PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI

Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh antara produk, harga, lokasi dan pelayanan secara individual dan bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada RM Sido Semi Purwodadi? 2) Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan kepuasan pelangg...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: ATMOJO, BAYU TRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9108/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994720996261888
author ATMOJO, BAYU TRI
author_facet ATMOJO, BAYU TRI
author_sort ATMOJO, BAYU TRI
collection ePrints
description Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh antara produk, harga, lokasi dan pelayanan secara individual dan bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada RM Sido Semi Purwodadi? 2) Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan kepuasan pelanggan pada RM Sido Semi Purwodadi? Penelitian ini populasi adalah semua pelanggan Rumah Makan Sido Semi yang sedang berkunjung atau yang sedang makan di RM Sido Semi Purwodadi. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik convenience sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Rumus yang digunakan dalam pengujian validitas menggunakan korelasi product moment: rxy = Keterangan: rxy ¬= Korelasi product moment N = Jumlah responden X = Nilai total variabel bebas Y = Nilai total variabel terikat Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Pernyataan hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan antara produk, harga, lokasi, pelayanan secara individual maupun bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan RM Sido Semi Purwodadi terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar X1 = 0,373, X2 = 0,314, X3 = 0,320 , X4 = 0,304 dan didukung hasil nilai thitung sebesar variabel produk (X1) sebesar 3,380, produk (X2) sebesar 2,363, lokasi (X3) sebesar 3,687, pelayanan (X4) sebesar 2,657 dimana semua nilai thitung > ttabel; selain itu diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (58,218 > 2,45); 2) Pernyataan hipotesis yang menyatakan bahwa produk merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung yang terbesar dari keempat variabel tersebut adalah variabel produk yaitu sebesar 3,380; sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,724 atau 72,4%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel produk, harga, lokasi dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 72,4% sedangkan sisanya sebesar 27,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9108
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9108 https://eprints.ums.ac.id/9108/ PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI ATMOJO, BAYU TRI HD28 Management Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apakah terdapat pengaruh antara produk, harga, lokasi dan pelayanan secara individual dan bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan pada RM Sido Semi Purwodadi? 2) Faktor manakah yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap keputusan kepuasan pelanggan pada RM Sido Semi Purwodadi? Penelitian ini populasi adalah semua pelanggan Rumah Makan Sido Semi yang sedang berkunjung atau yang sedang makan di RM Sido Semi Purwodadi. Sampel penelitian sebanyak 100 responden dengan teknik convenience sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Rumus yang digunakan dalam pengujian validitas menggunakan korelasi product moment: rxy = Keterangan: rxy ¬= Korelasi product moment N = Jumlah responden X = Nilai total variabel bebas Y = Nilai total variabel terikat Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) Pernyataan hipotesis bahwa ada pengaruh yang signifikan antara produk, harga, lokasi, pelayanan secara individual maupun bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan RM Sido Semi Purwodadi terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar X1 = 0,373, X2 = 0,314, X3 = 0,320 , X4 = 0,304 dan didukung hasil nilai thitung sebesar variabel produk (X1) sebesar 3,380, produk (X2) sebesar 2,363, lokasi (X3) sebesar 3,687, pelayanan (X4) sebesar 2,657 dimana semua nilai thitung > ttabel; selain itu diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (58,218 > 2,45); 2) Pernyataan hipotesis yang menyatakan bahwa produk merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan terbukti, hal ini dibuktikan dengan nilai thitung yang terbesar dari keempat variabel tersebut adalah variabel produk yaitu sebesar 3,380; sedangkan nilai Adjusted R Square sebesar 0,724 atau 72,4%. Hal ini berarti bahwa pengaruh variabel produk, harga, lokasi dan pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan adalah sebesar 72,4% sedangkan sisanya sebesar 27,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9108/1/B100050288.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9108/2/B100050288.pdf ATMOJO, BAYU TRI (2010) PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. B100050288
spellingShingle HD28 Management
ATMOJO, BAYU TRI
PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI
title PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI
title_full PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI
title_fullStr PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI
title_full_unstemmed PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI
title_short PENGARUH PRODUK, HARGA, LOKASI DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA SIDO SEMI PURWODADI
title_sort pengaruh produk harga lokasi dan pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada sido semi purwodadi
topic HD28 Management
url https://eprints.ums.ac.id/9108/
work_keys_str_mv AT atmojobayutri pengaruhprodukhargalokasidanpelayananterhadapkepuasanpelangganpadasidosemipurwodadi