PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA

Bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yang diberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah dalam rangka meningkatkan mutunya. Pada masyarakat yang semakin maju, masalah penemuan identitas terhadap individu menjadi semakin rumit. Hal ini di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: KHOLID , KHOLID
Format: Thesis
Language:English
English
Published: 2010
Subjects:
Online Access:https://eprints.ums.ac.id/8965/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
_version_ 1804994683686879232
author KHOLID , KHOLID
author_facet KHOLID , KHOLID
author_sort KHOLID , KHOLID
collection ePrints
description Bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yang diberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah dalam rangka meningkatkan mutunya. Pada masyarakat yang semakin maju, masalah penemuan identitas terhadap individu menjadi semakin rumit. Hal ini disebabkan oleh tuntutan masyarakat maju kepada anggota – anggotanya menjadi lebih berat. Persyaratan untuk diterima menjadi anggota masyarakat bukan saja kematangan fisik, melainkan juga kematangan mental psikologis, kultural, vokasional, intelektual, dan religius. Kerumitan ini terus meningkat pada masyarakat yang sedang membangun, dan juga merupakan tantangan bagi individu atau siswa. Keadaan semacam inilah yang menuntut diselenggarakanya bimbingan dan konseling, terutama bimbingan dan konseling islam di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan dan konseling Islami di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, cara kerjanya dengan mengamati secara langsung dengan melihat praktek bimbingan dan konseling di sekolah. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber yang dapat dipercaya yaitu, semua guru bimbingan dan konseling, siswa di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan metode angket. Metode tersebut penulis gunakan untuk mengetahui tentang kondisi sekolah, inventarisasi sekolah, serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sudah cukup bagus dengan berkurangnya angka kenakalan yang terjadi di sekolah dengan di beri sangsi setiap siswa yang melakukan pelanggaran, walaupun tujuan dan targetnya yang diharapkan belum sepenuhnya berhasil, dengan masih adanya pelanggaranpelanggaran sampai sekarang ini.
format Thesis
id oai:eprints.ums.ac.id:8965
institution Universitas Muhammadiyah Surakarta
language English
English
publishDate 2010
record_format eprints
spelling oai:eprints.ums.ac.id:8965 https://eprints.ums.ac.id/8965/ PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA KHOLID , KHOLID LB1603 Secondary Education. Middle Schools Bimbingan dan konseling adalah suatu kegiatan bantuan dan tuntunan yang diberikan kepada individu pada umumnya, dan siswa pada khususnya di sekolah dalam rangka meningkatkan mutunya. Pada masyarakat yang semakin maju, masalah penemuan identitas terhadap individu menjadi semakin rumit. Hal ini disebabkan oleh tuntutan masyarakat maju kepada anggota – anggotanya menjadi lebih berat. Persyaratan untuk diterima menjadi anggota masyarakat bukan saja kematangan fisik, melainkan juga kematangan mental psikologis, kultural, vokasional, intelektual, dan religius. Kerumitan ini terus meningkat pada masyarakat yang sedang membangun, dan juga merupakan tantangan bagi individu atau siswa. Keadaan semacam inilah yang menuntut diselenggarakanya bimbingan dan konseling, terutama bimbingan dan konseling islam di sekolah. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan bimbingan dan konseling Islami di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan bimbingan dan konseling Islami di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Metode penelitian ini adalah penelitian lapangan, cara kerjanya dengan mengamati secara langsung dengan melihat praktek bimbingan dan konseling di sekolah. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber yang dapat dipercaya yaitu, semua guru bimbingan dan konseling, siswa di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan metode angket. Metode tersebut penulis gunakan untuk mengetahui tentang kondisi sekolah, inventarisasi sekolah, serta untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Kesimpulan dari penelitian adalah bahwa pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta sudah cukup bagus dengan berkurangnya angka kenakalan yang terjadi di sekolah dengan di beri sangsi setiap siswa yang melakukan pelanggaran, walaupun tujuan dan targetnya yang diharapkan belum sepenuhnya berhasil, dengan masih adanya pelanggaranpelanggaran sampai sekarang ini. 2010 Thesis NonPeerReviewed application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8965/1/G000070077.pdf application/pdf en https://eprints.ums.ac.id/8965/2/G000070077.pdf KHOLID , KHOLID (2010) PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta. G000070077
spellingShingle LB1603 Secondary Education. Middle Schools
KHOLID , KHOLID
PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA
title PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA
title_full PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA
title_fullStr PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA
title_full_unstemmed PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA
title_short PENERAPAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAMI DI SMP MUHAMMADIYAH 4 SURAKARTA
title_sort penerapan bimbingan dan konseling islami di smp muhammadiyah 4 surakarta
topic LB1603 Secondary Education. Middle Schools
url https://eprints.ums.ac.id/8965/
work_keys_str_mv AT kholidkholid penerapanbimbingandankonselingislamidismpmuhammadiyah4surakarta