IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DALAM PEMBELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SMP MUHAMMADIYAH 1 GATAK TAHUN PELAJARAN 2009/2010
Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam Pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Hal itu menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “bagaimana implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiy...
Saved in:
Main Author: | |
---|---|
Format: | Thesis |
Language: | English English |
Published: |
2010
|
Subjects: | |
Online Access: | https://eprints.ums.ac.id/8966/ |
Tags: |
Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
|
Summary: | Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam
Pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Hal itu
menarik peneliti untuk mengangkat permasalahan “bagaimana implementasi
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dalam pembelajaran
Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak dan hambatan apa saja yang
dihadapi dalam mengimplementasikan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP)
dalam pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak serta
bagaimana solusinya”. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran
tentang implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Tingkat Pendidikan dalam
pembelajaran Kemuhammadiyahan dan hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan serta solusinya di SMP Muhammadiyah 1
Gatak. Objek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru
Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak. Data dalam penelitian ini
didapat dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis data
dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga
tahapan, yaitu pengumpulan data sekaligus reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah (1) bahwa pembelajaran Kemuhammadiyahan
di SMP Muhammadiyah 1 Gatak memiliki 2 (dua) tujuan, yaitu: tujuan umum dan
khusus; (2) Materi Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah kelas VII adalah
pendidikan Kemuhammadiyahan, Islam di Indonesia, kebangkitan umat Islam di
Indonesia, berdirinya Muhammadiyah, Muhammadiyah sebagai gerakan da'wah
amar ma'ruf nahi munkar, hambatan serta tantangan Muhammadiyah. Sedangkan
kelas VIII adalah Muqaddimah Anggaran Dasar Muhammadiyah (MADM),
kepribadian Muhammadiyah, Matan Keyakinan dan Cita-cita Hidup Muhammadiyah
(MKCH), khittah perjuangan Muhammadiyah, pimpinan pusat Muhammadiyah dari
masa ke masa; (3) Pengembangan silabus pelajaran Kemuhammadiyahan belum
sesuai dengan KTSP karena pengembang silabus adalah Majelis Dikdasmen Kota
Sukoharjo; (4) Pelaksanaan pembelajaran Kemuhammadiyahan di SMP
Muhammadiyah 1 Gatak dilaksanakan dengan tiga kegiatan: yaitu kegiatan
pembukaan guru memberikan salam pembuka selanjutnya guru menjelaskan
pelajaran yang lalu secara singkat, kegiatan inti guru menjelaskan materi pelajaran
Kemuhammadiyahan secara jelas dan kemudian guru memberikan kesempatan
kepada siswa untuk bertanya dari materi yang telah dijelaskan kemudian guru
menugasi siswanya untuk menulis materi yang dijelaskan, dan kegiatan penutup guru
memberikan salam penutup saja seharusnya guru menarik kesimpulan mengenai
materi yang di pelajari dan memberikan post test baik secara lisan, tulisan atau
perbuatan ; dan (5) Hambatan dan solusi implementasi KTSP dalam pembelajaran
Kemuhammadiyahan di SMP Muhammadiyah 1 Gatak terdiri dari 7 hambatan
beserta solusinya.
|
---|