PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER

Sistem pemandu atau navigasi memberikan penjelasan untuk suatu tempat kepada orang yang belum pernah berkunjung atau berada di tempat tersebut. Area pegunungan, khususnya di kawasan gunung Merapi-Merbabu, juga menjadi tempat yang cukup membingungkan bagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Mak...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURYONO, TRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/9027/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994700732530688
author MURYONO, TRI
author_facet MURYONO, TRI
author_sort MURYONO, TRI
collection ePrints
description Sistem pemandu atau navigasi memberikan penjelasan untuk suatu tempat kepada orang yang belum pernah berkunjung atau berada di tempat tersebut. Area pegunungan, khususnya di kawasan gunung Merapi-Merbabu, juga menjadi tempat yang cukup membingungkan bagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Maka dari itu dibutuhkan pemandu untuk mempermudah perjalanan tersebut. Dengan perkembangan teknologi, pemandu dapat dilakukan secara komputerisasi dengan citra secara 3 dimensi yang dapat memberikan efek hampir nyata kepada pengguna sistem. Hal ini dapat menghemat sumber daya manusia tentunya. Peneliti merancang sebuah aplikasi komputer sebagai sistem pemandu dengan menggunakan program Blender yang berlisensi open-source sehingga dapat diunduh langsung pada situsnya secara cuma-cuma. Modelling, texturing dan gaming adalah proses dalam pembuatan sistem pemandu tersebut. Modelling adalah proses pembuatan obyek Gunung Merapi-Merbabu beserta kondisi jalurnya menjadi virtual 3 dimensi, texturing adalah proses pemberian warna pada objek 3 dimensi yang dibuat dan Gaming adalah proses pembuatan sistem agar dapat dijalankan secara interaktif. Sistem pemandu dengan citra 3 dimensi lebih mudah dipahami daripada dengan citra 2 dimensi. Bahkan kelengkapan informasi yang disampaikan melalui sistem navigasi tersebut dapat memberikan pengetahuan bagi seseorang yang belum pernah mengunjungi suatu tempat menjadi sama tahunya dengan orang-orang yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut. Kata kunci : blender, gunung Merapi-Merbabu, navigasi, pemandu
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:9027
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:9027 https://eprints.ums.ac.id/9027/ PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER MURYONO, TRI QA75 Electronic computers. Computer science QA76 Computer software Sistem pemandu atau navigasi memberikan penjelasan untuk suatu tempat kepada orang yang belum pernah berkunjung atau berada di tempat tersebut. Area pegunungan, khususnya di kawasan gunung Merapi-Merbabu, juga menjadi tempat yang cukup membingungkan bagi pengunjung yang baru pertama kali datang. Maka dari itu dibutuhkan pemandu untuk mempermudah perjalanan tersebut. Dengan perkembangan teknologi, pemandu dapat dilakukan secara komputerisasi dengan citra secara 3 dimensi yang dapat memberikan efek hampir nyata kepada pengguna sistem. Hal ini dapat menghemat sumber daya manusia tentunya. Peneliti merancang sebuah aplikasi komputer sebagai sistem pemandu dengan menggunakan program Blender yang berlisensi open-source sehingga dapat diunduh langsung pada situsnya secara cuma-cuma. Modelling, texturing dan gaming adalah proses dalam pembuatan sistem pemandu tersebut. Modelling adalah proses pembuatan obyek Gunung Merapi-Merbabu beserta kondisi jalurnya menjadi virtual 3 dimensi, texturing adalah proses pemberian warna pada objek 3 dimensi yang dibuat dan Gaming adalah proses pembuatan sistem agar dapat dijalankan secara interaktif. Sistem pemandu dengan citra 3 dimensi lebih mudah dipahami daripada dengan citra 2 dimensi. Bahkan kelengkapan informasi yang disampaikan melalui sistem navigasi tersebut dapat memberikan pengetahuan bagi seseorang yang belum pernah mengunjungi suatu tempat menjadi sama tahunya dengan orang-orang yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut. Kata kunci : blender, gunung Merapi-Merbabu, navigasi, pemandu 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9027/1/D400050087.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9027/2/D400050087.pdf MURYONO, TRI (2010) PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D400050087
spellingShingle QA75 Electronic computers. Computer science
QA76 Computer software
MURYONO, TRI
PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER
title PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER
title_full PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER
title_fullStr PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER
title_full_unstemmed PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER
title_short PEMODELAN NAVIGASI DARAT GUNUNG MERAPI - MERBABU SECARA 3 DIMENSI MENGGUNAKAN BLENDER
title_sort pemodelan navigasi darat gunung merapi merbabu secara 3 dimensi menggunakan blender
topic QA75 Electronic computers. Computer science
QA76 Computer software
url https://eprints.ums.ac.id/9027/
work_keys_str_mv AT muryonotri pemodelannavigasidaratgunungmerapimerbabusecara3dimensimenggunakanblender