PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Prestasi bagi sebagian orang menjadi suatu kebutuhan, yang muncul melalui dorongan seseorang baik dari sisi intern maupun dari sisi ekstern. Belakangan ini seringkali dijumpai fenomena beberapa siswa yang prestasinya menurun dalam pendidikan karena memiliki motivasi yang rendah. Fenomena yang sering...

Повний опис

Збережено в:
Бібліографічні деталі
Автор: HANDAYANI, RIZKI RATNA
Формат: Дисертація
Мова:English
English
Опубліковано: 2010
Предмети:
Онлайн доступ:https://eprints.ums.ac.id/9286/
Теги: Додати тег
Немає тегів, Будьте першим, хто поставить тег для цього запису!
_version_ 1804994769674305536
author HANDAYANI, RIZKI RATNA
author_facet HANDAYANI, RIZKI RATNA
author_sort HANDAYANI, RIZKI RATNA
collection ePrints
description Prestasi bagi sebagian orang menjadi suatu kebutuhan, yang muncul melalui dorongan seseorang baik dari sisi intern maupun dari sisi ekstern. Belakangan ini seringkali dijumpai fenomena beberapa siswa yang prestasinya menurun dalam pendidikan karena memiliki motivasi yang rendah. Fenomena yang sering ditemui yaitu adanya perlakuan hipnosis pada siswa dalam menghadapi ujian untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Seorang terapis menjelaskan bahwa hipnosis merupakan upaya memotivasi dengan memberikan stimulus dalam pikiran bawah sadar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh positif hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random cluster, subjek (N=67) dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan hipnosis dan kelompok kontrol placebo (materi hipnosis). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi, sedangkan analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik uji parametrik Independent sample t-test yang perhitungan selengkapnya menggunakan SPSS 15.0 for Windows Program. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rerata motivasi berprestasi siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh dari perhitungan gain score pada tiap subjek. Analisis data melalui uji-t menunjukkan bahwa ada pengaruh positif hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa secara sangat signifikan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9286
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9286 https://eprints.ums.ac.id/9286/ PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA HANDAYANI, RIZKI RATNA BF Religion and Philosophy Prestasi bagi sebagian orang menjadi suatu kebutuhan, yang muncul melalui dorongan seseorang baik dari sisi intern maupun dari sisi ekstern. Belakangan ini seringkali dijumpai fenomena beberapa siswa yang prestasinya menurun dalam pendidikan karena memiliki motivasi yang rendah. Fenomena yang sering ditemui yaitu adanya perlakuan hipnosis pada siswa dalam menghadapi ujian untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Seorang terapis menjelaskan bahwa hipnosis merupakan upaya memotivasi dengan memberikan stimulus dalam pikiran bawah sadar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh positif hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random cluster, subjek (N=67) dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan hipnosis dan kelompok kontrol placebo (materi hipnosis). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi, sedangkan analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik uji parametrik Independent sample t-test yang perhitungan selengkapnya menggunakan SPSS 15.0 for Windows Program. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rerata motivasi berprestasi siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh dari perhitungan gain score pada tiap subjek. Analisis data melalui uji-t menunjukkan bahwa ada pengaruh positif hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa secara sangat signifikan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9286/1/F100050014.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9286/2/F100050014.pdf HANDAYANI, RIZKI RATNA (2010) PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050014
spellingShingle BF Religion and Philosophy
HANDAYANI, RIZKI RATNA
PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
title PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
title_full PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
title_fullStr PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
title_full_unstemmed PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
title_short PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
title_sort pengaruh hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9286/
work_keys_str_mv AT handayanirizkiratna pengaruhhipnosisterhadapmotivasiberprestasisiswa