PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Pemimpin adalah posisi yang sangat sentral dalam sebuah kehidupan. Hal ini bisa dipahami karena posisi pemimpin yang amat strategis bagi rakyatnya, karena setiap ummat pasti dipengaruhi oleh pemimpinnya. Jika pemimpin baik, maka ummatpun akan ikut baik. Jadi, begitu strategisnya seorang pemimpin bag...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: SULAIMAN , MUHAMMAD
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9106/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994720454148096
author SULAIMAN , MUHAMMAD
author_facet SULAIMAN , MUHAMMAD
author_sort SULAIMAN , MUHAMMAD
collection ePrints
description Pemimpin adalah posisi yang sangat sentral dalam sebuah kehidupan. Hal ini bisa dipahami karena posisi pemimpin yang amat strategis bagi rakyatnya, karena setiap ummat pasti dipengaruhi oleh pemimpinnya. Jika pemimpin baik, maka ummatpun akan ikut baik. Jadi, begitu strategisnya seorang pemimpin bagi ummat, maka tidaklah heran jika Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai satu-satunya sekolah kader yang berada di bawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dengan menganut sistem pendidikan boarding school (asrama) berusaha agar para siswanya memiliki sifat kepemimpinan. Namun, dapat disadari bahwa pemimpin itu dibentuk melalui suatu proses yang panjang. Dalam Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, salah satu bagian dan perangkat yang membantu proses panjang tersebut adalah mujanib. Rumusan masalah pada penelitian adalah adakah peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiayh Yogykarta tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1, 2, dan 3 Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009 (siswa kelas 2, 3, dan 4 pada tahun pelajaran 2009/2010) yang pernah menjadi pimpinan pada organisasi pengurus asrama dan organisasi santri intra madrasah yang berupa Ikatan Pelajar Muhammadiyah Yogyakarta (IPM), Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci (TS), dan Lembaga Pers Mu’allimin (LPM). Jumlah keseluruhan siswa ini adalah 125 orang. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel peranan mujanib sebagai variabel bebas dan variabel kepemimpinan siswa sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah koefisien korelasi antara peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, diperoleh 0,187, sehingga lebih besar dari harga r kritik dengan N=125 sebesar 0,176 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian hipotesis bahwa ada peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, dapat diterima.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9106
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9106 https://eprints.ums.ac.id/9106/ PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009 SULAIMAN , MUHAMMAD LB1603 Secondary Education. Middle Schools Pemimpin adalah posisi yang sangat sentral dalam sebuah kehidupan. Hal ini bisa dipahami karena posisi pemimpin yang amat strategis bagi rakyatnya, karena setiap ummat pasti dipengaruhi oleh pemimpinnya. Jika pemimpin baik, maka ummatpun akan ikut baik. Jadi, begitu strategisnya seorang pemimpin bagi ummat, maka tidaklah heran jika Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta sebagai satu-satunya sekolah kader yang berada di bawah naungan Pimpinan Pusat Muhammadiyah, dengan menganut sistem pendidikan boarding school (asrama) berusaha agar para siswanya memiliki sifat kepemimpinan. Namun, dapat disadari bahwa pemimpin itu dibentuk melalui suatu proses yang panjang. Dalam Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta, salah satu bagian dan perangkat yang membantu proses panjang tersebut adalah mujanib. Rumusan masalah pada penelitian adalah adakah peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiayh Yogykarta tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1, 2, dan 3 Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2008/2009 (siswa kelas 2, 3, dan 4 pada tahun pelajaran 2009/2010) yang pernah menjadi pimpinan pada organisasi pengurus asrama dan organisasi santri intra madrasah yang berupa Ikatan Pelajar Muhammadiyah Yogyakarta (IPM), Hizbul Wathan (HW), Tapak Suci (TS), dan Lembaga Pers Mu’allimin (LPM). Jumlah keseluruhan siswa ini adalah 125 orang. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan berupa angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel, yaitu variabel peranan mujanib sebagai variabel bebas dan variabel kepemimpinan siswa sebagai variabel terikat. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi product moment. Hasil penelitian ini adalah koefisien korelasi antara peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, diperoleh 0,187, sehingga lebih besar dari harga r kritik dengan N=125 sebesar 0,176 pada taraf signifikansi 5 %. Dengan demikian hipotesis bahwa ada peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun 2008/2009, dapat diterima. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9106/1/G000070141.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9106/2/G000070141.pdf SULAIMAN , MUHAMMAD (2010) PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000070141
spellingShingle LB1603 Secondary Education. Middle Schools
SULAIMAN , MUHAMMAD
PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_full PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_fullStr PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_full_unstemmed PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_short PERANAN MUJANIB TERHADAP KEPEMIMPINAN SISWA MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009
title_sort peranan mujanib terhadap kepemimpinan siswa madrasah mu allimin muhammadiyah yogyakarta tahun pelajaran 2008 2009
topic LB1603 Secondary Education. Middle Schools
url https://eprints.ums.ac.id/9106/
work_keys_str_mv AT sulaimanmuhammad perananmujanibterhadapkepemimpinansiswamadrasahmualliminmuhammadiyahyogyakartatahunpelajaran20082009