PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU
Perencanaan karir merupakan salah satu aspek esensial dalam perkembangan kepribadian individu, dan yang harus menjadi kepedulian pendidikan maupun bimbingan dan konseling. Kecakapan mengambil keputusan mengenai aspek-aspek karir yang akan ditempuh merupakan esensi perencanaan karir. Keresahan yang t...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9259/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994762190618624 |
---|---|
author | Kusnadi M, Singgih Haryadi |
author_facet | Kusnadi M, Singgih Haryadi |
author_sort | Kusnadi M, Singgih Haryadi |
collection | ePrints |
description | Perencanaan karir merupakan salah satu aspek esensial dalam perkembangan kepribadian individu, dan yang harus menjadi kepedulian pendidikan maupun bimbingan dan konseling. Kecakapan mengambil keputusan mengenai aspek-aspek karir yang akan ditempuh merupakan esensi perencanaan karir. Keresahan yang terjadi pada siswa ini memberikan isyarat bagi dunia pendidikan dalam hal ini Sekolah menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengemban tugas pengembangan kemampuan siswa dalam merencanakan karirnya, baik melalui kegiatan-kegiatan praktek lapangan (ekstrakurikuler) maupun kegiatan bimbingan karir. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui: Perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU. Hipotesis yang diajukan: Ada perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU, perencanaan karir siswa SMK lebih baik dibandingkan siswa SMU.
Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 4 Kendari (85 siswa) dan SMK Negeri 3 Kendari (85 siswa). Total subjek penelitian berjumlah 170 siswa. Alat ukur yang digunakan yaitu skala perencanaan karir. Teknik analisis data menggunakan analisis varians satu jalur.
Berdasarkan hasil analisis analisis varians satu jalur diperoleh F antar A= 5,829; p = 0,016 (p < 0,05). Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan perencanaan karir antara SMA Negeri 4 Kendari dan SMK Negeri 3 Kendari. Berdasarkan hasil analisis diketahui perencanaan karir pada siswa SMK tergolong tinggi ditunjukan oleh skor rerata empirik = 104,906, perencanaan karir SMA tergolong sedang ditunjukkan oleh skor rerata empirik = 100,059.
Adapun kesimpulan penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan perencanaan karir antara SMA Negeri 4 Kendari dan SMK Negeri 3 Kendari, selain itu pula diketahui perencanaan karir pada siswa SMK tergolong tinggi, perencanaan karir SMA tergolong sedang. Namun demikian masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi perencanaan karir selain variabel asal sekolah SMK dan SMA, dimana variabel lain tersebut tidak jadikan sebagai variabel bebas pada penelitian ini . |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9259 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9259 https://eprints.ums.ac.id/9259/ PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU Kusnadi M, Singgih Haryadi BF Religion and Philosophy Perencanaan karir merupakan salah satu aspek esensial dalam perkembangan kepribadian individu, dan yang harus menjadi kepedulian pendidikan maupun bimbingan dan konseling. Kecakapan mengambil keputusan mengenai aspek-aspek karir yang akan ditempuh merupakan esensi perencanaan karir. Keresahan yang terjadi pada siswa ini memberikan isyarat bagi dunia pendidikan dalam hal ini Sekolah menengah Umum (SMU) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk mengemban tugas pengembangan kemampuan siswa dalam merencanakan karirnya, baik melalui kegiatan-kegiatan praktek lapangan (ekstrakurikuler) maupun kegiatan bimbingan karir. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui: Perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU. Hipotesis yang diajukan: Ada perbedaan perencanaan karir siswa SMK dan SMU, perencanaan karir siswa SMK lebih baik dibandingkan siswa SMU. Subjek penelitian adalah siswa SMA Negeri 4 Kendari (85 siswa) dan SMK Negeri 3 Kendari (85 siswa). Total subjek penelitian berjumlah 170 siswa. Alat ukur yang digunakan yaitu skala perencanaan karir. Teknik analisis data menggunakan analisis varians satu jalur. Berdasarkan hasil analisis analisis varians satu jalur diperoleh F antar A= 5,829; p = 0,016 (p < 0,05). Hasil analisis menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan perencanaan karir antara SMA Negeri 4 Kendari dan SMK Negeri 3 Kendari. Berdasarkan hasil analisis diketahui perencanaan karir pada siswa SMK tergolong tinggi ditunjukan oleh skor rerata empirik = 104,906, perencanaan karir SMA tergolong sedang ditunjukkan oleh skor rerata empirik = 100,059. Adapun kesimpulan penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang sangat signifikan perencanaan karir antara SMA Negeri 4 Kendari dan SMK Negeri 3 Kendari, selain itu pula diketahui perencanaan karir pada siswa SMK tergolong tinggi, perencanaan karir SMA tergolong sedang. Namun demikian masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi perencanaan karir selain variabel asal sekolah SMK dan SMA, dimana variabel lain tersebut tidak jadikan sebagai variabel bebas pada penelitian ini . 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9259/1/F100040086.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9259/2/F100040086.pdf Kusnadi M, Singgih Haryadi (2010) PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100040086 |
spellingShingle | BF Religion and Philosophy Kusnadi M, Singgih Haryadi PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU |
title | PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU |
title_full | PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU |
title_fullStr | PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU |
title_full_unstemmed | PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU |
title_short | PERBEDAAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK DAN SMU |
title_sort | perbedaan perencanaan karir siswa smk dan smu |
topic | BF Religion and Philosophy |
url | https://eprints.ums.ac.id/9259/ |
work_keys_str_mv | AT kusnadimsinggihharyadi perbedaanperencanaankarirsiswasmkdansmu |