Manajemen Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2009/2010 ini.

Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang baik tidak terlepas dari manajemen yang baik pula. Manajemen pengembangan kurikulum upaya mengurus, mengatur dan mengelola perangkat mata pelajaran yang akan diajarkan pada lembaga pendidikan, sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk menc...

詳細記述

保存先:
書誌詳細
第一著者: Supartini, Supartini
フォーマット: 学位論文
言語:English
English
出版事項: 2010
主題:
オンライン・アクセス:https://eprints.ums.ac.id/9263/
タグ: タグ追加
タグなし, このレコードへの初めてのタグを付けませんか!
その他の書誌記述
要約:Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran yang baik tidak terlepas dari manajemen yang baik pula. Manajemen pengembangan kurikulum upaya mengurus, mengatur dan mengelola perangkat mata pelajaran yang akan diajarkan pada lembaga pendidikan, sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen pengembangan kurikulum di SMA Muhammadiyah 1 Surakarata dan faktor pendukung dan penghambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen pengembangan kurikulum , faktor pendukung dan penghambat. Jenis penelitian ini adalah field research yang bertempat di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Subyek penelitian ini adalah manajemen pengembangan kurikulum di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dengan sumber data: kepala sekolah, kepala bidang kurikulum dan serta tata usaha SMA 1 Muhammadiyah Surakarta. Metode dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah pelaksanaan KTSP di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta adalah Manajemen Berbasis Sekolah, Kurikulum yang mengacu pada standar isi mencakup: standar proses, standar kompetensi kelulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan. Faktor pendukung meliputi dari segi letak geografis SMA Muhammadiyah 1 Surakarta berlokasi strategis dan mudah dijangkau oleh kendaraan atau angkutan umum, manajemen pengembangan kurikulum di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta menjadi salah satu lembaga pendidkan yang berhasil dalam melaksanakan pendidikan yang berbasis agama dan umum. Faktor penghambat banyaknya mata pelajaran dan perubahan sistem kurikulum, maka para guru kesulitan dalam menerapkan kurikulum yang ada, minimnya daya kreativitas dan pemahaman guru dalam mengimplementasikan KTSP dikelas.