IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GATAK TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “bagaimana implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiy...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: MURIANTO , SEPRI
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8966/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “bagaimana implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak dan hambatan apa saja yang dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak serta bagaimana solusinya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Tingkat Pendidikan dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan serta solusinya di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Data dalam penelitian ini didapat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) bahwa pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak memiliki 2 (dua) tujuan, yaitu: tujuan umum dan khusus; (2) Materi Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah kelas VII adalah pendidikan Kemuhammadiyahan, Islam di Indonesia, kebangkitan umat Islam di Indonesia, berdirinya Muhammadiyah, Muhammadiyah sebagai gerakan da'wah amar ma'ruf nahi munkar, hambatan serta tantangan Muhammadiyah. Sedangkan kelas VIII adalah Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM), kepribadian Muhammadiyah, Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah (MKCH), khittah perjuangan Muhammadiyah, pimpinan pusat Muhammadiyah dari masa ke masa; (3) Pengembangan silabus pelajaran Kemuhammadiyahan belum sesuai dengan KTSP karena pengembang silabus adalah Majelis Dikdasmen Kota Sukoharjo; (4) Pelaksanaan pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak dilaksanakan dengan tiga kegiatan: yaitu kegiatan pembukaan guru memberikan salam pembuka selanjutnya guru menjelaskan pelajaran yang lalu secara singkat, kegiatan inti guru menjelaskan materi pelajaran Kemuhammadiyahan secara jelas dan kemudian guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dari materi yang telah dijelaskan kemudian guru menugasi siswanya untuk menulis materi yang dijelaskan, dan kegiatan penutup guru memberikan salam penutup saja seharusnya guru menarik kesimpulan mengenai materi yang di pelajari dan memberikan post test baik secara lisan, tulisan atau perbuatan ; dan (5) Hambatan dan solusi implementasi KTSP dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak terdiri dari 7 hambatan beserta solusinya.