HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA

Derasnya arus konsumtifisme ini telah melanda sebagian besar masyarakat, termasuk juga pada kalangan remaja. Bagi kebanyakan remaja, gaya hidup konsumtif merupakan cara yang paling cepat untuk dapat ikut ke dalam kehidupan kelompok sosial yang diidamkan. Sifat remaja atau kelompok muda yang biasanya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Setyawati, Novi
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9258/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994761917988864
author Setyawati, Novi
author_facet Setyawati, Novi
author_sort Setyawati, Novi
collection ePrints
description Derasnya arus konsumtifisme ini telah melanda sebagian besar masyarakat, termasuk juga pada kalangan remaja. Bagi kebanyakan remaja, gaya hidup konsumtif merupakan cara yang paling cepat untuk dapat ikut ke dalam kehidupan kelompok sosial yang diidamkan. Sifat remaja atau kelompok muda yang biasanya selalu ingin berbeda, mengikuti mode sehingga perilaku remaja dalam membelanjakan uangnya digunakan untuk mengkonsumsi barang-barang yang mendukung penampilannya. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsuntif diantaranya yaitu harga diri. Remaja yang memiliki harga diri rendah, akan berusaha memperbaiki dengan berbagai cara, salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan semata untuk meniru orang lain dan sekedar untuk menjaga gengsi agar tidak ketinggalan jaman dengan cara membeli sesuatu tidak berdasarkan kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja. Subjek penelitian yaitu mahasiswi fakultas psikologi, ekonomi, hukum, farmasi, geografi, KIP, komunikasi dan kedokteran berjumlah 120 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala harga diri dan skala perilaku konsumtif. Metode analisis data yang digunakan teknik korelasi product moment Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,410; p = 0,000 (p ? 0,01). Artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri dengan perilaku konsumtif. Semakin tinggi harga diri maka semakin rendah perilaku konsumtif, begitu pula sebaliknya semakin rendah harga diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Sumbangan efektif variabel harga diri terhadap perilaku konsumtif sebesar 16,8%. Berdasarkan hasil pengkategorian diketahui variabel harga diri mempunyai rerata empirik sebesar 79,575 dan rerata hipotetik sebesar 75 yang berarti harga diri pada subjek penelitian tergolong sedang. Variabel perilaku konsumtif diketahui rerata empirik sebesar 73,075 rerata hipotetik sebesar 75 yang berarti perilaku konsumtif pada subjek penelitian tergolong sedang. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja. Semakin tinggi harga diri maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif pada remaja, namun generalisasi dari hasil-hasil penelitian ini terbatas pada populasi tempat penelitian dilakukan.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9258
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9258 https://eprints.ums.ac.id/9258/ HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA Setyawati, Novi BF Religion and Philosophy Derasnya arus konsumtifisme ini telah melanda sebagian besar masyarakat, termasuk juga pada kalangan remaja. Bagi kebanyakan remaja, gaya hidup konsumtif merupakan cara yang paling cepat untuk dapat ikut ke dalam kehidupan kelompok sosial yang diidamkan. Sifat remaja atau kelompok muda yang biasanya selalu ingin berbeda, mengikuti mode sehingga perilaku remaja dalam membelanjakan uangnya digunakan untuk mengkonsumsi barang-barang yang mendukung penampilannya. Banyak faktor yang mempengaruhi perilaku konsuntif diantaranya yaitu harga diri. Remaja yang memiliki harga diri rendah, akan berusaha memperbaiki dengan berbagai cara, salah satunya yaitu memenuhi kebutuhan semata untuk meniru orang lain dan sekedar untuk menjaga gengsi agar tidak ketinggalan jaman dengan cara membeli sesuatu tidak berdasarkan kebutuhan dan kemampuan yang dimilikinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan negatif antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja. Subjek penelitian yaitu mahasiswi fakultas psikologi, ekonomi, hukum, farmasi, geografi, KIP, komunikasi dan kedokteran berjumlah 120 orang. Metode pengumpulan data menggunakan skala harga diri dan skala perilaku konsumtif. Metode analisis data yang digunakan teknik korelasi product moment Berdasarkan hasil analisis product moment diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,410; p = 0,000 (p ? 0,01). Artinya ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri dengan perilaku konsumtif. Semakin tinggi harga diri maka semakin rendah perilaku konsumtif, begitu pula sebaliknya semakin rendah harga diri maka semakin tinggi perilaku konsumtif. Sumbangan efektif variabel harga diri terhadap perilaku konsumtif sebesar 16,8%. Berdasarkan hasil pengkategorian diketahui variabel harga diri mempunyai rerata empirik sebesar 79,575 dan rerata hipotetik sebesar 75 yang berarti harga diri pada subjek penelitian tergolong sedang. Variabel perilaku konsumtif diketahui rerata empirik sebesar 73,075 rerata hipotetik sebesar 75 yang berarti perilaku konsumtif pada subjek penelitian tergolong sedang. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan negatif yang sangat signifikan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja. Semakin tinggi harga diri maka semakin tinggi pula perilaku konsumtif pada remaja, namun generalisasi dari hasil-hasil penelitian ini terbatas pada populasi tempat penelitian dilakukan. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9258/2/F100040076.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9258/1/F100040076.pdf Setyawati, Novi (2010) HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100040076
spellingShingle BF Religion and Philosophy
Setyawati, Novi
HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA
title HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA
title_full HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA
title_fullStr HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA
title_full_unstemmed HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA
title_short HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU KONSUMTIF PADA REMAJA
title_sort hubungan antara harga diri dengan perilaku konsumtif pada remaja
topic BF Religion and Philosophy
url https://eprints.ums.ac.id/9258/
work_keys_str_mv AT setyawatinovi hubunganantarahargadiridenganperilakukonsumtifpadaremaja