ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS

Sebagai provider jasa komunikasi, indosat dan telkomsel tidak hanya dituntut untuk memenuhi pelayanannya terhadap konsumen dengan baik, akan tetapi juga harus mampu bersaing untuk mempertahankan kelansungan hidupnya dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, diperlukan suatu...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SATRIO .K, RM. RIO
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9112/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994722082586624
author SATRIO .K, RM. RIO
author_facet SATRIO .K, RM. RIO
author_sort SATRIO .K, RM. RIO
collection ePrints
description Sebagai provider jasa komunikasi, indosat dan telkomsel tidak hanya dituntut untuk memenuhi pelayanannya terhadap konsumen dengan baik, akan tetapi juga harus mampu bersaing untuk mempertahankan kelansungan hidupnya dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, diperlukan suatu konsep berwawasan pelanggan di mana indosat dan telkomsel memusatkan perhatian penuh terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pengguna kartu GSM di Fakultas Ekonomi UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna kartu GSM (IM3, Mentari, Simpati) di Fakultas Ekonomi UMS. Pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dan jumlah responden yang diperoleh sebanyak 62 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Variabel reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 2) Variabel responsiveness tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 3) Variabel assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 4) Variabel empathy tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 5) Variabel tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 6) Hasil uji koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel assurance , berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9112
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9112 https://eprints.ums.ac.id/9112/ ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS SATRIO .K, RM. RIO HD28 Management Sebagai provider jasa komunikasi, indosat dan telkomsel tidak hanya dituntut untuk memenuhi pelayanannya terhadap konsumen dengan baik, akan tetapi juga harus mampu bersaing untuk mempertahankan kelansungan hidupnya dengan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Oleh karena itu, diperlukan suatu konsep berwawasan pelanggan di mana indosat dan telkomsel memusatkan perhatian penuh terhadap kebutuhan dan keinginan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pengguna kartu GSM di Fakultas Ekonomi UMS. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pengguna kartu GSM (IM3, Mentari, Simpati) di Fakultas Ekonomi UMS. Pengambilan sampel menggunakan convenience sampling dan jumlah responden yang diperoleh sebanyak 62 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan metode analisis data menggunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F dan uji asumsi klasik. Berdasarkan hasil analisis data, hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Variabel reliability berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 2) Variabel responsiveness tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 3) Variabel assurance berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 4) Variabel empathy tidak terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 5) Variabel tangible berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 6) Hasil uji koefisien regresi menunjukkan bahwa variabel assurance , berpengaruh dominan terhadap kepuasan pengguna kartu GSM. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9112/1/B100060037.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9112/2/B100060037.pdf SATRIO .K, RM. RIO (2010) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100060037
spellingShingle HD28 Management
SATRIO .K, RM. RIO
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS
title ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS
title_full ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS
title_fullStr ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS
title_full_unstemmed ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS
title_short ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA KARTU GSM DI FAKULTAS EKONOMI UMS
title_sort analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna kartu gsm di fakultas ekonomi ums
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9112/
work_keys_str_mv AT satriokrmrio analisispengaruhkualitaspelayananterhadapkepuasanpenggunakartugsmdifakultasekonomiums