Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS)

Perkembangan pasar batik semakin meningkat tidak hanya didominasi orang jawa saja tetapi etnis China ikut berperan dalam meningkatkan pasar batik tradisional. Didalam minat membeli, etnis China yang tinggal di Surakarta, setiap proses jual beli pembeli memperhatikan: kualitas, merek, kemasan, harga,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MULATININGSIH, WORO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9284/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994769120657408
author MULATININGSIH, WORO
author_facet MULATININGSIH, WORO
author_sort MULATININGSIH, WORO
collection ePrints
description Perkembangan pasar batik semakin meningkat tidak hanya didominasi orang jawa saja tetapi etnis China ikut berperan dalam meningkatkan pasar batik tradisional. Didalam minat membeli, etnis China yang tinggal di Surakarta, setiap proses jual beli pembeli memperhatikan: kualitas, merek, kemasan, harga, ketersediaan barang, etnis china memperhtikan kualitas, harga dan acuan sedangkan etnis Jawa cenderung lebih memperhatikan harga yang murah dan mudah diperoleh sehingga dari keterangan tersebut dapat diketahui adanya perbedaan minat beli antara etnis Jawa dan etnis China. Perbedaan minat membeli konsumen terhadap batik tradisional dapat dimaklumi mengingat setiap orang memiliki pribadi dan kesukaan yang berbeda pula. Pada konsumen yang membeli batik tradisional di Pusat Grosir Solo (PGS), Solo terdiri dari berbagai etnis, seperti etnis Jawa, etnis China, dan etnis Arab. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat membeli motif batik tradisional antara Etnis Jawa dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS). Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan minat membeli motif batik tradisional antara Etnis Jawa dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli batik di Pusat Grosir Solo (PGS). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnis Jawa dan etnis China yang membeli motif batik tradisional di Pusat Grosir Solo (PGS). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik incidental (incidental sample). Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Ada perbedaan minat membeli batik tradisional antara etnis Jawa dan etnis China. 2) Minat membeli motif batik tradisional tergolong tinggi. 3) Minat membeli batik tradisional etnis China lebih tinggi dari minat membeli batik tradisional etnis Jawa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9284
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9284 https://eprints.ums.ac.id/9284/ Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS) MULATININGSIH, WORO HF Commerce Perkembangan pasar batik semakin meningkat tidak hanya didominasi orang jawa saja tetapi etnis China ikut berperan dalam meningkatkan pasar batik tradisional. Didalam minat membeli, etnis China yang tinggal di Surakarta, setiap proses jual beli pembeli memperhatikan: kualitas, merek, kemasan, harga, ketersediaan barang, etnis china memperhtikan kualitas, harga dan acuan sedangkan etnis Jawa cenderung lebih memperhatikan harga yang murah dan mudah diperoleh sehingga dari keterangan tersebut dapat diketahui adanya perbedaan minat beli antara etnis Jawa dan etnis China. Perbedaan minat membeli konsumen terhadap batik tradisional dapat dimaklumi mengingat setiap orang memiliki pribadi dan kesukaan yang berbeda pula. Pada konsumen yang membeli batik tradisional di Pusat Grosir Solo (PGS), Solo terdiri dari berbagai etnis, seperti etnis Jawa, etnis China, dan etnis Arab. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat membeli motif batik tradisional antara Etnis Jawa dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS). Hipotesis dalam penelitian ini yaitu ada perbedaan minat membeli motif batik tradisional antara Etnis Jawa dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli batik di Pusat Grosir Solo (PGS). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah etnis Jawa dan etnis China yang membeli motif batik tradisional di Pusat Grosir Solo (PGS). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik incidental (incidental sample). Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Ada perbedaan minat membeli batik tradisional antara etnis Jawa dan etnis China. 2) Minat membeli motif batik tradisional tergolong tinggi. 3) Minat membeli batik tradisional etnis China lebih tinggi dari minat membeli batik tradisional etnis Jawa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9284/1/F100050003.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9284/2/F100050003.pdf MULATININGSIH, WORO (2010) Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100050003
spellingShingle HF Commerce
MULATININGSIH, WORO
Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS)
title Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS)
title_full Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS)
title_fullStr Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS)
title_full_unstemmed Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS)
title_short Perbedaan Minat Membeli Motif Batik Tradisional Antara Etnis Jawa Dengan Etnis China Di Pusat Grosir Solo (PGS)
title_sort perbedaan minat membeli motif batik tradisional antara etnis jawa dengan etnis china di pusat grosir solo pgs
topic HF Commerce
url https://eprints.ums.ac.id/9284/
work_keys_str_mv AT mulatiningsihworo perbedaanminatmembelimotifbatiktradisionalantaraetnisjawadenganetnischinadipusatgrosirsolopgs