PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO

Pendidikan merupakan salah satu kunci pembangunan sumber daya manusia yang mampu menghasilkan kemajuan generasi bangsa secara utuh, bukan hanya mewariskan nilai-nilai bangsa dan pengetahuan, tetapi keimanan, dan perilaku yang sholeh. Modalitas dalam dunia pendidikan yang disebut sebagai komponen das...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: INASTRALIAN, YUDHA HERFRITEKNIKA
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9184/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994741789523968
author INASTRALIAN, YUDHA HERFRITEKNIKA
author_facet INASTRALIAN, YUDHA HERFRITEKNIKA
author_sort INASTRALIAN, YUDHA HERFRITEKNIKA
collection ePrints
description Pendidikan merupakan salah satu kunci pembangunan sumber daya manusia yang mampu menghasilkan kemajuan generasi bangsa secara utuh, bukan hanya mewariskan nilai-nilai bangsa dan pengetahuan, tetapi keimanan, dan perilaku yang sholeh. Modalitas dalam dunia pendidikan yang disebut sebagai komponen dasar yang saling berkaitan yaitu guru, peserta didik, dan kurikulum. Program sertifikasi profesi guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas individu guru secara kompeten, mengasah profesionalisme kerja, serta kesejahteraan kehidupan guru, yang bermuara pada kualitas semangat kerja yang terwujud dalam meningkatnya motivasi mengajar pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan mengajar pada guru beragama islam yang bersertifikasi profesi dengan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi dan untuk mengetahui tingkat motivasi mengajar guru beragama islam yang bersertifikasi profesi dan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan motivasi mengajar pada guru beragama islam yang bersertifikasi profesi dan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru beragama Islam yang bersertifikasi dan guru beragama Islam yang tidak bersertifikasi di SMA Negeri 2 kab. Sukoharjo yang berjumlah 40 orang dan SMA Negeri 1 Kartasura, Sukoharjo, Jawa tengah yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive random sampling, yaitu teknik pengambilannya dengan cara memberikan peluang yang sama pada semua individu dalam populasi untuk dijadikan sample berdasarkan penentuan ciri-ciri khusus atau karakteristik terlebih dahulu. Penelitian ini menggunakan try out terpakai yaitu hanya dengan melakukan satu kali pengambilan data saja. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi mengajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t dan diperoleh data empiris berdasarkan hasil dari analisis antara dua kelompok, bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi mengajar pada guru beragama islam bersertifikasi profesi dengan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi. Hal ini dapat lihat dari nilai t-test pada hasil uji-t antar A (A1-A2) = 0,191, dengan p = 0,843 atau p >0,05. Hal itu juga bisa dilihat dari selisih rerata pada table uji-t yang memiliki selisih yang kecil. Kesimpulan lain dari hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan mengajar pada guru beragama Islam yang bersertifikasi profesi dan guru beragama Islam yang tidak bersertifikasi profesi.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9184
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9184 https://eprints.ums.ac.id/9184/ PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO INASTRALIAN, YUDHA HERFRITEKNIKA LB Theory and practice of education Pendidikan merupakan salah satu kunci pembangunan sumber daya manusia yang mampu menghasilkan kemajuan generasi bangsa secara utuh, bukan hanya mewariskan nilai-nilai bangsa dan pengetahuan, tetapi keimanan, dan perilaku yang sholeh. Modalitas dalam dunia pendidikan yang disebut sebagai komponen dasar yang saling berkaitan yaitu guru, peserta didik, dan kurikulum. Program sertifikasi profesi guru diharapkan dapat meningkatkan kualitas individu guru secara kompeten, mengasah profesionalisme kerja, serta kesejahteraan kehidupan guru, yang bermuara pada kualitas semangat kerja yang terwujud dalam meningkatnya motivasi mengajar pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan mengajar pada guru beragama islam yang bersertifikasi profesi dengan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi dan untuk mengetahui tingkat motivasi mengajar guru beragama islam yang bersertifikasi profesi dan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi. Hipotesis yang diajukan adalah ada perbedaan motivasi mengajar pada guru beragama islam yang bersertifikasi profesi dan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru beragama Islam yang bersertifikasi dan guru beragama Islam yang tidak bersertifikasi di SMA Negeri 2 kab. Sukoharjo yang berjumlah 40 orang dan SMA Negeri 1 Kartasura, Sukoharjo, Jawa tengah yang berjumlah 40 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah purposive random sampling, yaitu teknik pengambilannya dengan cara memberikan peluang yang sama pada semua individu dalam populasi untuk dijadikan sample berdasarkan penentuan ciri-ciri khusus atau karakteristik terlebih dahulu. Penelitian ini menggunakan try out terpakai yaitu hanya dengan melakukan satu kali pengambilan data saja. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan skala motivasi mengajar. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis uji-t dan diperoleh data empiris berdasarkan hasil dari analisis antara dua kelompok, bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan terhadap motivasi mengajar pada guru beragama islam bersertifikasi profesi dengan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi. Hal ini dapat lihat dari nilai t-test pada hasil uji-t antar A (A1-A2) = 0,191, dengan p = 0,843 atau p >0,05. Hal itu juga bisa dilihat dari selisih rerata pada table uji-t yang memiliki selisih yang kecil. Kesimpulan lain dari hasil penelitian ini adalah tidak ada perbedaan mengajar pada guru beragama Islam yang bersertifikasi profesi dan guru beragama Islam yang tidak bersertifikasi profesi. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9184/2/F100010227.G000020073.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9184/1/F100010227.G000020073.pdf INASTRALIAN, YUDHA HERFRITEKNIKA (2010) PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. F100010227/G000020073
spellingShingle LB Theory and practice of education
INASTRALIAN, YUDHA HERFRITEKNIKA
PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO
title PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO
title_full PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO
title_fullStr PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO
title_full_unstemmed PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO
title_short PERBEDAAN MOTIVASI MENGAJAR PADA GURU BERAGAMA ISLAM YANG BERSERTIFIKASI PROFESI DAN GURU BERAGAMA ISLAM YANG TIDAK BERSERTIFIKASI PROFESI DI SMU NEGERI RAYON 41 KABUPATEN SUKOHARJO
title_sort perbedaan motivasi mengajar pada guru beragama islam yang bersertifikasi profesi dan guru beragama islam yang tidak bersertifikasi profesi di smu negeri rayon 41 kabupaten sukoharjo
topic LB Theory and practice of education
url https://eprints.ums.ac.id/9184/
work_keys_str_mv AT inastralianyudhaherfriteknika perbedaanmotivasimengajarpadaguruberagamaislamyangbersertifikasiprofesidanguruberagamaislamyangtidakbersertifikasiprofesidismunegerirayon41kabupatensukoharjo