PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU

Perencanaan karir merupakan salah satu aspek esensial dalam perkembangan kepribadian individu, dan yang harus menjadi kepedulian pendidikan maupun bimbingan dan konseling. Kecakapan mengambil keputusan mengenai aspek-aspek karir yang akan ditempuh merupakan esensi perencanaan karir. Keresahan yang t...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Kusnadi M, Singgih Haryadi
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9259/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994762190618624
author Kusnadi M, Singgih Haryadi
author_facet Kusnadi M, Singgih Haryadi
author_sort Kusnadi M, Singgih Haryadi
collection ePrints
description Perencanaan karir merupakan salah satu aspek esensial dalam perkembangan kepribadian individu, dan yang harus menjadi kepedulian pendidikan maupun bimbingan dan konseling. Kecakapan mengambil keputusan mengenai aspek-aspek karir yang akan ditempuh merupakan esensi perencanaan karir. Keresahan yang terjadi pada siswa ini memberikan isyarat bagi dunia pendidikan dalam hal ini Sekolah menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengemban tugas pengembangan kemampuan siswa dalam merencanakan karirnya, baik melalui kegiatan-kegiatan praktek lapangan (ekstrakurikuler) maupun kegiatan bimbingan karir. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui: Perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU. Hipotesis yang diajukan: Ada perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU, perencanaan karir siswa SMK lebih baik dibandingkan siswa SMU. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 4 Kendari (85 siswa) dan SMK Negeri 3 Kendari (85 siswa). Total subjek penelitian berjumlah 170 siswa. Alat ukur yang digunakan yaitu skala perencanaan karir. Teknik analisis data menggunakan analisis varians satu jalur. Berdasarkan hasil analisis analisis varians satu jalur diperoleh F antar A= 5,829; p = 0,016 (p < 0,05). Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan perencanaan karir antara SMA Negeri 4 Kendari dan SMK Negeri 3 Kendari. Berdasarkan hasil analisis diketahui perencanaan karir pada siswa SMK tergolong tinggi ditunjukan oleh skor rerata empirik = 104,906, perencanaan karir SMA tergolong sedang ditunjukkan oleh skor rerata empirik = 100,059. Adapun kesimpulan penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan perencanaan karir antara SMA Negeri 4 Kendari dan SMK Negeri 3 Kendari, selain itu pula diketahui perencanaan karir pada siswa SMK tergolong tinggi, perencanaan karir SMA tergolong sedang. Namun demikian masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi perencanaan karir selain variabel asal sekolah SMK dan SMA, dimana variabel lain tersebut tidak jadikan sebagai variabel bebas pada penelitian ini .
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9259
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9259 https://eprints.ums.ac.id/9259/ PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU Kusnadi M, Singgih Haryadi BF Religion and Philosophy Perencanaan karir merupakan salah satu aspek esensial dalam perkembangan kepribadian individu, dan yang harus menjadi kepedulian pendidikan maupun bimbingan dan konseling. Kecakapan mengambil keputusan mengenai aspek-aspek karir yang akan ditempuh merupakan esensi perencanaan karir. Keresahan yang terjadi pada siswa ini memberikan isyarat bagi dunia pendidikan dalam hal ini Sekolah menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengemban tugas pengembangan kemampuan siswa dalam merencanakan karirnya, baik melalui kegiatan-kegiatan praktek lapangan (ekstrakurikuler) maupun kegiatan bimbingan karir. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui: Perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU. Hipotesis yang diajukan: Ada perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU, perencanaan karir siswa SMK lebih baik dibandingkan siswa SMU. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 4 Kendari (85 siswa) dan SMK Negeri 3 Kendari (85 siswa). Total subjek penelitian berjumlah 170 siswa. Alat ukur yang digunakan yaitu skala perencanaan karir. Teknik analisis data menggunakan analisis varians satu jalur. Berdasarkan hasil analisis analisis varians satu jalur diperoleh F antar A= 5,829; p = 0,016 (p < 0,05). Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan perencanaan karir antara SMA Negeri 4 Kendari dan SMK Negeri 3 Kendari. Berdasarkan hasil analisis diketahui perencanaan karir pada siswa SMK tergolong tinggi ditunjukan oleh skor rerata empirik = 104,906, perencanaan karir SMA tergolong sedang ditunjukkan oleh skor rerata empirik = 100,059. Adapun kesimpulan penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan perencanaan karir antara SMA Negeri 4 Kendari dan SMK Negeri 3 Kendari, selain itu pula diketahui perencanaan karir pada siswa SMK tergolong tinggi, perencanaan karir SMA tergolong sedang. Namun demikian masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi perencanaan karir selain variabel asal sekolah SMK dan SMA, dimana variabel lain tersebut tidak jadikan sebagai variabel bebas pada penelitian ini . 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9259/1/F100040086.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9259/2/F100040086.pdf Kusnadi M, Singgih Haryadi (2010) PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100040086
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Kusnadi M, Singgih Haryadi
PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU
title PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU
title_full PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU
title_fullStr PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU
title_full_unstemmed PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU
title_short PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU
title_sort perbedaan perencanaan karir siswa smk dan smu
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9259/
work_keys_str_mv AT kusnadimsinggihharyadi perbedaanperencanaankarirsiswasmkdansmu