PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS

Kemajuan teknologi sudah sedemekian pesatny, tidak luput perkembangan kartu grafis (graphics card). Sampai saat ini kartu grafis masih terus dikembangkan mulai dari Manufacturing process hingga dukungan khusus terhadap API (Application Program Interface) seperti DirectX dan OpenGL (Open Graphics Li...

תיאור מלא

שמור ב:
מידע ביבליוגרפי
מחבר ראשי: Rizky, Miftachul
פורמט: Thesis
שפה:English
English
יצא לאור: 2010
נושאים:
גישה מקוונת:https://eprints.ums.ac.id/8985/
תגים: הוספת תג
אין תגיות, היה/י הראשונ/ה לתייג את הרשומה!
_version_ 1804994689152057344
author Rizky, Miftachul
author_facet Rizky, Miftachul
author_sort Rizky, Miftachul
collection ePrints
description Kemajuan teknologi sudah sedemekian pesatny, tidak luput perkembangan kartu grafis (graphics card). Sampai saat ini kartu grafis masih terus dikembangkan mulai dari Manufacturing process hingga dukungan khusus terhadap API (Application Program Interface) seperti DirectX dan OpenGL (Open Graphics Library). Tidak mengherankan jika hampir setiap bulan muncul kartu grafis dengan spesifikasi yang “sedikit” lebih baik. Membangun sebuah sistem komputer yang benar-benar tepat bukanlah pekerjaan mudah. Pengetahuan mengenai seluk-beluk hardware mutlak diperlukan. Saat ini masih banyak orang yang kebingungan dalam merancang sebuah sistem komputer, terutama untuk urusan grafis 3 dimensi. Hal ini disebabkan ketidaktahuan konsumen mengenai seluk-beluk hardware yang demikian pesat perkembangannya, maupun kurangnya gambaran tentang hardware yang ada dipasaran. Perancangan dilakukan dengan membuat sebuah aplikasi yang dapat mengakumulasi jumlah frame yang mampu diproses oleh sebuah kartu grafis dalam waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kecepatan sebuah kartu grafis dalam memproses gambar dengan berpedoman bahwa semakin banyak frame yang mampu diproses pada waktu yang sama artinya kartu grafis tersebut dapat memproses data dengan lebih cepat. Dua buah kartu grafis diujikan pada aplikasi ini untuk mendapatkan jumlah frame total yang mampu diproses oleh masing – masing kartu. Total frame yang telah diperoleh kemudian dianalisa untuk mengetahui kelayakan aplikasi. Hasil perancangan ini adalah sebuah aplikasi pengujian kartu grafis yang mempunyai tingkat penyimpangan sebesar 1.8 %. Kata Kunci : Aplication Program Interface, DirecX, Frame, Hardware, Kartu Grafis, Manufacturing Process, OpenGL
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8985
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8985 https://eprints.ums.ac.id/8985/ PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS Rizky, Miftachul QA75 Electronic computers. Computer science QA76 Computer software Kemajuan teknologi sudah sedemekian pesatny, tidak luput perkembangan kartu grafis (graphics card). Sampai saat ini kartu grafis masih terus dikembangkan mulai dari Manufacturing process hingga dukungan khusus terhadap API (Application Program Interface) seperti DirectX dan OpenGL (Open Graphics Library). Tidak mengherankan jika hampir setiap bulan muncul kartu grafis dengan spesifikasi yang “sedikit” lebih baik. Membangun sebuah sistem komputer yang benar-benar tepat bukanlah pekerjaan mudah. Pengetahuan mengenai seluk-beluk hardware mutlak diperlukan. Saat ini masih banyak orang yang kebingungan dalam merancang sebuah sistem komputer, terutama untuk urusan grafis 3 dimensi. Hal ini disebabkan ketidaktahuan konsumen mengenai seluk-beluk hardware yang demikian pesat perkembangannya, maupun kurangnya gambaran tentang hardware yang ada dipasaran. Perancangan dilakukan dengan membuat sebuah aplikasi yang dapat mengakumulasi jumlah frame yang mampu diproses oleh sebuah kartu grafis dalam waktu tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui kecepatan sebuah kartu grafis dalam memproses gambar dengan berpedoman bahwa semakin banyak frame yang mampu diproses pada waktu yang sama artinya kartu grafis tersebut dapat memproses data dengan lebih cepat. Dua buah kartu grafis diujikan pada aplikasi ini untuk mendapatkan jumlah frame total yang mampu diproses oleh masing – masing kartu. Total frame yang telah diperoleh kemudian dianalisa untuk mengetahui kelayakan aplikasi. Hasil perancangan ini adalah sebuah aplikasi pengujian kartu grafis yang mempunyai tingkat penyimpangan sebesar 1.8 %. Kata Kunci : Aplication Program Interface, DirecX, Frame, Hardware, Kartu Grafis, Manufacturing Process, OpenGL 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8985/1/D400050034.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8985/2/D400050034.pdf Rizky, Miftachul (2010) PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS. Diploma thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta. D400050034
spellingShingle QA75 Electronic computers. Computer science
QA76 Computer software
Rizky, Miftachul
PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS
title PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS
title_full PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS
title_fullStr PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS
title_full_unstemmed PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS
title_short PERANCANGAN DAN PEMBUATAN APLIKASI PENGUJIAN KARTU GRAFIS
title_sort perancangan dan pembuatan aplikasi pengujian kartu grafis
topic QA75 Electronic computers. Computer science
QA76 Computer software
url https://eprints.ums.ac.id/8985/
work_keys_str_mv AT rizkymiftachul perancangandanpembuatanaplikasipengujiankartugrafis