurunan atau selisih nilai rata-rata gainscore kecakapan matematika kedua kelompok. Artinya pemberian Brain Gym sangat efektif dalam meningkatkan kecakapan matematika pada pokok bahasan operasi hitung bilangan.