PERENCANAAN KEBUTUHAN DISTRIBUSI DENGAN MEMINIMALKAN BULLWHIP EFFECT DAN PENERAPAN APLIKASI BEER GAME (Studi Kasus : CV. Indosejahtera Sukoharjo)

CV. Indosejahtera merupakan suatu usaha manufaktur yang memproduksi alat-alat olah raga, seperti raket dan shuttlecock. Perusahaan ini mempunyai beberapa unit distribusi dibeberapa kota, antara lain Solo, Semarang, Yogyakarta, dan Wonogiri. Dalam proses pendistribusian produknya, ada beberapa kesala...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: PUTRO, DEDE CAHYO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9248/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:CV. Indosejahtera merupakan suatu usaha manufaktur yang memproduksi alat-alat olah raga, seperti raket dan shuttlecock. Perusahaan ini mempunyai beberapa unit distribusi dibeberapa kota, antara lain Solo, Semarang, Yogyakarta, dan Wonogiri. Dalam proses pendistribusian produknya, ada beberapa kesalahan yang terjadi, salah satu diantaranya yaitu bullwhip effect. Kesalahan informasi yang mendasari terjadinya bullwhip effect, terjadinya perbedaan informasi permintaan di sistem distribusi dan permintaan aktual di pasar. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk merencanakan kebutuhan distribusi dan menyelesaikan masalah distorsi informasi dalam sistem pendistribusian di perusahaan. Perencanaan kebutuhan distribusi dilakukan dengan melakukan peramalan pada Toko yang mengalami bullwhip effect. Pengidentifikasian bullwhip effect yang terjadi mengacu pada rantai pasok yang ada di sistem distribusi perusahaan. Setelah teridentifikasi kemudian dilakukan perbaikan untuk mengurangi adanya bullwhip effect dengan menggunakan software Beer Game. Beer Game digunakan untuk mengidentifikasi dan meminimalkan bullwhip effect dengan memilih policy dan demand yang menghasilkan nilai sistem cost yang paling kecil. Masukan yang digunakan untuk software ini adalah jumlah permintaan aktual dari toko yang mengalami bullwhip effect. Hasil penelitian ini antara lain terjadinya bullwhip effect di sebagian wilayah distribusi daerah Yogyakarta, yaitu Toko E dan Toko F. Bullwhip effect terjadi karena adanya perbedaan informasi permintaan antara Toko dengan Perusahaan. Perbaikan dengan software Beer Game dilakukan untuk Toko E menghasilkan nilai sistem cost 9671 yang lebih kecil dari nilai sistem cost aktual yaitu 14179 dengan persentase 31,79%.