PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Pemimpin adalah posisi yang sangat sentral dalam sebuah kehidupan. Hal ini bisa dipahami karena posisi pemimpin yang amat strategis bagi rakyatnya, karena setiap ummat pasti dipengaruhi oleh pemimpinnya. Jika pemimpin baik, maka ummatpun akan ikut baik. Jadi, begitu strategisnya seorang pemimpin bag...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9106/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994720454148096 |
---|---|
author | SULAIMAN , MUHAMMAD |
author_facet | SULAIMAN , MUHAMMAD |
author_sort | SULAIMAN , MUHAMMAD |
collection | ePrints |
description | Pemimpin adalah posisi yang sangat sentral dalam sebuah kehidupan. Hal ini bisa dipahami karena posisi pemimpin yang amat strategis bagi rakyatnya, karena setiap ummat pasti dipengaruhi oleh pemimpinnya. Jika pemimpin baik, maka ummatpun akan ikut baik. Jadi, begitu strategisnya seorang pemimpin bagi ummat, maka tidaklah heran jika Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai satu-satunya sekolah kader yang berada di bawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dengan menganut sistem pendidikan boarding school (asrama) berusaha agar para siswanya memiliki sifat kepemimpinan. Namun, dapat disadari bahwa pemimpin itu dibentuk melalui suatu proses yang panjang. Dalam Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, salah satu bagian dan perangkat yang membantu proses panjang tersebut adalah mujanib.
Rumusan masalah pada penelitian adalah adakah peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiayh Yogykarta tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1, 2, dan 3 Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009 (siswa kelas 2, 3, dan 4 pada tahun pelajaran 2009/2010) yang pernah menjadi pimpinan pada organisasi pengurus asrama dan organisasi santri intra madrasah yang berupa Ikatan Pelajar Muhammadiyah Yogyakarta (IPM), Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci (TS), dan Lembaga Pers Mu’allimin (LPM). Jumlah keseluruhan siswa ini adalah 125 orang.
Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel peranan mujanib sebagai variabel bebas dan variabel kepemimpinan siswa sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment.
Hasil penelitian ini adalah koefisien korelasi antara peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, diperoleh 0,187, sehingga lebih besar dari harga r kritik dengan N=125 sebesar 0,176 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian hipotesis bahwa ada peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, dapat diterima.
|
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9106 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9106 https://eprints.ums.ac.id/9106/ PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009 SULAIMAN , MUHAMMAD LB1603 Secondary Education. Middle Schools Pemimpin adalah posisi yang sangat sentral dalam sebuah kehidupan. Hal ini bisa dipahami karena posisi pemimpin yang amat strategis bagi rakyatnya, karena setiap ummat pasti dipengaruhi oleh pemimpinnya. Jika pemimpin baik, maka ummatpun akan ikut baik. Jadi, begitu strategisnya seorang pemimpin bagi ummat, maka tidaklah heran jika Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai satu-satunya sekolah kader yang berada di bawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dengan menganut sistem pendidikan boarding school (asrama) berusaha agar para siswanya memiliki sifat kepemimpinan. Namun, dapat disadari bahwa pemimpin itu dibentuk melalui suatu proses yang panjang. Dalam Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, salah satu bagian dan perangkat yang membantu proses panjang tersebut adalah mujanib. Rumusan masalah pada penelitian adalah adakah peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiayh Yogykarta tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1, 2, dan 3 Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009 (siswa kelas 2, 3, dan 4 pada tahun pelajaran 2009/2010) yang pernah menjadi pimpinan pada organisasi pengurus asrama dan organisasi santri intra madrasah yang berupa Ikatan Pelajar Muhammadiyah Yogyakarta (IPM), Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci (TS), dan Lembaga Pers Mu’allimin (LPM). Jumlah keseluruhan siswa ini adalah 125 orang. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel peranan mujanib sebagai variabel bebas dan variabel kepemimpinan siswa sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah koefisien korelasi antara peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, diperoleh 0,187, sehingga lebih besar dari harga r kritik dengan N=125 sebesar 0,176 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian hipotesis bahwa ada peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, dapat diterima. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9106/1/G000070141.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9106/2/G000070141.pdf SULAIMAN , MUHAMMAD (2010) PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000070141 |
spellingShingle | LB1603 Secondary Education. Middle Schools SULAIMAN , MUHAMMAD PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009 |
title | PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN
SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH
YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2008/2009 |
title_full | PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN
SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH
YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2008/2009 |
title_fullStr | PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN
SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH
YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2008/2009 |
title_full_unstemmed | PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN
SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH
YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2008/2009 |
title_short | PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN
SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH
YOGYAKARTA
TAHUN PELAJARAN 2008/2009 |
title_sort | peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa madrasah mu allimin muhammadiyah yogyakarta tahun pelajaran 2008 2009 |
topic | LB1603 Secondary Education. Middle Schools |
url | https://eprints.ums.ac.id/9106/ |
work_keys_str_mv | AT sulaimanmuhammad perananmujanibterhadapkepemimpinansiswamadrasahmualliminmuhammadiyahyogyakartatahunpelajaran20082009 |