PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA
Prestasi bagi sebagian orang menjadi suatu kebutuhan, yang muncul melalui dorongan seseorang baik dari sisi intern maupun dari sisi ekstern. Belakangan ini seringkali dijumpai fenomena beberapa siswa yang prestasinya menurun dalam pendidikan karena memiliki motivasi yang rendah. Fenomena yang sering...
Збережено в:
Автор: | |
---|---|
Формат: | Дисертація |
Мова: | English English |
Опубліковано: |
2010
|
Предмети: | |
Онлайн доступ: | https://eprints.ums.ac.id/9286/ |
Теги: |
Додати тег
Немає тегів, Будьте першим, хто поставить тег для цього запису!
|
_version_ | 1804994769674305536 |
---|---|
author | HANDAYANI, RIZKI RATNA |
author_facet | HANDAYANI, RIZKI RATNA |
author_sort | HANDAYANI, RIZKI RATNA |
collection | ePrints |
description | Prestasi bagi sebagian orang menjadi suatu kebutuhan, yang muncul melalui dorongan seseorang baik dari sisi intern maupun dari sisi ekstern. Belakangan ini seringkali dijumpai fenomena beberapa siswa yang prestasinya menurun dalam pendidikan karena memiliki motivasi yang rendah. Fenomena yang sering ditemui yaitu adanya perlakuan hipnosis pada siswa dalam menghadapi ujian untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Seorang terapis menjelaskan bahwa hipnosis merupakan upaya memotivasi dengan memberikan stimulus dalam pikiran bawah sadar.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh positif hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random cluster, subjek (N=67) dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan hipnosis dan kelompok kontrol placebo (materi hipnosis). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi, sedangkan analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik uji parametrik Independent sample t-test yang perhitungan selengkapnya menggunakan SPSS 15.0 for Windows Program.
Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rerata motivasi berprestasi siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh dari perhitungan gain score pada tiap subjek. Analisis data melalui uji-t menunjukkan bahwa ada pengaruh positif hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa secara sangat signifikan.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9286 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9286 https://eprints.ums.ac.id/9286/ PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA HANDAYANI, RIZKI RATNA BF Religion and Philosophy Prestasi bagi sebagian orang menjadi suatu kebutuhan, yang muncul melalui dorongan seseorang baik dari sisi intern maupun dari sisi ekstern. Belakangan ini seringkali dijumpai fenomena beberapa siswa yang prestasinya menurun dalam pendidikan karena memiliki motivasi yang rendah. Fenomena yang sering ditemui yaitu adanya perlakuan hipnosis pada siswa dalam menghadapi ujian untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Seorang terapis menjelaskan bahwa hipnosis merupakan upaya memotivasi dengan memberikan stimulus dalam pikiran bawah sadar. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu ada pengaruh positif hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas VIII SMP Negeri 1 Tawangmangu. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random cluster, subjek (N=67) dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu: kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan hipnosis dan kelompok kontrol placebo (materi hipnosis). Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi berprestasi, sedangkan analisis penelitian ini dilakukan dengan menggunakan statistik uji parametrik Independent sample t-test yang perhitungan selengkapnya menggunakan SPSS 15.0 for Windows Program. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan rerata motivasi berprestasi siswa pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang diperoleh dari perhitungan gain score pada tiap subjek. Analisis data melalui uji-t menunjukkan bahwa ada pengaruh positif hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa secara sangat signifikan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9286/1/F100050014.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9286/2/F100050014.pdf HANDAYANI, RIZKI RATNA (2010) PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050014 |
spellingShingle | BF Religion and Philosophy HANDAYANI, RIZKI RATNA PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA |
title | PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA |
title_full | PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA |
title_fullStr | PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA |
title_full_unstemmed | PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA |
title_short | PENGARUH HIPNOSIS TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI SISWA |
title_sort | pengaruh hipnosis terhadap motivasi berprestasi siswa |
topic | BF Religion and Philosophy |
url | https://eprints.ums.ac.id/9286/ |
work_keys_str_mv | AT handayanirizkiratna pengaruhhipnosisterhadapmotivasiberprestasisiswa |