HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK

Motivasi belajar merupakan proses internal pada diri seseorang yang memberikan semangat untuk melakukan kegiatan atau aktivitas demi tercapainya tujuan belajar yaitu perubahan yang relatif permanen dalam tingkah laku sebagai hasil dari praktik dan pengalaman. Motivasi belajar memiliki peran penting...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: HANDAYANI, PRATIWI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9283/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994768846979072
author HANDAYANI, PRATIWI
author_facet HANDAYANI, PRATIWI
author_sort HANDAYANI, PRATIWI
collection ePrints
description Motivasi belajar merupakan proses internal pada diri seseorang yang memberikan semangat untuk melakukan kegiatan atau aktivitas demi tercapainya tujuan belajar yaitu perubahan yang relatif permanen dalam tingkah laku sebagai hasil dari praktik dan pengalaman. Motivasi belajar memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas belajar siswa. Semakin tinggi atau intensitas motivasi belajar peserta, maka akan semakin tinggi kualitas proses dan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Selain itu, tinggi rendahnya motivasi belajar siswa juga mempengaruhi tingkat kelulusan. Ada banyak alasan yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya motivasi belajar siswa, seperti tingkat konformitas siswa terhadap teman sekolah dan optimisme siswa terhadap masa depan yang akan diraih setelah mereka lulus dari jenjang sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar pada siswa di SMK. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar pada siswa di SMK. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas X SMK Muhammadiyah Salatiga yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sample sedangkan untuk teknik samplingnya adalah cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah teknik analisis regresi ganda. Hasil perhitungan menggunakan analisis analisis regresi ganda menunjukkan korelasi (R) sebesar 0,052; p = 0,437 (p > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan atau korelasi antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar. Tidak ada hubungan antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar dalam penelitian ini disebabkan oleh : sebaran aitem yang tidak seimbang dalam mengungkap aspek variabel, beberapa aitem pernyataan yang mengarahkan subyek untuk memberikan jawaban yang terbaik bukan pada kondisi subyek yang sebenarnya, persentase jawaban subyek cenderung tinggi pada alternatif jawaban yang terbaik, bukan pada kondisi subyek yang sesungguhnya. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah terhadap motivasi belajar. Meskipun tingkat optimisme masa depan siswa dan motivasi belajar siswa tergolong tinggi serta tingkat konformitas teman sekolah tergolong rendah akan tetapi masih ada faktor – faktor lain yang perlu dipertimbangkan untuk memprediksi motivasi belajar siswa.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9283
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9283 https://eprints.ums.ac.id/9283/ HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK HANDAYANI, PRATIWI BF Religion and Philosophy Motivasi belajar merupakan proses internal pada diri seseorang yang memberikan semangat untuk melakukan kegiatan atau aktivitas demi tercapainya tujuan belajar yaitu perubahan yang relatif permanen dalam tingkah laku sebagai hasil dari praktik dan pengalaman. Motivasi belajar memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas belajar siswa. Semakin tinggi atau intensitas motivasi belajar peserta, maka akan semakin tinggi kualitas proses dan hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik. Selain itu, tinggi rendahnya motivasi belajar siswa juga mempengaruhi tingkat kelulusan. Ada banyak alasan yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya motivasi belajar siswa, seperti tingkat konformitas siswa terhadap teman sekolah dan optimisme siswa terhadap masa depan yang akan diraih setelah mereka lulus dari jenjang sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar pada siswa di SMK. Hipotesis penelitian ini adalah ada hubungan antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar pada siswa di SMK. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas X SMK Muhammadiyah Salatiga yang berjumlah 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sample sedangkan untuk teknik samplingnya adalah cluster random sampling. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah teknik analisis regresi ganda. Hasil perhitungan menggunakan analisis analisis regresi ganda menunjukkan korelasi (R) sebesar 0,052; p = 0,437 (p > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan atau korelasi antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar. Tidak ada hubungan antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar dalam penelitian ini disebabkan oleh : sebaran aitem yang tidak seimbang dalam mengungkap aspek variabel, beberapa aitem pernyataan yang mengarahkan subyek untuk memberikan jawaban yang terbaik bukan pada kondisi subyek yang sebenarnya, persentase jawaban subyek cenderung tinggi pada alternatif jawaban yang terbaik, bukan pada kondisi subyek yang sesungguhnya. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah tidak ada hubungan optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah terhadap motivasi belajar. Meskipun tingkat optimisme masa depan siswa dan motivasi belajar siswa tergolong tinggi serta tingkat konformitas teman sekolah tergolong rendah akan tetapi masih ada faktor – faktor lain yang perlu dipertimbangkan untuk memprediksi motivasi belajar siswa. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9283/1/F100040280.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9283/2/F100040280.pdf HANDAYANI, PRATIWI (2010) HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100040280
spellingShingle BF Religion and Philosophy
HANDAYANI, PRATIWI
HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK
title HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK
title_full HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK
title_short HUBUNGAN ANTARA OPTIMISME MASA DEPAN DAN KONFORMITAS TEMAN SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA DI SMK
title_sort hubungan antara optimisme masa depan dan konformitas teman sekolah dengan motivasi belajar pada siswa di smk
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9283/
work_keys_str_mv AT handayanipratiwi hubunganantaraoptimismemasadepandankonformitastemansekolahdenganmotivasibelajarpadasiswadismk