STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG
Dalam sistem tenaga listrik, terdapat adanya gangguan-gangguan kelistrikan yang antara lain berupa naik-turunnya amplitudo tegangan sistem. Fenomena kedip tegangan merupakan gangguan yang sering terjadi pada sistem tenaga listrik. Untuk mengetahui seberapa besar kedip tegangan yang terjadi akibat ad...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/9022/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
_version_ | 1804994699377770496 |
---|---|
author | HADISASTRO, MUHAMMAD REZQI ABDALLAH |
author_facet | HADISASTRO, MUHAMMAD REZQI ABDALLAH |
author_sort | HADISASTRO, MUHAMMAD REZQI ABDALLAH |
collection | ePrints |
description | Dalam sistem tenaga listrik, terdapat adanya gangguan-gangguan kelistrikan yang antara lain berupa naik-turunnya amplitudo tegangan sistem. Fenomena kedip tegangan merupakan gangguan yang sering terjadi pada sistem tenaga listrik. Untuk mengetahui seberapa besar kedip tegangan yang terjadi akibat adanya pengasutan motor induksi yang dapat mengganggu stabilitas sistem maka diperlukan suatu penelitian pada sistem distribusi yang akan dikaji.
Studi analisis kedip tegangan akibat pengasutan motor induksi di unit Weaving AJL 1 PT. Primatexco Indonesia diawali dengan pencariaan data di PT. Primatexco Indonesia. Data-data yang digunakan didapat dari hasil wawancara (interview), informasi dari bagian unit yang dikaji, survei ke lapangan, dan laporan data dari teknisi. Metode yang dilakukan untuk mengetahui keandalan pada sistem distribusi adalah dengan cara simulasi menggunakan program EDSA Technical 2005. Simulasi pertama dilakukan beberapa macam konfigurasi skenario dengan menerapkan metode wye-delta yang selama ini digunakan di lapangan, kemudian simulasi kedua juga dilakukan dengan beberapa macam konfigurasi skenario dan memasukkan metode autotrafo dengan tapping 50 % sebagai pembanding metode wye-delta yang digunakan di lapangan.
Hasil simulasi pertama yang dilakukan menunjukkan bahwa kedip tegangan yang terjadi pada terminal motor saat diasut mengalami kenaikan nilai kedip tegangan sejalan dengan penambahan motor induksi yang diasut. Pada simulasi 2 yang dilakukan, didapatkan bahwa pengasutan motor dengan metode autotrafo dengan tapping 50 % menghasilkan kedip tegangan yang lebih kecil daripada pengasutan motor dengan metode wye-delta menurut standar IEEE yang dijadikan pedoman dalam penelitian ini.
Kata kunci : EDSA, Kedip tegangan, Metode Pengasutan, Sistem tenaga listrik, Standar IEEE. |
format | Thesis |
id | oai:eprints.ums.ac.id:9022 |
institution | Universitas Muhammadiyah Surakarta |
language | English English |
publishDate | 2010 |
record_format | eprints |
spelling | oai:eprints.ums.ac.id:9022 https://eprints.ums.ac.id/9022/ STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG HADISASTRO, MUHAMMAD REZQI ABDALLAH QA75 Electronic computers. Computer science QA76 Computer software Dalam sistem tenaga listrik, terdapat adanya gangguan-gangguan kelistrikan yang antara lain berupa naik-turunnya amplitudo tegangan sistem. Fenomena kedip tegangan merupakan gangguan yang sering terjadi pada sistem tenaga listrik. Untuk mengetahui seberapa besar kedip tegangan yang terjadi akibat adanya pengasutan motor induksi yang dapat mengganggu stabilitas sistem maka diperlukan suatu penelitian pada sistem distribusi yang akan dikaji. Studi analisis kedip tegangan akibat pengasutan motor induksi di unit Weaving AJL 1 PT. Primatexco Indonesia diawali dengan pencariaan data di PT. Primatexco Indonesia. Data-data yang digunakan didapat dari hasil wawancara (interview), informasi dari bagian unit yang dikaji, survei ke lapangan, dan laporan data dari teknisi. Metode yang dilakukan untuk mengetahui keandalan pada sistem distribusi adalah dengan cara simulasi menggunakan program EDSA Technical 2005. Simulasi pertama dilakukan beberapa macam konfigurasi skenario dengan menerapkan metode wye-delta yang selama ini digunakan di lapangan, kemudian simulasi kedua juga dilakukan dengan beberapa macam konfigurasi skenario dan memasukkan metode autotrafo dengan tapping 50 % sebagai pembanding metode wye-delta yang digunakan di lapangan. Hasil simulasi pertama yang dilakukan menunjukkan bahwa kedip tegangan yang terjadi pada terminal motor saat diasut mengalami kenaikan nilai kedip tegangan sejalan dengan penambahan motor induksi yang diasut. Pada simulasi 2 yang dilakukan, didapatkan bahwa pengasutan motor dengan metode autotrafo dengan tapping 50 % menghasilkan kedip tegangan yang lebih kecil daripada pengasutan motor dengan metode wye-delta menurut standar IEEE yang dijadikan pedoman dalam penelitian ini. Kata kunci : EDSA, Kedip tegangan, Metode Pengasutan, Sistem tenaga listrik, Standar IEEE. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9022/1/D400050075.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/9022/2/D400050075.pdf HADISASTRO, MUHAMMAD REZQI ABDALLAH (2010) STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D400050075 |
spellingShingle | QA75 Electronic computers. Computer science QA76 Computer software HADISASTRO, MUHAMMAD REZQI ABDALLAH STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG |
title | STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI
DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG
|
title_full | STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI
DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG
|
title_fullStr | STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI
DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG
|
title_full_unstemmed | STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI
DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG
|
title_short | STUDI ANALISIS KEDIP TEGANGAN AKIBAT PENGASUTAN MOTOR INDUKSI
DI PT. PRIMATEXCO INDONESIA BATANG
|
title_sort | studi analisis kedip tegangan akibat pengasutan motor induksi di pt primatexco indonesia batang |
topic | QA75 Electronic computers. Computer science QA76 Computer software |
url | https://eprints.ums.ac.id/9022/ |
work_keys_str_mv | AT hadisastromuhammadrezqiabdallah studianalisiskedipteganganakibatpengasutanmotorinduksidiptprimatexcoindonesiabatang |